Comscore Tracker

Jika Kamu Masih Sering Malu dalam Bersosialisasi, Lakukan 5 Hal Ini

Siapa nih yang masih suka minder dalam bersosialisasi? 

Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang gak bisa hidup tanla bantuan orang lain. Dengan adanya hal tersebut, setiap orang dituntut untuk bisa bersosialisasi dengan yang lainnya. Namun tidak semua orang memiliki percaya diri yang tinggi untuk memulai obrolan.

Jika kamu adalah termasuk orang yang masih suka malu, cobalah untuk mengubah hal tersebut. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar kepercayaan dirimu bisa meningkat untuk bersosialiasi. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal itu, simak pembahasan ini.

1. Cobalah untuk perbanyak membaca buku 

Jika Kamu Masih Sering Malu dalam Bersosialisasi, Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/prasanna kumar

Semua orang pasti setuju bahwa buku adalah sumber dari segala ilmu. Begitu pula ilmu tentang bersosialisasi, kamu juga dapat mendapatkannya jika sering membaca buku. Hal itu karena kamu akan mendapatkan kosakata baru yang sangat berguna untuk bercengkerama.

Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk terbiasa membaca buku sesering mungkin. Meskipun hal itu sangat susah untuk dilakukan, namun mulailah untuk membaca buku yang kamu sukai.

2. Cobalah untuk berbicara dengan diri sendiri di depan cermin 

Jika Kamu Masih Sering Malu dalam Bersosialisasi, Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/fares hamouche

Meskipun terdengar cukup aneh, namun banyak orang yang melatih kepercayaan dirinya untuk berbicara di depan orang lain dengan cara menatap cermin. Kamu bisa berlatih bersosialisasi dengan berbicara di depan cermin.

Jangan lupa untuk terbiasa menatap mata jika sedang berbicara. Latihlah kepercayaan dirimu dengan menggunakan cara itu. Percayalah bahwa kemampuan bersosialisasimu juga akan meningkat.

Baca Juga: 10 Keterampilan yang Memudahkanmu untuk Bersosialisasi dalam Hidup

3. Sering-seringlah menulis sesuatu terkait isi hatimu 

Jika Kamu Masih Sering Malu dalam Bersosialisasi, Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/green chameleon

Selain membaca, kamu juga harus membiasakan diri untuk menulis tentang isi ahti. Hal tersebut dapat membuatmu menjadi lebih lancar dalam bercakap. Kamu akan terbiasa melontarkan isi hati tanpa disertai rasa canggung.

Oleh karena itu mulai sekaramg cobalah untuk menulis apa pun yang dirasakan olehmu di buku harian. Jika rutin melakukan hal tersebut, percayalah bahwa kamu pasti akan lancar dalam berbicara di hadapan orang lain.

4. Buang jauh-jauh kebiasaan overthinking di dalam dirimu

Jika Kamu Masih Sering Malu dalam Bersosialisasi, Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/stefan spassov

Salah satu penyebab rasa minder itu muncul dalam diri adalah karena kebiasaan overthinking. Kamu pasti memikirkan sesuatu yang cukup berlebihan terhadap orang baru tersebut sehingga rasa minder dalam diri pun muncul.

Satu hal yang harus diingat adalah setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu janganlah kamu minder jika berhadapan dengan orang lain. Buang jauh-jauh kebiasaan overthinking yang menghantui dirimu.

5. Biaskan diri untuk berani menyapa orang lain terlebih dahulu 

Jika Kamu Masih Sering Malu dalam Bersosialisasi, Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/Lilibeth Bustos Linares

Untuk memulai sebuah percakapan, diperlukan adanya keberanian dalam menyapa terlebih dahulu. Hal itu pasti akan membantumu dalam meningkatkan kepercayaan diri. Lagi pula hal tersebut tidak susah untuk dilakukan, bukan?

Maka dari itu jika bertemu teman di jalan, jangan ragu untuk menyapanya. Percayalah bahwa dengan melakukan hal itu, kamu pasti akan terbiasa untuk memulai sebuah percakapan. Buang jauh-jauh rasa minder dalam diri agar tidak malah menjadi bumerang untukmu

Rasa minder itu sebenarnya bisa dihilangkan jika kamu mau berusaha. Lakukanlah dengan konsisten agar kepercayaan dirimu semakin meningkat.

Baca Juga: Setop Minder, 6 Hal Ini Gak Seharusnya Membuatmu Malu 

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya