Comscore Tracker

Buat Kamu yang Takut terhadap Penilaian Orang Lain, Ingat 5 Hal Ini!

#IDNTimesLife Penilaian orang akan selalu ada!

Ada banyak banget ketakutan yang bisa kita rasakan dalam menjalani hidup ini. Gak terkecuali takut terhadap penilaian keliru orang lain pada diri kita. Untuk menghindari hal ini, kebanyakan dari kita tentu memilih untuk hidup dengan cara yang baik dan menjauhi hal-hal yang bertentangan dengan aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat.

Namun, sebaik apa pun peran yang berusaha kita mainkan, entah kenapa orang-orang selalu bisa menemukan sisi buruk kita untuk kemudian dibeberkan atau dijadikan bahan gosip. Rasanya memang gak nyaman dan bikin kesal, ya. Seolah-olah apa yang kita lakukan gak pernah bisa benar di mata orang lain. 

Nah, buat kalian yang sampai saat ini masih takut dan bahkan merasa ingin menghindari penilaian buruk orang lain, coba deh renungkan kembali lima hal berikut ya. 

1. Sadari bahwa itu semua gak bisa dihindari

Buat Kamu yang Takut terhadap Penilaian Orang Lain, Ingat 5 Hal Ini!pexels.com/Maksim Goncharenok

Pertama, kita harus sadar bahwa gak ada satu orang pun yang bisa menghindari penilaian buruk orang lain. Meski sebaik apa pun orang tersebut, akan ada segelintir orang yang gak menyukainya. Bukan karena dia gak baik, tapi bisa jadi karena rasa iri sedang menyelimuti hati orang-orang yang menggunjingkannya tersebut.

Jadi, gak ada gunanya berusaha menghindari penilaian buruk orang lain. Karena semua itu hanya akan berujung pada kesia-siaan, guys.

2. Jangan berusaha mengendalikan semua yang berada di luar kendalimu

Buat Kamu yang Takut terhadap Penilaian Orang Lain, Ingat 5 Hal Ini!unsplash.com/Zachary Nelson

Penilaian atau anggapan orang lain terhadap kita adalah salah satu hal yang berada di luar kendali kita. Berusaha untuk mengendalikannya dengan cara apa pun adalah sesuatu yang mustahil. Daripada dipusingkan dengan hal ini, bukankah lebih baik kita fokus pada diri sendiri aja?

3. Ingat bahwa tujuan hidupmu bukanlah untuk membahagiakan semua orang

Buat Kamu yang Takut terhadap Penilaian Orang Lain, Ingat 5 Hal Ini!pexels.com/Anastasiya Lobanovskaya

Setiap kali rasa takut akan penilaian orang lain itu datang, cobalah untuk kembali mengingat apa tujuan hidup kita. Yang pasti kita gak ditakdirkan untuk membahagiakan semua orang. Tujuan semacam ini gak akan pernah bisa tercapai. Karena, setiap orang punya sudut pandang dan pemikirannya masing-masing. 

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Mengurangi Kebiasaan Overthinking, Tertarik Coba?

4. Gak semua penilaian itu buruk, beberapa bisa dijadikan bahan evaluasi diri

Buat Kamu yang Takut terhadap Penilaian Orang Lain, Ingat 5 Hal Ini!unsplash.com/Annie Spratt

Selanjutnya, kita juga perlu memahami bahwa gak semua penilaian yang diberikan orang lain itu buruk. Beberapa bahkan bisa kita jadikan sebagai bahan evaluasi diri. Yang terpenting adalah kita bisa membedakan mana penilaian yang bisa kita jadikan sebagai masukan, dan mana yang harusnya kita abaikan aja. 

5. Paling penting, ingatlah bahwa penilaian orang bukanlah penentu kualitas dirimu

Buat Kamu yang Takut terhadap Penilaian Orang Lain, Ingat 5 Hal Ini!pexels.com/ThisIsEngineering

Poin utama dari semua bahan pertimbangan di atas adalah bahwa seperti apapun orang lain menilai kita, itu semua gak bisa memberi pengaruh pada diri kita sama sekali kecuali jika kita mengizinkannya. Standar dan kualitas diri kita gak akan bisa ditentukan hanya berdasarkan komentar dan penilaian gak berdasar dari orang lain. Iya kan?

Mendapat penilaian buruk adalah hal yang wajar. Semakin kita sukses, maju, dan melakukan banyak usaha perubahan dalam hidup, akan semakin sering kita menemukan penilaian semacam ini. Jadi, gak ada yang perlu ditakuti dan gak usah berusaha menghindarinya.

Intinya, tetaplah hidup dengan cara yang baik, dan jadilah versi terbaik dari dirimu. Berproseslah untuk semakin baik dari hari ke hari tanpa mempedulikan penilaian atau cemoohan orang lain yang gak mengerti perjuanganmu. Setuju, guys? 

Baca Juga: 5 Hal Buruk yang Bisa Kamu Dapat jika Sering Overthinking

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya