Comscore Tracker

5 Hal Positif jika Kamu Gak Gampang Menyalahkan Orang Lain

Jangan suka asal tuduh!

Melihat sesuatu yang gak sesuai dengan nilai yang kita anut tentu akan membuat kita jadi ingin ikut berkomentar. Terlebih jika seseorang melakukan sesuatu yang menurut kita salah dan patut dikoreksi. Rasanya gatel banget kan, untuk ikut campur dan langsung mengambil tindakan? 

Eits, tapi tunggu dulu! Sebelum mulai menyalahkan orang lain, ada baiknya kita menarik nafas dan berhenti sejenak. Coba lihat dari berbagai sudut pandang sebelum terburu-buru menyalahkan. Dengan begitu, lima keuntungan berikut akan bisa kamu rasakan. 

1. Mampu introspeksi diri, mungkin kita juga pernah berbuat kesalahan yang sama

5 Hal Positif jika Kamu Gak Gampang Menyalahkan Orang Lainilustrasi orang kaget (Pexels.com/William Fortunato)

Gak buru-buru menyalahkan orang lain akan membuat kita lebih bisa melihat ke dalam diri sendiri, jangan-jangan kita juga pernah membuat kesalahan yang sama? Atau, mungkin ketika berada di posisi yang sama dengan orang tersebut, kita juga melakukan kesalahan yang serupa? 

Dengan begini, kitapun jadi lebih bisa memahami kenapa orang itu melakukan kesalahan demikian. Mungkin mengoreksinya tetap perlu dilakukan, tapi tentu kita lebih bisa melakukannya dengan cara yang lebih baik karena sudah memahami situasi orang tersebut. 

2. Gak terjebak dalam tuduhan asal yang berujung pada penyesalan

5 Hal Positif jika Kamu Gak Gampang Menyalahkan Orang Lainilustrasi orang iri (Pexels.com/Kindel Media)

Asal menyalahkan nyatanya juga bisa bikin kita berada dalam situasi yang gak enak. Bukan gak mungkin kita juga jadi menyesali tindakan menyalahkan tersebut. Sebab mungkin aja tuduhan kita ternyata gak berdasar. 

Menahan diri untuk gak langsung menyalahkan juga membuat kita lebih bijak dalam memberi respon. Karena asal tuduh bisa aja jadi bumerang bagi diri kita sendiri. Gak mau, kan? 

Baca Juga: Self-Serving Bias: Menyalahkan Orang Lain atas Kegagalan Diri Sendiri 

3. Bikin kita punya waktu untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda

5 Hal Positif jika Kamu Gak Gampang Menyalahkan Orang Lainilustrasi siluet dua orang (Pexels.com/Duong Nhan)

Gak langsung bertindak menyalahkan, juga membuat kita jadi lebih punya waktu untuk berpikir. Waktu ini bisa digunakan untuk mencoba melihat dari sudut pandang yang berbeda. Siapa tahu, ketika kita berusaha menempatkan diri pada posisi orang tersebut, ternyata mungkin kita juga akan membuat kesalahan yang sama. 

Dengan begini, saat memberi masukan atau koreksi pun kita jadi bisa berhati-hati. Sebab memang gak semua hal bisa kita nilai dari sudut pandang kita aja. 

4. Fokus pada solusi dan gak sibuk berasumsi

5 Hal Positif jika Kamu Gak Gampang Menyalahkan Orang Lainilustrasi orang berkumpul (Pexels.com/Diva Plavalaguna)

Menyalahkan secara sepihak juga menunjukkan bahwa kita berasumsi negatif terhadap tindakan seseorang. Padahal belum tentu yang kita lihat salah itu memang benar-benar salah. Saat gak langsung menyalahkan tindakan seseorang, kita tentu jadi memikirkan hal lain seperti solusi terbaik yang seharusnya bisa dilakukan. 

Alih-alih sibuk mencari kesalahan dan terus memojokkan, kita jadi bisa memperbaiki kesalahan tersebut sesegera mungkin. Sehingga gak ada pihak yang akan dirugikan atau tersakiti nantinya. 

5. Terhindar dari kemungkinan menyinggung perasaan orang lain

5 Hal Positif jika Kamu Gak Gampang Menyalahkan Orang Lainilustrasi pasangan berkonflik (Pexels.com/RODNAE Production)

Menyalahkan seseorang yang mungkin aja sebenarnya gak salah, juga bisa membuat orang tersebut merasa tersinggung. Kita bisa terhindar dari situasi gak menyenangkan semacam ini jika gak langsung mengambil kesimpulan atas perbuatan orang lain. 

Bagaimanapun juga, gak ada yang suka disalahkan apalagi tanpa dikonfirmasi terlebih dahulu. Salah-salah nanti kita malah dituding telah menuduh sembarangan. 

 

Menyalahkan orang lain itu adalah tindakan yang gak tepat dan gak bijak. Terlebih jika kita melakukannya tanpa berpikir dua kali atau mencoba melihat dari sudut pandang yang berbeda. Jangan jadi orang yang begitu ya, guys

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Teman yang Suka Menyalahkan Orang Lain

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya