Comscore Tracker

Kunci Sukses, 5 Cara Jadikan 5 Kesempatan jadi Keuntungan!

Kesempatan cuma datang sekali

Kata orang, mereka yang sukses adalah mereka yang mampu menggunakan kesempatan sebaik-baiknya. Faktanya, banyak orang yang melewatkan kesempatan besar di depan mata begitu saja. Meski begitu, gak sedikit yang tetap melakukan kesalahan yang sama dan gak belajar dari orang-orang yang sudah gagal sebelum-sebelumnya.

Salah satu cara untuk memanfaatkan kesempatan, adalah dengan membuat kesempatan itu jadi milik kita menuju kesuksesan. Caranya? Begini nih biar lebih jelas ya.

1. Persiapkan diri dari jauh-jauh hari

Kunci Sukses, 5 Cara Jadikan 5 Kesempatan jadi Keuntungan!unsplash/Icons8 team

Kesempatan hanya bisa dimanfaatkan oleh mereka yang sudah bersiap diri dari jauh-jauh hari. Misal, bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Jika kamu hanya mempersiapkan segalanya ketika pengumuman soal beasiswa itu diumumkan, akan sedikit sekali kemungkinan kamu akan lolos seleksi. Beda halnya jika kamu sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. 

Segala persiapan yang sudah dilakukan sejak lama, akan membuat kamu gak gelabakan dan yang pasti, kamu sudah lebih siap lahir dan batin.

2. Berusaha lebih banyak dibanding orang rata-rata

Kunci Sukses, 5 Cara Jadikan 5 Kesempatan jadi Keuntungan!unsplash/Claire Nakkachi

Tahu kan sama kalimat paling populer yang sering sekali dijadikan acuan bagi para motivator? Bahwa usaha gak akan mengkhianati hasil. Kalimat ini sudah terbukti kebenarannya dan banyak sekali yang sudah mencicipi hasilnya. 

Jadi, berusahalah lebih banyak dibanding orang lain. Jika orang lain belajar 7 jam dalam sehari, maka kamu harus belajar 8 jam sehari. Begitupun dalam hal yang lainnya.

3. Miliki keyakinan bahwa kamu pasti mampu mewujudkan impianmu

Kunci Sukses, 5 Cara Jadikan 5 Kesempatan jadi Keuntungan!unsplash/Giulia Bertelli

Kamu gak akan bisa meraih apapun apalagi memanfaatkan kesempatan yang datang, jika tidak ada kepercayaan di dalam diri. Rasa percaya diri ini penting adanya agar kamu meraih segala hal yang kamu impikan. Jika bukan kamu yang memiliki keyakinan pada dirimu sendiri, lalu siapa lagi? 

Baca Juga: Hanya Calon Orang Sukses yang Bisa Membedakan 5 Hal Ini, Kamu?

4. Jangan ragu untuk memanfaatkan segala celah yang ada selama masih berada pada jalur yang benar

Kunci Sukses, 5 Cara Jadikan 5 Kesempatan jadi Keuntungan!unsplash/NeONBRAND

Kesempatan memang seringkali terlewat ketika kita hanya fokus pada usaha sendiri saja. Kita lupa, bahwa sebagai makhluk sosial kita gak bisa terlepas dari bantuan orang lain. Meminta bantuan kepada orang lain, misalnya bagi kamu yang baru lulus kuliah dan ingin mencari pekerjaan, adalah hal yang perlu banget dicoba. Gak ada yang salah kok dengan meminta bantuan.

5. Jangan lupa, perbanyak juga berdoa dan meminta pada Yang Kuasa

Kunci Sukses, 5 Cara Jadikan 5 Kesempatan jadi Keuntungan!unsplash/Utsman Media

Sebagai seorang makhluk, kita juga gak akan bisa meraih keberhasilan tanpa campur tangan Yang Maha Kuasa. Jadi, penting sekali untuk berdoa dan memohon kepada Tuhan. Baru kemudian mengusahakan yang terbaik semampu kita. Ketika semua usaha sudah dikerahkan, pun, yang kemudian kita lakukan adalah menyerahkan hasilnya kepada Sang Pencipta, dan percaya bahwa apapun yang terjadi, semua adalah yang terbaik bagi kita. 

Meraih kesempatan yang datang merupakan tangga lompatan menuju kesuksesan. Hanya orang-orang tertentu, lho yang bisa memanfaatkan kesempatan dengan baik. Dan kamu pasti bisa jadi salah satu dari mereka jika mau berusaha. Percayalah!

 

Baca Juga: 5 Perilaku yang Dapat Menghambat Kesuksesan, Hindari Yuk dari Sekarang

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You