Comscore Tracker

5 Tanda Bahwa Perjuangan Healing Berhasil, Mentalmu Sudah Pulih!

Siap menata hari kembali

Istilah healing sangat sering digunakan akhir-akhir ini untuk menamai kegiatan liburan, jalan-jalan, atau sekadar makan di luar. Nyatanya, healing adalah proses yang cukup panjang bagi orang yang memiliki masalah dengan kesehatan mental. Sebab healing memang harus mereka lakukan demi menata hati dan pikiran.

Healing sejatinya ditujukan untuk menyembuhkan mereka yang secara mental mengalami depresi atau berbagai gangguan lainnya. Ada banyak cara yang bisa dicoba bersama tenaga ahli seperti psikolog demi kesembuhan tersebut. Nah, ini nih lima tanda jika healing mu sudah berhasil. Yuk, simak!

1. Kamu sudah berdamai dengan keadaan

5 Tanda Bahwa Perjuangan Healing Berhasil, Mentalmu Sudah Pulih!ilustrasi wanita merenung (Pexels.com/John Paul Duhan)

Menerima bahwa itu semua adalah bagian dari diri dan masa lalumu adalah bentuk keberhasilan dirimu dalam berdamai dengan segala yang pernah terjadi. Sepahit apa pun pengalaman masa lalumu, kamu sudah bisa melihatnya sebagai proses pembentukan diri yang membuatmu jadi lebih baik. 

Healing yang kamu lakukan artinya sudah mulai menunjukkan tanda-tanda keberhasilan jika sudah sampai pada tahap ini. Hari-harimu juga sudah gak sesuram sebelumnya. 

2. Sudah memaafkan diri sendiri dan orang lain

5 Tanda Bahwa Perjuangan Healing Berhasil, Mentalmu Sudah Pulih!ilustrasi wanita tersenyum (Pexels.com/mentatdgt)

Keinginan untuk menyalahkan siapa-siapa atas kejadian pahit masa lalu juga perlahan mulai menghilang jika healing-mu sudah berhasil. Kamu perlahan mulai bisa memaafkan dirimu dan juga orang lain yang terlibat dalam kejadian tersebut. Sudah gak ada dendam yang tersisa dan batinmu pun mulai tenang.

Siapa pun yang salah dalam kejadian tersebut, tentunya juga gak ingin hal buruk seperti itu terjadi. Sehingga, kamu mulai bisa menerima dirimu kembali dan juga orang yang berkaitan dengan kejadian itu untuk kembali dalam hidupmu. 

Baca Juga: 5 Cara Efektif Tingkatkan Kesehatan Mental di Tempat Kerja, Cobain!

3. Sudah gak takut dengan pemicu kesedihanmu

5 Tanda Bahwa Perjuangan Healing Berhasil, Mentalmu Sudah Pulih!ilustrasi orang bermimpi (Pexels.com/Joshua Abner)

Tempat, barang, kenangan, bahkan orang yang sebelumnya bisa tiba-tiba membangkitkan kenangan pahit tersebut, biasanya kamu hindari karena gak ingin terluka. Namun, saat healing-mu berhasil, sudah gak ada lagi ketakutan atas hal-hal tersebut. 

Kamu justru bisa berlama-lama berada di tempat itu, atau memegang benda itu, atau ngobrol dan duduk bersama orang tersebut. Meski kadang kesedihan masih menggantung dan terasa, namun kamu sudah bisa mengendalikannya dan gak terjebak di sana untuk waktu yang lama. 

4. Sudah gak ada lagi rasa sesak ketika harus menceritakannya kembali

5 Tanda Bahwa Perjuangan Healing Berhasil, Mentalmu Sudah Pulih!ilustrasi orang berdebat (Pexels.com/Alexander Suhorucov)

Kenangan pahit masih akan terasa pahitnya sampai kapan pun. Apalagi jika ada trauma yang muncul dari situ. Namun, saat healing-mu berhasil, kamu akan bisa mengulang cerita itu dan menceritakannya pada orang lain.

Walaupun masih ada perasaan gak menyenangkan yang kamu rasakan, tapi setidaknya kamu sudah gak bereaksi berlebihan lagi. Menceritakannya pada orang lain justru semakin menguatkan hatimu dan membuat kamu lebih bisa menerimanya. 

5. Kamu siap berubah menjadi lebih baik

5 Tanda Bahwa Perjuangan Healing Berhasil, Mentalmu Sudah Pulih!ilustrasi orang minum (Pexels.com/destiawan nur agustra)

Healing yang sudah berhasil juga akan ditandai dengan kesiapan dirimu untuk berubah. Kamu siap menjadi sosok yang lebih baik, lebih ceria, dan lebih positif lagi setiap harinya. Kamu siap belajar menerima masukan yang datang demi dirimu yang lebih baik. 
Proses panjang yang kamu lalui untuk menyembuhkan luka di hati harus banget diapresiasi. Terutama jika keberhasilannya mulai terlihat.

Lima tanda di atas menjadi penanda bahwa kamu adalah orang yang kuat. Sebab pahitnya masa lalu gak mampu merubuhkan dan mematahkan semangatmu untuk menjemput hari esok yang lebih baik. Tetap semangat dan teruslah bahagia, ya! 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Berhasil Healing dari Trauma Masa Lalu, Selamat!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya