Comscore Tracker

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kita Kehilangan Simpati dari Orang Lain

Kekurangan orang lain malah dijadikan becandaan

Dalam kehidupan sosial, mendapatkan simpati dari orang lain akan membuat kita merasa lebih baik. Terutama ketika kita sedang sedih, berduka, mengalami musibah dan lain sebagainya.

Akan tetapi, masih banyak orang yang ketika hidupnya sedang bahagia, dia berbuat seenaknya sehingga membuat orang lain menjadi ilfeel. Gak heran kalau orang semacam ini juga kehilangan simpati dari orang lain bahkan ketika dia sedang jatuh-jatuhnya.

Nah, agar kita gak mengalami kejadian semacam itu, wajib banget untuk menghindari lima kebiasaan buruk berikut nih. Pasalnya, jika kita terus melakukan tindakan seperti pada poin di bawah ini, gak ada lagi yang menaruh simpati pada kita nantinya. Duh, amit-amit deh. 

1. Sering play victim saat jelas-jelas bersalah

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kita Kehilangan Simpati dari Orang Lainilustrasi orang curhat (Pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Orang yang sering play victim akan sangat gak dihormati oleh orang lain. Sekali dua kali mungkin hal ini masih bisa dimaafkan. Akan tetapi, jika sudah berkali-kali bahkan hingga merugikan orang lain secara fatal, siapa yang akan percaya lagi padanya? 

Orang semacam ini sudah pasti akan kehilangan simpati dari siapapun. Sulit sekali percaya padanya bahkan jika dia benar-benar gak bersalah dalam suatu kasus. 

2. Sering mengadu domba dan senang melihat orang lain gak akur

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kita Kehilangan Simpati dari Orang Lainilustrasi orang mengobrol (Pexels.com/Anna Shvets)

Orang yang senang mengadu domba juga bukan tipikal orang yang disenangi. Gak cuma bikin ribut, orang semacam ini bisa bikin orang lain sampai adu jotos dan gak akur lagi. Parahnya lagi, dia seringkali gak merasa bersalah dan justru menganggap apa yang dia lakukan sebagai sebuah tindakan yang benar. 

Lama-lama, orang jadi jengah dan malas bertemu, mengobrol, apalagi sampai berteman dekat. Ketika dia punya masalah pun, gak ada yang akan bersimpati apalagi berusaha membantunya. Makanya jangan begini, ya. 

Baca Juga: Bukan Pujian, 5 Perilaku Ini Lebih Ampuh untuk Meraih Simpati Atasan

3. Gak bisa menjaga rahasia dengan baik dan senang membicarakan aib orang lain

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kita Kehilangan Simpati dari Orang Lainilustrasi orang berdebat (Pexels.com/Thirdman)

Satu lagi tipe orang yang gak akan mendapat simpati, yaitu mereka yang suka sekali membicarakan aib orang lain. Apalagi jika dia sampai mengetahui rahasia orang lain yang seharusnya dia jaga baik-baik, mulutnya akan langsung gatal untuk segera membicarakan hal tersebut kemana-mana. 

Orang semacam ini jelas akan berusaha dihindari siapapun. Pasalnya, orang lain gak ingin keceplosan ketika berbicara atau sampai diketahui rahasianya. Ketika dia ditimpa masalah, akan sangat sedikit yang bersimpati padanya. Bukan gak mungkin justru banyak orang yang malah mengangap itu sebagai karma yang harus dia terima. 

4. Menjadikan penderitaan dan kekurangan orang lain sebagai bahan ledekan

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kita Kehilangan Simpati dari Orang Lainilustrasi orang berteman (Pexels.com/ELEVATE)

Humoris dan suka becanda itu memang baik dan membuat siapapun jadi mudah merasa akrab denganmu. Namun, jika kelewatan dalam becanda apalagi hingga menjadikan kekurangan atau musibah orang lain sebagai becandaan, orang-orang justru akan kehilangan simpati padamu. Itu karena kamu dianggap gak punya simpati pada penderitaan orang lain. 

Becanda yang kelewatan harusnya bisa kita hindari. Terlebih karena hal ini gak lucu sama sekali dan gak akan membuat siapapun tertawa. Justru, kecanggunganlah yang akan terjadi. 

5. Gak pernah tulus dalam berbuat baik

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kita Kehilangan Simpati dari Orang Lainilustrasi orang ngobrol (pexels.com/Anna Shvets)

Gak tulus saat berbuat baik seperti pamer atau senang mengungkit kebaikan yang dilakukan serta selalu mengharapkan timbal balik, bikin siapapun jadi enggan diperlakukan baik olehmu. Kebiasaan semacam ini mengundang cibiran dari orang lain dan tentunya bikin kita gak lagi mendapat simpati. 

Sebaik apapun kita pada orang lain, tapi jika gak tulus, maka gak akan ada yang melihat kebaikan itu sebagai sesuatu yang patut dihargai. Jangan harap kita benar-benar diakui sebagai orang baik jika tujuan kita berbuat baik gak tulus sama sekali. 

Meski mendapat simpati dari orang lain bukanlah tujuan kita dalam melakukan apapun, namun tanpa hal itu kita juga akan kesulitan jika sedang dilanda musibah atau mengalami penderitaan. Terkadang, mendapat simpati juga bisa membuat kita merasa lebih baik, paling gak kita gak terlalu merasa merana dan sia-sia ketika melakukan sesuatu, terutama jika simpati datang dari orang terdekat.

Akan tetapi jika terus melakukan lima kebiasaan di atas, siap-siap aja gak ada lagi yang simpati sama kita. Bahkan ketika kita sudah melakukan berbagai kebaikan. Gak mau, kan? 

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Mengunggah Kesedihan di Media Sosial, Cari Simpati?

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya