Comscore Tracker

5 Tanda Nyata Bahwa Kamu sedang Iri dengan Hidup Orang Lain

Siapa nih yang paling sering kamu gosipin?

Rasa iri pada hidup orang lain seringkali enggan untuk kita akui. Padahal nyatanya, kita pasti deh diam-diam mengakui dalam hati bahwa kita sangat ingin menjalani hidup seperti orang tersebut. Entah itu mempunyai kesempurnaan fisik seperti dirinya, atau memperoleh harta kekayaan yang berlimpah, atau punya pengalaman jalan-jalan keluar negeri, dan lain sebagainya.

Rasa iri semacam ini biasanya memang gak terucap secara langsung lewat bibir kita. Tapi, jika kamu memiliki 5 tanda di bawah ini, bisa jadi sebenarnya tanpa sadar kamu sedang merasa iri terhadap orang tertentu. Yuk dicek!

1. Senang mencari kekurangan orang tersebut

5 Tanda Nyata Bahwa Kamu sedang Iri dengan Hidup Orang Lainwisebread.com

Jika kamu punya seorang kenalan, entah itu teman, adik kelas, bahkan keluarga mu sendiri yang sering kamu cari-cari kekurangannya, bisa jadi kamu sebenarnya tengah mengalami rasa iri. Ketika kita merasa insecure terhadap diri sendiri, secara alamiah kita membentuk sebuah sistem pertahanan diri dengan melihat kekurangan orang lain. Terutama pada orang yang membuat kita merasa iri tersebut.

2. Setiap ada kesempatan, kamu mencoba menjatuhkannya

5 Tanda Nyata Bahwa Kamu sedang Iri dengan Hidup Orang Lainunsplash/Priscilla Du Preez

Ketika si A terlihat cantik dengan pakaian berwarna kuning, misalnya, kemudian kamu memberi komentar bahwa gak ada orang yang bisa pantas menggunakan warna kuning hanya karena kamu merasa begitu ingin membuat dia down, maka fix banget kamu sedang merasa iri. Rasa iri yang semakin menjadi ini bisa bikin kamu menghancurkan perasaan orang lain, lho. Hati-hati, ya!

3. Menggunjing dan membicarakannya di belakang

5 Tanda Nyata Bahwa Kamu sedang Iri dengan Hidup Orang Lainunsplash/Ben White

Kamu senang bergosip tentang seseorang? Waspada, ini adalah salah satu bentuk rasa iri yang gak kamu sadari. Kamu mungkin aja berdalih bahwa dia memang pantas digosipin karena perbuatannya yang nyeleneh. Tapi, sebenarnya jauh di dalam lubuk hatimu kamu sedang menaruh rasa iri terhadap beberapa hal dari dirinya.

Baca Juga: 5 Bahaya dari Rasa Iri yang Bisa Bikin Kita Merugi, Yuk Dijauhi!

4. Menyebar fitnah dan cerita gak benar tentangnya

5 Tanda Nyata Bahwa Kamu sedang Iri dengan Hidup Orang Lainunsplash/@benwhitephotography

Bentuk paling jahat saat kamu merasa iri adalah ketika kamu mulai menyebar cerita bohong tentang orang tersebut. Pada tahap awal, cerita bohong ini mungkin masih dalam skala kecil dan bisa dimaafkan. Namun, lama-kelamaan, rasa iri yang semakin mendarah daging bisa aja lho bikin kamu jadi penyebar fitnah. Jauh-jauh deh dari rasa iri!

5. Benci pada orang tersebut tanpa alasan yang jelas

5 Tanda Nyata Bahwa Kamu sedang Iri dengan Hidup Orang Laincanva.com

Rasa iri juga bisa menimbulkan kebencian. Kamu akan dengan mudahnya membenci orang tertentu tanpa punya alasan yang mendasar. Semua itu karena rasa iri. Misal, kamu membenci kakak tingkatmu yang seakan punya segalanya, dan kemudian kamu membuat-buat alasan gak masuk akal untuk kebencianmu tersebut. Hayo, siapa yang suka begini nih?

Rasa iri memang memancing banyak sekali energi negatif ke dalam diri kita. Gak heran, berbagai reaksi negatif pun ikut mengiringinya. Kalau mau jauh-jauh dari hal yang negatif, benahi rasa iri dalam diri sejak sekarang ya. Setuju?

Baca Juga: Kunci Bahagia, 5 Tips Hilangkan Rasa Iri Hati & Cemburu pada Seseorang

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya