Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Orang Sombong Gak Perlu Kamu Balas dengan Kesombongan

Kamu berbeda kan sama dia?

Apa kamu suka gemas sama teman yang senang sekali menyombongkan diri? Seolah-olah apa yang berhasil mereka lakukan adalah hasil kerja keras mereka sendiri. Pasti jadi pengin membalas kesombongan mereka juga kan? Biar mereka bisa segera sadar bahwa apa yang mereka sombongkan itu sebenarnya bukan apa-apa.

Eits, sebelum kamu membalas sifat sombong orang ini, ada baiknya kamu menimbang-nimbang dulu, guys. Karena, lebih baik untuk gak membalas sebuah kesombongan dengan kesombongan juga, lho. Ini nih alasannya. 

1. Itu hanya akan membuat kamu setara dengan dia

5 Alasan Kenapa Orang Sombong Gak Perlu Kamu Balas dengan Kesombonganunsplash/Kate Kalvach

Menyombongkan diri di depan teman yang sombong hanya akan membuat kamu setara sama dia. Bukannya membuat dirinya jadi lebih baik, kamu justru menurunkan derajatmu sendiri. Wah, emang mau kalau kamu disebut sebagai orang sombong juga?

2. Kesombongannya gak akan berkurang karena hal ini

5 Alasan Kenapa Orang Sombong Gak Perlu Kamu Balas dengan Kesombonganpexels/Andrea Piacquadio

Jika kamu berharap bahwa dengan membalas sebuah kesombongan dengan kesombongan juga maka itu akan mengubah orang yang bersangkutan, kamu salah besar. Dia akan tetap jadi orang yang sombong dan malah mungkin gak terpengaruh sama apa yang kamu katakan. Ujung-ujungnya, kamu hanya akan kesal sendiri. 

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Balas Kesombongan dengan Kesombongan, Yakin Bangga?

3. Bukan gak mungkin dia malah merasa kamu iri sama dia

5 Alasan Kenapa Orang Sombong Gak Perlu Kamu Balas dengan Kesombonganunsplash/Luke Porter

Orang yang pada dasarnya sudah sombong, pasti gak akan bisa sadar dengan mudah hanya karena kamu menyombongkan diri di depan dia. Malahan, bukan gak mungkin dia jadi mengira bahwa kamu sedang menyimpan rasa iri sama dia. Bisa-bisa dia merasa kamu sangat ingin berada di posisinya. Amit-amit banget kan? 

4. Hal ini juga gak memberi keuntungan apa-apa untukmu

5 Alasan Kenapa Orang Sombong Gak Perlu Kamu Balas dengan Kesombonganunsplash/Gradikaa

Yang jelas, menyombongkan diri di depan orang sombong gak akan memberi keuntungan apa-apa untukmu. Kamu gak mendapatkan apa pun dengan melakukan hal ini. Jadi, buat apa kamu membuang waktu dan tenaga hanya untuk membalas sebuah kesombongan? Mending cari kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

5. Bukankah jadi rendah hati justru lebih baik?

5 Alasan Kenapa Orang Sombong Gak Perlu Kamu Balas dengan Kesombonganpexels.com/rawpixel.com

Jadi orang sombong itu gak ada gunanya. Membalas orang sombong agar mereka sadar juga gak akan ada ujungnya. Lebih baik kamu berusaha memperbaiki diri agar terhindar dari sifat satu ini dan jadi orang yang rendah hati. Hidupmu tenang, orang lain pun gak merasa terganggu. Menyenangkan kan?

Teman yang suka menyombongkan diri memang mengganggu banget. Jika kamu sudah gak tahan, lebih baik jaga jarak aja dari orang ini. Daripada membalas kesombongan itu dengan sifat sombong juga. Gak bermanfaat banget! Setuju kan?

Baca Juga: 6 Kesombongan yang Tanpa Disadari Bisa Membuatmu Kehilangan Teman

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya