Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Terlalu Fokus Memikirkan Aspek Negatif dalam Dirimu

Kebiasaan buruk ini bikin kamu gak bisa berkembang

Siapapun tentu memiliki kekhawatiran dalam dirinya. Salah satunya adalah khawatir bahwa dirinya gak punya kelebihan. Memelihara pemikiran seperti ini akan cenderung membuatmu jadi fokus pada kekurangan yang dimiliki. 

Fisik yang gak menarik, kemampuan akademik yang biasa aja, gak punya keahlian apapun, dan seterusnya; emua itu adalah bentuk pola pikir yang hanya fokus pada kekurangan. Gak cuma itu aja, lho. Ini nih lima tanda lain yang jadi indikator kamu hanya fokus pada kekuranganmu saja.

1. Gampang insecure bahkan karena hal sepele

5 Tanda Kamu Terlalu Fokus Memikirkan Aspek Negatif dalam Dirimuilustrasi orang sedih (Pexels.com/Pham Khoai)

Seseorang yang selalu merasa dirinya dipenuhi kekurangan pasti akan sangat gampang insecure. Bahkan hanya karena salah menggunakan warna lipstik, misalnya, orang seperti ini bisa menarik diri dari lingkungan saat sebuah acara berlangsung. 

Jika kamu sering mengalaminya, ini yang membedakan kamu dengan orang yang penuh percaya diri. Mereka yang tahu dirinya punya kelebihan, pasti akan tetap berlenggang santai meski salah menggunakan kostum sekalipun. 

2. Takut melakukan hal baru di luar kebiasaan

5 Tanda Kamu Terlalu Fokus Memikirkan Aspek Negatif dalam Dirimuilustrasi orang menjahit (Pexels.com/cottonbro)

Hanya fokus pada kekurangan yang dimiliki juga akan membuatmu memiliki banyak ketakutan terutama saat harus mencoba hal baru.

Keluar dari zona nyaman saat gak punya kelebihan apa-apa memang akan bikin khawatir jika sampai melakukan kesalahan. 

Padahal, bisa jadi hal baru tersebut justru membawamu pada sebuah pengalaman baru yang dia sukai. Siapa tahu juga, kamu jadi mendapatkan keahlian di bidang tersebut. 

Baca Juga: 5 Pola Pikir Negatif Ini Bisa Jadi Penghambat Kerja Sama dalam Tim

3. Selalu khawatir jadi bahan gosip orang lain

5 Tanda Kamu Terlalu Fokus Memikirkan Aspek Negatif dalam Dirimuilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/Julia M Cameron)

Yang dipikirkan oleh mereka yang hanya fokus pada kekurangan adalah bagaimana pendapat orang lain tentangnya.

Apakah dia sudah berperilaku sesuai keinginan orang-orang? Apakah dia akan terbebas dari kritikan dan nyinyiran orang-orang? Dan lain sebagainya. 

Menjadi bahan gosip orang lain adalah ketakutan lain yang selalu menghantui orang tipe ini. Karena, mereka yakin bahwa dirinya gak punya kelebihan untuk dibicarakan orang-orang. 

4. Gampang overthinking terhadap reaksi orang lain

5 Tanda Kamu Terlalu Fokus Memikirkan Aspek Negatif dalam Dirimuilustrasi orang menangis (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Reaksi negatif yang keluar dari orang lain juga merupakan sesuatu yang sangat dikhawatirkan orang semacam ini. Mereka bisa memikirkannya hingga berhari-hari dan sampai ke tahap overthinking

Imbasnya, mereka rela jadi seorang people pleaser demi dianggap baik di mata orang lain. Padahal kalau begini terus malah jadi dimanfaatkan oleh orang lain, deh. 

5. Selalu menyalahkan diri sendiri

5 Tanda Kamu Terlalu Fokus Memikirkan Aspek Negatif dalam Dirimuilustrasi orang bersedih (pexels.com/Polina Zimmerman)

Hanya fokus pada kekurangan juga ditandai dengan mudahnya kamu menyalahkan diri sendiri atas apapun kejadian buruk yang terjadi di sekitarmu.

Contoh, karena si A kecelakaan, kamu jadi menyalahkan diri sendiri karena gak punya firasat yang kuat dan gak menahannya untuk pergi.  Atau, karena rumah digondol maling saat sedang bepergian, kamu mati-matian menyalahkan diri sendiri karena ceroboh dan gak mengecek pintu dua kali. 

Padahal, semua itu gak selalu terjadi karena kesalahanmu aja. Ada faktor lain juga yang mempengaruhinya. 

Patut diingat, semua manusia itu memang punya kekurangan, tapi kamu semua juga punya kelebihan. Hanya fokus pada ketidakmampuan cuma bikin kamu minder dan gagal menghadapi kerasnya dunia. Sebaliknya, fokus pada kelebihan akan bikin kamu bersinar dengan caramu sendiri nantinya.

Kamu mau jadi yang mana? 

Baca Juga: [QUIZ] Kuis Gambar Ini Bisa Ungkap Sifat Buruk yang Harus Diperbaiki di Tahun 2022

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya