Comscore Tracker

5 Cara Efektif Tingkatkan Kesehatan Mental di Tempat Kerja, Cobain!

Buatmu jadi lebih nyaman

Dunia kerja kadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Sering kali berbagai masalah datang silih berganti, yang kemudian hal ini bisa membuatmu tidak nyaman hingga kamu merasa tertekan. Jika tekanan sudah ada, maka selanjutnya kesehatan mentalmu perlu kamu waspadai. Mental bisa jadi lebih buruk. 

Oleh karenanya, perlu ada usaha untuk membuat mentalmu menjadi sehat, bahkan jauh lebih baik lagi. Penasaran apa saja yang perlu dilakukan? Simak penjelasan berikut ini. 

1. Hindari mengecek ponsel setelah bangun tidur

5 Cara Efektif Tingkatkan Kesehatan Mental di Tempat Kerja, Cobain!ilustrasi tidur nyenyak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jangan langsung melihat ponsel saat kamu baru saja bangun dari tidurmu. Pasalnya, ketika kamu memeriksa ponsel tepat setelah bangun tidur, kamu membuat otakmu terganggu secara langsung. 

Melihat ponsel saat pertama kali di pagi hari itu sama dengan memiliki seratus orang di kamar tidur yang meneriaki dirimu. Dan, itu bukan cara terbaik untuk memulai hari. Alih-alih melakukannya, cobalah tingkatkan kesehatan mentalmu di tempat kerja dengan cara memulai pagimu melalui latihan yoga atau meditasi sehingga kamu dapat menjalani hari dengan sehat.

2. Fokus hanya pada kekuatan dirimu

5 Cara Efektif Tingkatkan Kesehatan Mental di Tempat Kerja, Cobain!ilustrasi pria bersemangat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Alih-alih berfokus pada kelemahanmu, berkonsentrasilah untuk menjadi dirimu yang sebenarnya. Manfaatkan kekuatan yang kamu punya dan cari proyek yang memberinya kepuasan. 

Pasalnya, ketika kamu menggunakan kekuatan yang kamu punya, aktivitas kamu kerjakan terasa alami bagi dirimu, dan kamu lebih mungkin mengalami pencapaian dalam karir untuk ke depannya. Selain itu, kekuatan yang kamu miliki pun akan terasa dengan baik. 

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Mengabaikan Kesehatan Mental, Bikin Terpuruk

3. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

5 Cara Efektif Tingkatkan Kesehatan Mental di Tempat Kerja, Cobain!ilustrasi kerja (pexels.com/LinkedIn Sales Navigator)

Ingatlah bahwa perbandingan adalah pencuri kebahagiaan. Ketika kamu membandingkan dirimu dengan orang lain, maka itu mengarah pada harga diri yang rendah dan ketidakbahagiaan. Sebaliknya, bandingkan dirimu dengan kamu yang kemarin, atau kamu di masa lalu. 

Berkonsentrasilah pada peningkatan kerja yang sehat, yang telah kamu lalui selama ini. Dengan begitu, kamu fokus pada siapa dirimu dan apa yang telah kamu capai tanpa merasa iri dengan pencapaian orang lain. 

4. Mulai berlakukan budaya bersyukur

5 Cara Efektif Tingkatkan Kesehatan Mental di Tempat Kerja, Cobain!ilustrasi pria bekerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Rasa syukur di tempat kerja dihubungkan dengan lebih sedikit stres, lebih sedikit rasa sakit, dan kepuasan yang lebih tinggi dengan pekerjaan dan rekan kerja yang kamu miliki. Salah satu cara untuk memulai latihan syukur adalah dengan menuliskan satu hal yang berjalan dengan baik hari itu. 

Ide lain adalah menulis catatan, kirim email atau menelepon seseorang yang ingin kamu bagi kebahagiaan. Menunjukkan rasa syukurmu pun bisa dilakukan dengan cara menghargai pekerjaan, rekan kerja, dan penghasilan yang kamu dapat. 

5. Bicaralah saat kamu memiliki masalah

5 Cara Efektif Tingkatkan Kesehatan Mental di Tempat Kerja, Cobain!ilustrasi perbincangan (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Tidak ada penderitaan yang lebih besar daripada menanggung cerita yang tak terhitung di dalam dirimu. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental adalah mengetahui bahwa kamu tidak sendirian saat kamu memiliki masalah di tempat kerja. 

Cara melakukannya, pertama temukan seseorang yang dapat kamu percayai, seperti teman, anggota keluarga, terapis, atau pelatih. Kemudian bagikan ceritamu dan masalah yang sedang kamu hadapi. 

Selain itu, kamu juga dapat membuka platform media sosial dan mencari grup komunitas online yang berfokus pada kesehatan mental di tempat kerja. Dengan bergabung dalam percakapan, kamu bisa berbagi keluar kesah dengan mereka dan juga dapat membantu orang lain.

Kesehatan mental di tempat kerja itu perlu diperjuangkan. Jangan sampai kamu merasa cemas, tidak nyaman dan tidak bahagia melakukan pekerjaan yang kamu miliki. Lakukan semua caranya di atas dan nikmati perubahannya. 

Baca Juga: 5 Alasan Bikin Jurnal Suasana Hati Itu Baik untuk Kesehatan Mental

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya