Comscore Tracker

Sering Mendapat Sindiran, Ini 5 Hal Utama yang Harus Kamu Lakukan

Jangan mudah terpengaruh!

Ketika kamu melakukan sesuatu yang gak sesuai menurut orang lain, seringkali kamu mendapat sindiran, baik yang halus maupun yang sangat kasar dan menyakitkan hati.

Apapun bentuknya, sebuah sindiran selalu berhasil membuat mood kamu down dan suasana hati jadi berubah. Ujung-ujungnya, kamu jadi gak maksimal dalam mengerjakan sesuatu dan keberhasilan juga jadi susah menghampiri.

Makanya, ada beberapa hal nih yang harus kamu lakukan agar gak gampang terpengaruh dengan sindiran-sindiran dari orang sekitar. 

1. Berpikir positif, mungkin itu semua adalah saran agar kamu menjadi lebih baik

Sering Mendapat Sindiran, Ini 5 Hal Utama yang Harus Kamu Lakukanunsplash/CoWomen

Sindiran memang biasanya bersifat menjatuhkan. Namun, jika kamu pandai mengelola pikiran agar terus positif, maka sebuah sindiran pun bisa berisi saran membangun yang mengubahmu untuk menjadi lebih baik. Anggap saja orang tersebut hanya menggunakan kalimat yang salah dalam memberi saran kepadamu. 

2. Saring sindiran yang sifatnya membangun dan yang menjatuhkan

Sering Mendapat Sindiran, Ini 5 Hal Utama yang Harus Kamu Lakukancanva.com

Jika berpikir positif terhadap sebuah sindiran terasa agak susah, maka ada baiknya kamu mulai belajar menyaring sindiran-sindiran yang positif dan buang jauh-jauh kalimat yang menyakitkan hatimu. Belajarlah melupakan perkataan orang yang hanya menjatuhkan dirimu dan hanya ingin melihat kamu gagal.

Percayalah, ucapan orang-orang seperti ini gak akan bisa mempengaruhi keberhasilanmu kecuali kamu mengizinkannya tetap tinggal dalam benakmu.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Motivasi Bekerja Mudah Menurun, Waspadalah!

3. Menerima dengan lapang dada tanpa harus merasa tersinggung

Sering Mendapat Sindiran, Ini 5 Hal Utama yang Harus Kamu Lakukanunsplash/Priscilla Du Preez

Sindiran memang gak enak untuk didengar. Tapi, kamulah yang mampu menentukan sikap atas apapun ucapan orang lain terhadap diri kita. Coba deh lebih lapang dada ketika mendapat sindiran dari orang lain. Gak usah dipikirkan berlarut-larut karena hanya akan membuat emosi semakin bergejolak.

4. Acuhkan jika memang gak membuat hidupmu berubah ke arah yang baik

Sering Mendapat Sindiran, Ini 5 Hal Utama yang Harus Kamu Lakukanunsplash/Daiga Ellaby

Langkah berikutnya yang perlu kamu ambil terhadap sebuah sindiran negatif adalah dengan mengacuhkannya. Gak usah dipikirkan sama sekali atau kalau perlu, gak usah didengar sedikit pun. Lebih baik untuk gak tau dan gak peduli pada hal-hal seperti ini karena hanya akan membuat kamu jatuh dan merasa gagal.

5. Bila sudah keterlaluan, ada baiknya kamu menghindari orang-orang yang senang menyindir tersebut

Sering Mendapat Sindiran, Ini 5 Hal Utama yang Harus Kamu Lakukanunsplash/Eutah Mizushima

Jika sebuah masalah sudah terlalu berat, maka pecahkan dari akarnya. Begitu pun dengan sindiran. Jika semakin kasar dan hanya membuat kamu sakit hati, jauhi sumbernya yaitu orang-orang yang senang menyindir tersebut. Mereka hanyalah orang beracun yang gak mau melihat kamu sukses dan bahagia. Apa gunanya berdekatan dengan orang seperti ini?

Ketika kamu merasa sering mendapat sindiran dari orang sekitar, hal pertama yang dilakukan adalah tentu dengan mengoreksi diri. Siapa tahu ternyata kamu memang memiliki masalah dalam hal berinteraksi dengan orang lain. Namun jika orang yang menyindir selalu itu-itu saja dan seolah seperti mencari-cari kesalahanmu di saat kamu benar, maka merekalah sebenarnya sumber masalah tersebut.

Setelah membaca artikel di atas, sudah siap 'kan menghadapi sindiran dengan lebih positif?

Baca Juga: 5 Cara Bijak Menyikapi Kegagalan dalam Hidup, Semangat Lagi Yuk!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya