Comscore Tracker

5 Hal yang Gak Perlu Bikin Kamu Merasa Malu karena Memilikinya

Kekurangan bisa jadi kelebihanmu, lho!

Merasa malu merupakan salah satu sifat manusia yang terkadang bisa menjadi bumerang tersendiri. Pasalnya, kamu seringkali merasa malu atas hal yang gak seharusnya. Sehingga, ini akan berimbas pada keputusan dan tindakan yang kamu lakukan berikutnya. Bukan gak mungkin rasa malu ini justru mendatangkan berbagai kerugian. 

Sementara itu, ada banyak orang yang melakukan pelanggaran dan kejahatan, tapigak merasa malu. Jadi, kenapa kamu harus malu jika memiliki lima hal berikut? Yuk, tetap percaya diri dan bersinar dengan caramu sendiri. 

1. Bentuk badan dan fisik yang gak sempurna

5 Hal yang Gak Perlu Bikin Kamu Merasa Malu karena Memilikinyailustrasi kegemukan (pexels.com/Towfiqu Barbhuiya)

Fisik yang gak sesempurna orang lain sering banget membuat kamu malu bahkan insecure. Keinginan untuk menunjukkan bakat dan kelebihan yang dimiliki pun bisa ambyar hanya karena kamu merasa gak good looking atau memiliki fisik yang berbeda dibandingkan orang lain pada umumnya. Ini gak boleh terus dibiarkan, lho. 

Perkara kekurangan fisik bukanlah sesuatu yang pantas kamu anggap sebagai hal memalukan. Pasalnya, kamu gak memilih untuk dilahirkan demikian. Kamu juga punya kelebihan lain yang bisa dibanggakan, kan? Daripada fokus pada kekurangan, yuk fokus pada apa yang bisa membuatnu bangga pada dirimu. 

2. Trauma dan masa lalu yang pahit

5 Hal yang Gak Perlu Bikin Kamu Merasa Malu karena Memilikinyailustrasi orang menyendiri (Pexels.com/M Venter)

Memiliki trauma di masa lalu itu sangat menyakitkan dan menyedihkan. Gak sepantasnya kamu merasa malu atas hal ini. Sebisa mungkin, berikan pengertian kepada orang lain jika trauma mu ini dianggap akan menghalangi jalanmu ke depannya. Jangan membiarkan orang lain menjudge dirimu sembarangan. 

Namun, kamu juga harus bisa berdamai dengan diri sendiri dan menyadari bahwa trauma tersebut serta masa lalu yang pahit itu sudah menjadi bagian dari perjalanan hidupmu. Alih-alih malu dan minder karena masa lalu, kenapa gak berusaha yang terbaik untuk ke depannya? 

Baca Juga: 5 Hal Luar Biasa yang Dirasa Saat Bisa Menerima Kekurangan Diri

3. Mengatakan tidak atau menolak seseorang

5 Hal yang Gak Perlu Bikin Kamu Merasa Malu karena Memilikinyailustrasi gestur menolak atau tidak setuju (pexels.com/Monstera)

Gak usah malu menolak atau mengatakan tidak pada seseorang yang memintamu melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hati nuranimu. Jika kamu memang sibuk, misalnya, gak perlu merasa gak nyaman karena harus melakukan penolakan.

Bagaimanapun juga, kamu lebih tau soal prioritas yang harus didahulukan, kan? 
Apalagi jika ini berkaitan dengan urusan prinsip. Jika ada seseorang yang memintamu melanggar prinsip hidupmu, tegaslah dan singkirkan rasa malu untuk menolak permintaan tersebut. 

4. Meminta bantuan saat gak bisa melakukan sesuatu sendirian

5 Hal yang Gak Perlu Bikin Kamu Merasa Malu karena Memilikinyailustrasi menggunakan bahasa isyarat (pexels.com/SHVETS Production)

Meminta tolong bukan berarti kamu lemah. Saat gak bisa melakukan suatu hal sendirian, meminta orang lain untuk membantumu bukan juga sesuatu yang memalukan. Jadi, kenapa harus ragu dan malu, kan? 

Sewajarnya, sebagai manusia kamu hidup bersosial dan saling tolong menolong. Bukankah ini sudah dipelajari sejak kecil? Malu hanya jika kamu melanggar suatu nilai yang dianut masyarakat. Meminta tolong kan bukan sebuah pelanggaran, setuju? 

5. Pekerjaan halal yang kamu miliki

5 Hal yang Gak Perlu Bikin Kamu Merasa Malu karena Memilikinyailustrasi orang menjahit (pexels.com/Ron Lach)

Banyak orang yang merasa malu untuk mengungkapkan apa pekerjaan yang sedang dia tekuni jika penghasilannya rendah atau jika pekerjaan tersebut sering dipandang sebelah mata. Meski sulit untuk merasa bangga, kenapa kamu harus malu?

Selama pekerjaan yang digeluti merupakan sesuatu yang halal dan dapat menafkahi diri serta keluarga, gak ada yang salah, kan? Kamu harus malu jika pekerjaan yang dimiliki merupakan sesuatu yang haram, seperti hasil korupsi, jual beli obat-obatan terlarang, dan lain sebagainya. Selama masih halal dan baik, gak perlu malu, ya!

Rasa malu pada hal yang gak seharusnya membuatmu hanya merendahkan diri sendiri. Kamu pun jadi mudah mengeluh dan gak bisa percaya diri. Sehingga apa pun yang dikerjakan jadi gak maksimal dan sepenuh hati. Yuk, percaya diri!

Baca Juga: 5 Alasan Pria Butuh Curhat, Tak Perlu Malu!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya