Comscore Tracker

5 Cara Keliru dalam Mengelola Emosi Ini Malah Bisa Bikin Kamu Tertekan

Emosi kok dipendam sendiri sih?

Saat kecil, ada gak nih di antara kalian yang sering banget dimarahin ketika menangis? Niat orangtua tentunya untuk melatih kita agar jadi orang yang tegar dan tangguh. Namun, harus diakui bahwa pada akhirnya kebiasaan menahan tangis ini jadi merembet pada kebiasaan buruk kita untuk mengelola emosi dengan cara yang keliru.

Selain menahan tangis, ada beberapa cara keliru lainnya nih yang masih sering terbiasa kita lakukan. Ujung-ujungnya, kita malah merasa lebih tertekan dari sebelumnya. Yuk cek poin berikut.

1. Menahan dan memendam emosi yang ada sendirian

5 Cara Keliru dalam Mengelola Emosi Ini Malah Bisa Bikin Kamu Tertekanunsplash/Ksenia Makagonova

Saat merasakan sebuah emosi yang begitu bergejolak, pernah gak kamu malah menahan dan memendamnya sendirian? Waduh, ini sih gawat banget. Pasalnya, jika terus begini kamu bisa aja semakin tertekan dan jadi bom waktu yang siap meledak kapan saja.

Sebaiknya, jika kamu sedang merasa begitu emosi, ambil waktu untuk menenangkan diri lalu kemudian katakan dengan jelas dan terkendali tentang apa yang kamu rasakan pada orang yang bersangkutan. Dengan begitu, kamu gak perlu memendamnya untuk waktu yang lama.

2. Selalu menyembunyikan emosi yang dirasakan

5 Cara Keliru dalam Mengelola Emosi Ini Malah Bisa Bikin Kamu Tertekanpexels/Marcelo Chagas

Berpura-pura baik-baik saja mungkin akan membuat kamu terlihat sebagai orang yang tabah, tegar, dan penyabar. Tapi ini bisa mengganggu kesehatan mentalmu, lho. Kamu mungkin aja akan mendapat imej baik di mata orang lain, tapi sampai kapan kamu mau menyimpan keretakan hatimu seorang diri?

Baca Juga: 5 Jenis Emosi Negatif yang Berdampak Buruk Jika Terus Dibiasakan

3. Berlebihan dalam mengekspresikannya juga gak baik

5 Cara Keliru dalam Mengelola Emosi Ini Malah Bisa Bikin Kamu Tertekanunsplash/Raj Rana

Cara lain yang keliru juga adalah dengan mengekspresikan emosi yang ada dengan berlebihan. Misal, saat kamu sebenarnya emosi dan ingin marah pada si A karena dia bersikap gak sabaran, kamu malah jadi emosi juga sama semua orang.

Tiba-tiba semua orang yang berada di sekitarmu ikut kena semprot karena moodmu yang gak bagus. Ini sih kekeliruan yang harus segera diatasi ya, guys.

4. Gak mengenali emosi yang ada dan jadi kebingungan sendiri

5 Cara Keliru dalam Mengelola Emosi Ini Malah Bisa Bikin Kamu Tertekanunsplash/Alexis Mora Angelo

Kekeliruan lain yang juga masih sering terjadi adalah ketika kita gak bisa mengenali emosi yang ada dalam diri. Kita gak membiasakan diri untuk menerima bahwa ada beberapa emosi yang bisa saja kita rasakan. Ujung-ujungnya kita pun jadi gak bisa mengendalikan diri dan membiarkan emosi tersebut malah balik mengendalikan kita.

5. Menyalurkan emosi dengan cara yang salah

5 Cara Keliru dalam Mengelola Emosi Ini Malah Bisa Bikin Kamu Tertekanpexels/Ryanniel Masucol

Paling sering terjadi adalah ketika kita menyalurkan emosi dengan cara yang salah. Saat marah kita malah mengamuk, saat bahagia kita malah berpesta pora, saat sedih kita justru menangis meraung-raung dan mengurung diri hingga berhari-hari. Ini jelas cara yang gak boleh ditiru dan bisa merusak diri sendiri.

Meski seringkali kita memang lupa diri saat emosi datang tanpa permisi, gak sewajarnya jika kita memperturut keinginan dan membiarkan emosi mengendalikan kita. Lebih banyak mengenal diri sendiri akan memudahkan kita untuk mengelola emosi, guys. Jangan keliru lagi, ya!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menjaga Diri Tetap Rasional saat Emosi Tak Menentu 

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya