Comscore Tracker

5 Cara agar Terhindar dari Rasa Sakit Hati Berkepanjangan, Coba Yuk!

Ingat, kita punya kendali atas diri sendiri!

Sedih, kecewa, dan sakit hati adalah perasaan-perasaan negatif yang paling gak ingin kita rasakan. Sebab, perasaan tersebut bisa mempengaruhi mood kita sepanjang hari dan membuat kita enggan melakukan banyak hal yang sebenarnya bermanfaat.

Namun seringkali, seberapa kuat pun kita mencoba bertahan dan menghindari perasaan tersebut, ada aja yang membuatnya berhasil menerobos hati kita dan merusak pertahanan yang coba kita bangun. Alhasil, kita pun jadi lebih rentan dengan rasa sakit hati dan gampang merasa down

Nah, untuk menghindari hal ini, yuk kita coba beberapa cara ampuh berikut, guys. Sehingga kita lebih bahagia lagi dalam menjalani hari dan gak gampang sakit hati. 

1. Fokus pada diri sendiri

5 Cara agar Terhindar dari Rasa Sakit Hati Berkepanjangan, Coba Yuk!ilustrasi orang bercermin (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Pertama, kita wajib untuk fokus pada diri sendiri. Apa yang kita sukai, apa yang ingin kita lakukan, apa yang lebih membuat kita bahagia, dan berbagai hal lainnya tentang diri kita. Jangan biarkan hal-hal diluar itu semua berhasil mempengaruhi kita dan membuat kita kecewa. 

2. Menurunkan ekspektasi

5 Cara agar Terhindar dari Rasa Sakit Hati Berkepanjangan, Coba Yuk!ilustrasi orang merenung (pexels.com/Marcus Aurelius)

Rasa sakit hati dan berbagai perasaan negatif, bisa datang karena kita berekspektasi terlalu tinggi terhadap sesuatu. Makanya, coba deh mulai sekarang untuk gak menanamkan ekspektasi yang berlebihan, baik itu pada orang ataupun kejadian tertentu. Dijamin, hidup kita akan lebih santai dan gak mudah merasa sedih. 

Baca Juga: 5 Cara Bijak untuk Menghadapi Kritikan Tanpa Sakit Hati

3. Perbanyak bersyukur

5 Cara agar Terhindar dari Rasa Sakit Hati Berkepanjangan, Coba Yuk!ilustrasi orang tersenyum (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Bagaimanapun, hidup yang minim rasa sakit hati pasti berasal dari kebiasaan kita untuk mensyukuri banyak hal. Bahkan hal-hal kecil di sekitar kita bisa jadi sesuatu yang sangat indah dan menyenangkan jika kita mampu mensyukurinya.

Gak ada salahnya untuk selalu melihat sisi positif dari segala hal dan banyak bersyukur karena masih banyak yang mengalami kesusahan di luar sana, lho. 

4. Lebih sering menolong dan membahagiakan orang lain

5 Cara agar Terhindar dari Rasa Sakit Hati Berkepanjangan, Coba Yuk!ilustrasi orang curhat (pexels.com/Mental Health America)

Ingin hidupmu jauh dari rasa sakit hati? Lebih seringlah menolong dan membantu orang lain. Perasaan sudah memberi manfaat bagi orang lain akan membuat kita lebih bahagia dan lebih produktif. Sehingga, kekecewaan seperti apapun yang sedang kita rasakan, akan sirna begitu aja dan tergantikan dengan rasa bahagia. 

5. Melakukan hal yang disukai

5 Cara agar Terhindar dari Rasa Sakit Hati Berkepanjangan, Coba Yuk!ilustrasi orang bermain gadget (pexels.com/fauxels)

Rasa sakit hati memang bisa menyerang siapa saja. Namun jangan sampai kita jadi berlarut-larut dalam kesedihan dan jadi orang yang merasa paling merana sedunia. Segera alihkan pikiran dengan mulai melakukan hal yang kamu sukai. Entah itu beristirahat dan relaks sejenak, bersih-bersih, atau dengan menekuni hobi yang sudah lama gak kamu tekuni. 

Berlama-lama membiarkan rasa sakit hati mengendap dalam diri bisa membuat kita dikelilingi aura negatif. Alhasil, hidup terasa semakin suram dan gak berguna. Hati-hati, pikiran negatif gampang muncul di saat seperti ini. 

Alih-alih membiarkan diri dikuasai perasaan negatif, lebih baik lakukan lima hal di atas ya, guys. Semangat untuk jadi lebih positif ya! 

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Mudah Menyalahkan Keadaan Saat Merasa Sakit Hati

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya