Comscore Tracker

5 Cara Terhindar dari Paradigma yang Keliru tentang Diri Sendiri

Gunakan kacamata yang tepat

Paradigma adalah bagaimana cara kita memandang sesuatu, termasuk diri sendiri. Ibaratnya, itu adalah kacamata yang digunakan untuk membantu kita melihat dunia. Bayangkan ketika misalnya kita menggunakan kacamata yang salah ukuran minus atau plusnya, tentu penglihatan kita akan tetap buram dan gak jelas.

Begitu pula jika kita memiliki paradigma yang keliru soal diri sendiri. Misalnya, ketika kita menganggap diri ini bodoh, gak punya bakat, gak pantas untuk sukses, maka itu akan jadi kekeliruan besar yang berdampak bagi masa depan. Nah, agar hal seperti itu gak terjadi, terapkan lima tips berikut ini. 

1. Sesekali, biarkan orang terdekat memberikan penilaian yang jujur soal dirimu

5 Cara Terhindar dari Paradigma yang Keliru tentang Diri Sendiriilustrasi orang bekerja (Pexels.com/ThisIsEngineering)

Berikanlah kesempatan kepada orang terdekat yang benar-benar mengenalmu dengan baik dan menginginkan yang terbaik bagimu untuk memberikan penilaian. Jika kamu gak siap untuk sesuatu yang ekstrem, berikan mereka penjelasan terlebih dahulu bahwa penilaian yang kamu inginkan adalah hal yang bersifat umum aja.

Sebagai contoh, jika kamu ingin lebih tau soal bakat atau kelebihan yang menurut mereka ada di dirimu, maka tanyakanlah hal tersebut. Siap-siap, kamu mungkin akan kaget dengan jawaban mereka yang ternyata di luar ekspektasimu selama ini. 

2. Selalu bertanya pada orang yang tepat soal bagaimana dirimu di mata mereka

5 Cara Terhindar dari Paradigma yang Keliru tentang Diri Sendiriilustrasi orang berkumpul (Pexels.com/RODNAE Productions)

Jangan lupa juga untuk bertanya ke orang lain apakah dirimu sudah punya sikap yang baik atau belum. Bagian mana dari dirimu yang harus diperbaiki, serta apakah kamu sudah termasuk orang yang membuat mereka nyaman atau gak. Pastikan kamu menanyakan ini ke orang yang gak akan membuat dirimu tersinggung meskipun jawaban mereka cukup menyakitkan.

Pasalnya, kejujuran memang terkadang agak sulit untuk dihadapi. Akan tetapi, ini adalah kesempatan bagimu untuk terus memperbaiki diri dan melihat dirimu sendiri dari kacamata orang lain. 

Baca Juga: 5 Self-Talk yang Bisa Bikin Kamu Punya Mindset Tumbuh

3. Hindari memberikan label negatif ke diri sendiri

5 Cara Terhindar dari Paradigma yang Keliru tentang Diri Sendiriilustrasi orang introvert (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setelah selesai melihat melalui sudut pandang orang lain, saatnya kamu menyelami dirimu dengan lebih baik. Gak peduli seburuk apa pun orang lain menilai dirimu, kamu harus terus punya pandangan yang positif soal diri sendiri. Akan tetapi, kamu juga harus terus berusaha memperbaiki diri, ya.

Hindari memberikan label negatif ke diri sendiri karena ini akan membuat kamu keliru memandang dirimu. Misal, ketika kamu melabeli dirimu bodoh dan pemalas, ini jelas harus diperbaiki agar gak benar-benar menjadi kenyataan. 

4. Hindari lingkungan toksik yang hanya menjatuhkan dirimu

5 Cara Terhindar dari Paradigma yang Keliru tentang Diri Sendiriilustrasi orang berdebat (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebisa mungkin, berhentilah berada di sekitar orang yang senang menjatuhkanmu. Baik secara tindakan ataupun perkataan, orang yang senang melihat kamu gagal gak akan pernah berhenti menyerangmu hingga kamu sungguh-sungguh gagal. Menjauhi orang semacam ini adalah satu-satunya solusi yang bisa dilakukan dengan cepat dan efisien.

Kamu akan mulai melihat dirimu dengan cara yang keliru jika terus berada di lingkungan toksin. Bahkan bukan gak mungkin kamu juga jadi menganggap dirimu gak pantas untuk sukses dan bahagia. 

5. Terus asah potensi dan bakat yang dimiliki guna meningkatkan kepercayaan diri

5 Cara Terhindar dari Paradigma yang Keliru tentang Diri Sendiriilustrasi orang bekerja (Pexels.com/cottonbro)

Paradigma keliru soal diri sendiri biasanya datang dari kurangnya kepercayaan diri. Kamu cenderung melihat dirimu sebagai sosok orang yang lemah, gak berbakat, gak humble, gak punya keahlian, dan lain sebagainya jika gak punya rasa percaya diri. Itulah kenapa penting banget bagi kita untuk mengasah bakat dan potensi agar jadi orang yang lebih positif dalam melihat dunia ini.

Memiliki bakat akan membuat kita mampu mengapresiasi diri dengan sewajarnya. Alhasil, penilaian positif pun bisa kita sematkan ke diri kita.

Paradigma yang keliru bisa mendatangkan bencana dan kerugian bagi diri kita. Akan ada banyak aspek dalam hidup yang jadi terpengaruh karenanya. Seperti misalnya, prestasi di sekolah, karier, hubungan asmara, hubungan keluarga, dan lain sebagainya. Gak mau, kan semua itu berantakan hanya karena kita menggunakan kacamata yang salah? Perbaiki paradigma kita dari sekarang, ya. 

Baca Juga: 5 Fase Self Acceptance, Cara untuk Berdamai dengan Diri Sendiri

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya