Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Tanpa Sadar sedang Mengejar Pengakuan dari Orang Lain

Pencitraan terus, deh!

Motivasi setiap orang untuk menjalani hari demi hari tentu berbeda-beda. Ada yang berjuang demi keluarga, sekedar berharap bisa bahagia, dan sayangnya ada pula yang hidup untuk mendapat pengakuan dari orang lain.

Jika tujuan awal untuk menjalani kehidupan ini sudah salah, akan sangat mungkin kita berusaha mencapainya dengan cara yang juga salah, lho. Buktinya, demi bisa mendapat pengakuan, banyak orang yang rela melakukan apa aja bahkan dengan cara curang sekalipun. 

Nah, biar gak jadi orang yang seperti ini, yuk kita cek dulu apakah lima tanda berikut ada di diri kita. Jika iya, kita harus segera membenahi diri dan meluruskan niat kembali agar gak jadi orang yang hanya mengejar pengakuan belaka. 

1. Apa pun yang kamu lakukan bukanlah untuk diri sendiri

5 Tanda Kamu Tanpa Sadar sedang Mengejar Pengakuan dari Orang Lainilustrasi selfie (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pertama, kamu adalah orang yang mengejar pengakuan jika apapun yang dilakukan bukan untuk diri sendiri. Apa pun impian atau jenis pekerjaan yang kamu pilih, jika bukan untuk diri sendiri dan hanya berdasarkan gengsi atau demi bisa disanjung orang lain gak akan bikin kamu bahagia, lho. 

Hidup yang sementara ini jika hanya dilakukan untuk mengejar pengakuan akan bikin kamu melewatkan banyak hal yang bisa membahagiakanmu. Yakin mau terus hidup dengan cara demikian? 

2. Gak terima saat mendapat kritik

5 Tanda Kamu Tanpa Sadar sedang Mengejar Pengakuan dari Orang Lainilustrasi berdebat (pexels.com/Liza Summer)

Orang yang hidup untuk mendapat pengakuan biasanya sangat anti mendapat kritik. Sebuah kritik yang bahkan bertujuan untuk kebaikan pun bisa bikin dia meledak marah dan gak terima. Overthinking hingga berhari-hari hanya karena sebuah kritik bisa banget terjadi pada orang semacam ini. 

Alih-alih fokus pada solusi, orang seperti ini biasanya justru lebih menganggap kritik itu sebagai hinaan yang menjatuhkan harga dirinya. Ingat, kritik berbeda dengan menghina lho, ya. 

Baca Juga: 5 Akibat Buruk Jadi Cowok yang Anti Kritik, Catat Baik-baik!

3. Sibuk mengkonfirmasi apa pun yang kamu lakukan

5 Tanda Kamu Tanpa Sadar sedang Mengejar Pengakuan dari Orang Lainilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/fauxels)

Ketika ada yang gak sejalan atau sepemikiran denganmu, apa yang akan kamu lakukan? Menganggap itu sebagai hal yang wajar dan memakluminya atau berusaha meluruskan dan sibuk menjelaskan bahwa apa yang kamu lakukan itu benar?

Jika kamu memilih pilihan kedua, sangat mungkin selama ini kamu hidup untuk mendapat pengakuan. Kamu merasa semua orang harus melihat segalanya melalui sudut pandangmu dan membenarkan tindakan atau pilihanmu. Disalahkan atau dianggap berbeda sama sekali bukan sesuatu yang bisa kamu terima. 

4. Membangun image yang berbeda dari dirimu sendiri di media sosial

5 Tanda Kamu Tanpa Sadar sedang Mengejar Pengakuan dari Orang Lainilustrasi Instagram (pixabay.com/Wokandapix)

Siapakah kamu di media sosial? Apakah kamu adalah si perfeksionis yang sangat produktif, selalu sibuk setiap saat dan mengunggah semuanya di media sosial? Atau kamu adalah dirimu yang biasa yang sekedar membagikan hal-hal yang menurutmu bermakna? 

Seseorang yang mengejar pengakuan akan jadi orang yang berbeda di media sosial. Mereka akan cenderung mengunggah sesuatu demi mendapatkan pujian, bukan karena sekedar ingin. Kamu tipe yang mana? 

5. Cenderung melakukan kebaikan hanya saat dilihat orang lain

5 Tanda Kamu Tanpa Sadar sedang Mengejar Pengakuan dari Orang Lainilustrasi kegiatan sosial (pexels.com/RODNAE Productions)

Demi mendapat pengakuan, tentunya beberapa orang akan jadi sangat baik ketika ada orang lain yang menyaksikan. Meski terdengar manusiawi, tapi bukankah lebih wajar jika kita mau berbuat baik tanpa harus dilihat oleh orang lain? 

Hidup yang hanya mengejar pengakuan gak akan bisa membuat kita benar-benar merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya. Buat apa dipuji dan disanjung jika mental kita gak sehat dan malah tertekan? 

Luruskan niat dan tujuan jika memang ingin bahagia. Hiduplah untuk diri sendiri dan lakukan pencapaian serta kesuksesan dalam hal-hal yang kamu sukai. Selanjutnya, jika mendapat pujian, sikapi dengan sewajarnya dan jangan sombong. Siap, guys

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Jaga Tutur Kata saat Ngobrol dengan Orang Lain  

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya