Comscore Tracker

Penuhi 5 Syarat Ini Sebelum Mulai Membandingkan Diri dengan Orang Lain

#IDNTimesLife Jangan sampai bikin kita insecure!

Ada banyak banget saran dan anjuran untuk gak membandingkan diri kita dengan orang lain. Namun, gak bisa disanggah, terkadang kita tanpa sadar mulai membandingkan diri dengan orang lain. Baik itu orang yang kita kenal, ataupun orang yang gak kita kenal secara personal seperti para selebriti dan lain sebagainya.

Kehidupan orang lain yang nampaknya terlihat lebih indah memang berhasil bikin kita secara otomatis mulai membandingkan diri dengan mereka. Namun, alih-alih berhenti, ada baiknya kita menamengi diri sebelum melakukan perbandingan dengan siapa pun. Ini nih lima syarat yang perlu kita penuhi sebelum mulai membanding-bandingkan hidup orang lain dengan hidup kita. 

1. Kamu sudah tau betul bahwa semua orang diciptakan berbeda-beda

Penuhi 5 Syarat Ini Sebelum Mulai Membandingkan Diri dengan Orang Lainilustrasi orang bahagia (unsplash.com/Eric Ayon)

Pertama, kamu harus sudah menyadari bahwa semua orang memang diciptakan berbeda. Gak cuma secara fisik, jalan hidup semua orang juga berbeda-beda. Masalah yang dihadapi juga berbeda, begitupun dengan hasil yang didapat meski dari perjuangan yang mungkin sama. Intinya, perbedaan itu akan selalu ada. 

2. Membandingkan bukan untuk bikin insecure tapi sebagai motivasi

Penuhi 5 Syarat Ini Sebelum Mulai Membandingkan Diri dengan Orang Lainilustrasi orang olahraga (pexels.com/Allan Watson)

Setiap kali secara otomatis kamu mulai membandingkan diri dengan orang lain, ingatlah bahwa semua itu gak bertujuan untuk membuat kamu semakin insecure. Sebab, rasa insecure itu muncul dari pemikiranmu sendiri dan gak ada seorang pun yang bisa mengendalikannya selain dirimu. Jadikanlah semua perbedaan itu sebagai motivasi sehingga suatu saat kamu juga bisa meraih kehidupan yang membahagiakan seperti itu. 

3. Jangan jadikan perbandingan itu sebagai alasan untuk menyerah

Penuhi 5 Syarat Ini Sebelum Mulai Membandingkan Diri dengan Orang Lainilustrasi cewek bahagia (pexels.com/Tiago Lino)

Kamu juga perlu ingat bahwa saat membandingkan diri dengan orang lain, kamu sama sekali gak boleh menjadikan perbedaan yang ada itu sebagai alasan untuk menyerah. Menyerah dengan perjuangan yang sedang kamu usahakan saat ini hanya akan jadi perbuatan sia-sia yang merugikan diri sendiri.

Semua orang punya garis takdirnya masing-masing. Dan tugasmu adalah untuk mengusahakan yang terbaik demi hasil yang juga terbaik nantinya.

Baca Juga: 10 Quote Film The Kissing Booth yang Bikin Mentalmu Anti Insecure

4. Membandingkan juga bukan berarti kamu sedang berkompetisi

Penuhi 5 Syarat Ini Sebelum Mulai Membandingkan Diri dengan Orang Lainilustrasi cewek melamun (pexels.com/cottonbro)

Membandingkan diri dan kehidupan dengan kehidupan orang lain juga gak boleh kamu artikan bahwa dirimu sedang berkompetisi. Pemikiran semacam ini hanya akan membuat kamu semakin lelah dan merasa sedang berlomba dengan sesuatu yang sebenarnya gak ada. Ujung-ujungnya, gak ada kemenangan yang bisa kamu rasakan dan justru itu menjadi beban bagi dirimu sendiri. 

5. Jadikan perbedaan itu sebagai cara kita untuk lebih bersyukur

Penuhi 5 Syarat Ini Sebelum Mulai Membandingkan Diri dengan Orang Lainilustrasi cewek melamun (pexels.com/OleksandrPidvalnyi)

Last but not least nih, ingatlah bahwa setelah membandingkan diri dengan orang lain dan kita menemukan perbedaan, maka semua itu adalah pertanda bahwa kita harus lebih banyak bersyukur. Semua kehidupan yang sedang dijalani, akan lebih indah jika kita mengisinya dengan rasa syukur dan rasa terima kasih kepada Yang Maha Pemberi Kehidupan. 

Membandingkan diri seringkali memang gak bisa kita hentikan. Keinginan itu bisa muncul tiba-tiba dan menjadi bumerang bagi diri sendiri. Namun, dengan menanamkan lima hal di atas dalam benakmu, maka moment membandingkan diri dengan orang lain bukan lagi jadi hal yang harus dihindari. Tapi ingat untuk tetap mengurangi kebiasaan ini ya. Setuju?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bisa Insecure Sama Pasangan walau Saling Cinta

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya