Comscore Tracker

5 Cara Sederhana agar Kamu Jadi Sosok yang Pandai Menempatkan Diri

#IDNTimesLife Biar gak gampang canggung!

Pandai menempatkan diri adalah salah satu kemampuan yang entah kenapa terkesan sederhana namun cukup jarang dimiliki oleh setiap orang. Pasalnya, menempatkan diri ini erat banget kaitannya dengan kemampuan beradaptasi. Sementara, kita semua cenderung bersikap canggung dan kagok saat harus berada pada situasi atau lingkungan yang baru.

Namun, bukan berarti kemampuan satu ini gak bisa dikembangkan dan dilatih, lho. Apalagi jika kita mau membiasakan diri dan mengaplikasikan 5 langkah sederhana berikut. Dijamin deh, berada dalam situasi apapun gak akan membuat kita merasa canggung lagi.

1. Selalu mengasah kemampuan diri dalam bersosialisasi

5 Cara Sederhana agar Kamu Jadi Sosok yang Pandai Menempatkan Diripexels.com/Andrea Piacquadio

Seperti halnya skill lain dalam hidup, kemampuan menempatkan diri juga perlu untuk terus diasah jika memang kita ingin meningkatkannya. Menjadi ahli dalam hal ini bukan semata-mata didapat dengan cara mudah dan dengan begitu saja.

Beberapa orang mungkin memang terlahir dengan bakat alami, tapi bagi kita yang masih pemula dalam hal satu ini, maka wajib banget untuk terus berusaha mengasah kemampuan bersosialisasi setiap ada kesempatan.

2. Gak takut untuk beradaptasi di lingkungan baru

5 Cara Sederhana agar Kamu Jadi Sosok yang Pandai Menempatkan Diriunsplash.com/Tim Mossholder

Sekali lagi, melatih kemampuan diri menjadi kunci utama dalam hal menempatkan diri ini. Makanya, jika kita punya kesempatan untuk beradaptasi dalam lingkungan baru, jangan lewatkan moment satu ini. Apalagi jika kamu merasa ingin melarikan diri dari situasi tersebut. Justru, manfaatkanlah saat itu untuk melatih kemampuanmu dalam menempatkan diri.

3. Senang berteman dengan siapa saja

5 Cara Sederhana agar Kamu Jadi Sosok yang Pandai Menempatkan Diriunsplash.com/Windows

Dalam berteman tentu kita harus menjadi selektif, namun jangan jadi terlalu pemilih juga ya. Jika hanya perbedaan dalam hal finansial atau background pendidikan, maka semestinya hal itu gak menghalangi kita untuk berteman dengan orang tersebut, kan? Berteman dan bergaul dengan banyak orang dari berbagai kalangan akan membuat mata kita lebih terbuka dan kebiasaan kita untuk belajar beradaptasi lebih terasah lagi.

Baca Juga: Jika Kamu Masih Sering Malu dalam Bersosialisasi, Lakukan 5 Hal Ini

4. Selalu terbuka terhadap saran dan masukan yang diberikan orang lain

5 Cara Sederhana agar Kamu Jadi Sosok yang Pandai Menempatkan DiriHelena Lopes on Unsplash" target="_blank">Unsplash.com/Helena Lopes

Hal lain yang perlu kita lakukan agar gak menjadi orang yang canggung adalah lebih terbuka terhadap saran dan masukan yang diberikan orang lain, terutama dalam hal bergaul dengan masyarakat. Misal nih, kamu berada di suatu lingkungan yang baru, maka kamu harus mau mendengarkan masukan dari orang sekitar tentang apa yang boleh dan gak boleh kamu lakukan dalam berinteraksi dengan masyarakat daerah itu. Setuju?

5. Kebal terhadap komentar buruk yang dilontarkan haters

5 Cara Sederhana agar Kamu Jadi Sosok yang Pandai Menempatkan Diriunsplash.com/Tim Mossholder

Agar bisa berhasil dalam melakukan apapun, kita wajib banget untuk bisa menepis dan mengabaikan jika ada haters atau orang-orang yang bisanya cuma menghujat kita aja. Termasuk dalam hal kemampuan menempatkan diri, kita perlu untuk mengacuhkan orang seperti ini. Pasalnya, mereka hanya akan menghambat kita dalam meraih sesuatu yang ingin kita wujudkan.

Sering merasa canggung dalam lingkungan baru sebenarnya pasti dialami banyak orang. Namun, bukan berarti kita diam aja dan gak melakukan apa-apa untuk meminimalisir hal itu. 5 cara diatas bisa banget kamu coba agar bisa menjadi pribadi yang lebih gampang menempatkan diri dalam situasi apapun. Siap kan buat mencobanya?

Baca Juga: Luangkan Waktu untuk Bersosialisasi! Ini 7 Manfaatnya bagi Kesehatan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya