Comscore Tracker

Punya Masalah dengan Seseorang? Ingat 5 Hal Ini Sebelum Mulai Membenci

#IDNTimesLife Yakin lebih suka bermusuhan?

Wajar banget ketika kita punya masalah dengan orang lain. Namanya juga kehidupan bersosial, pasti deh akan ada satu atau dua orang yang dengan sengaja ataupun gak, memulai perseteruan dan konflik sama kita. Bahkan, bisa jadi, ada kesalahpahaman yang kita gak bisa hindari dan berujung pada masalah. 

Konflik semacam ini akan selalu kita temui, entah itu dengan tetangga, teman, rekan kerja, bahkan orangtua atau pasangan sekalipun. Imbas dan dampak dari konflik itu pastinya adalah rasa gak suka yang kita rasakan pada yang bersangkutan. Nah, rasa gak suka ini bisa berubah jadi kebencian dan sikap permusuhan.

Tapi, sebelum kamu membenci orang tersebut dan memasukkannya dalam daftar orang yang ingin kamu musuhi, ada lima hal nih yang perlu kamu pikirkan kembali. Yuk simak. 

1. Kebaikan yang pernah dia lakukan

Punya Masalah dengan Seseorang? Ingat 5 Hal Ini Sebelum Mulai Membenciilustrasi orang ngobrol (pexels.com/Helena Lopes)

Hayo, siapa nih yang paling gampang mengingat keburukan orang lain dan paling gampang juga melupakan kebaikan orang lain? Jangan dibiasakan begini ya, guys. Saat kita terlibat masalah dengan seseorang, ingatlah kembali kebaikan yang pernah dia lakukan untuk kita. Maka, memaafkan kesalahannya pasti gak akan terasa sulit lagi. Coba aja deh!

2. Kita gak tau alasan sebenarnya dia berbuat demikian

Punya Masalah dengan Seseorang? Ingat 5 Hal Ini Sebelum Mulai Membenciilustrasi orang sedih (pexels.com/Pixabay)

Kebencian juga hadir di hati kita pada yang bersangkutan karena kita gak tau betul alasan yang sebenarnya hingga orang tersebut berbuat demikian. Bisa jadi aja kan semua itu cuma kesalahpahaman atau karena kita gagal mengerti maksud di balik sikap orang itu. Coba deh turunkan ego dan ajak dia bicara baik-baik. Siapa tau ketemu titik solusinya.

3. Mungkin dia punya masalah lain yang sedang dialami

Punya Masalah dengan Seseorang? Ingat 5 Hal Ini Sebelum Mulai Membenciilustrasi orang ngobrol (pexels.com/Liza Summer)

Seseorang juga sangat mungkin bersikap menyebalkan ketika dia sedang punya masalah yang mengganggu pikirannya. Tanpa sengaja, dia jadi bertingkah di luar kendalinya dan membuat kita yang saat itu berada di dekatnya jadi merasa kesal. Jangan cepat menyimpulkan sendiri jika memang belum tau betul apa yang terjadi ya. 

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Mood Jelek, Saran dari Pakar Kesehatan Mental

4. Kita juga gak tau mungkin suatu saat nanti akan membutuhkan bantuannya

Punya Masalah dengan Seseorang? Ingat 5 Hal Ini Sebelum Mulai Membenciilustrasi orang bekerja (pexels.com/fauxels)

Sebelum memutuskan untuk membenci, kita juga perlu mempertimbangkan apa yang mungkin akan terjadi di masa depan. Gak ada yang pernah tau bagaimana kehidupan kita di masa mendatang. Jangan mudah memusuhi seseorang karena siapa tau kita akan membutuhkan bantuan orang itu suatu saat nanti. 

5. Bukankah perdamaian lebih menyenangkan dibanding permusuhan?

Punya Masalah dengan Seseorang? Ingat 5 Hal Ini Sebelum Mulai Membenciilustrasi orang ngobrol (pexels.com/ELEVATE)

Apa pun itu yang membuat kamu kesal dan membenci seseorang, memberi maaf jelas lebih baik ketimbang memutuskan untuk mengibarkan bendera permusuhan. Kalau sudah punya musuh, itu gak enak banget guys. Pasalnya, bagaimanapun juga, perdamaian sudah pasti lebih membawa ketenangan dalam jiwa kita.

Punya masalah dengan orang lain bikin emosi kita meningkat dan membuat rasa ingin mengibarkan permusuhan gak bisa dikendalikan. Namun, ingatlah lima hal di atas sebelum kebencian semakin merajalela ya. Cobalah memaafkan dan mengikhlaskan maka hati kita pun akan tenang kemudian. Mau mencoba?

Baca Juga: Kenali 12 Sifat Jelek Cowok Menurut Zodiaknya, Cocok Gak?

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya