Comscore Tracker

Tidur Termasuk Ibadah di Bulan Ramadan? Ini Penjelasannya

#RamadanMasaKini Tapi jangan tidur terus sepanjang hari ya

Pernah kan mendengar kalimat bahwa tidurnya orang berpuasa itu termasuk ibadah? Banyak banget pasti deh di antara kalian yang jadi memperpanjang jam tidur dengan alasan tersebut. Gimana gak, tidur kan aktivitas yang menyenangkan banget untuk dilakukan. Terlebih dalam keadaan perut lapar dan gak bisa makan ataupun minum, tidur memang solusi yang paling ampuh.

Tapi, sebaiknya simak dulu nih penjelasannya daripada salah mengartikan soal tidur yang jadi ibadah di bulan Ramadan berikut ini.

1. Berpuasa merupakan ibadah, sehingga tidur dalam keadaan sedang beribadah tentulah bagian dari ibadah juga

Tidur Termasuk Ibadah di Bulan Ramadan? Ini Penjelasannyapexels/Acharaporn Kamornboonyarush

Banyak yang membenarkan kegiatan tidur sebagai bentuk ibadah. Meskipun hadis mengenai hal ini termasuk kategori dhaif atau lemah, namun gak sedikit yang tetap berpegang teguh dan menjadikan hal itu sebagai alasan untuk berbaring dan bermalas-malasan sepanjang hari. Duh, simak poin berikutnya ya guys!

2. Semua tergantung niat, niatkan tidur yang kamu lakukan tersebut sebagai bentuk ibadah

Tidur Termasuk Ibadah di Bulan Ramadan? Ini PenjelasannyaPexels.com/pixabay

Sebenarnya, semua kegiatan yang kita lakukan, selama itu baik dan diniatkan atas nama Allah, pastilah akan bernilai ibadah. Gak cuma tidur, bekerja, bersih-bersih, hingga membantu orangtua, selama niatnya untuk beribadah maka gak akan ada yang percuma kok.

Baca Juga: 6 Ibadah yang Bisa Dilakukan Wanita Haid Saat Ramadan

3. Daripada melakukan kegiatan lain yang tidak bermanfaat, lebih baik tidur kan?

Tidur Termasuk Ibadah di Bulan Ramadan? Ini Penjelasannyapexels.com/@elevate

Salah satu yang menyebabkan tidur termasuk kategori ibadah adalah apabila kita bandingkan dengan kegiatan lain yang tidak mengandung manfaat terlebih jika melakukan hal yang malah membatalkan puasa kita. Sebut saja contohnya seperti berkumpul bersama teman dan malah berghibah atau menggunjing orang lain. Kalau begini, tentu tidur lebih baik kan?

4. Tidur juga merupakan cara kita menjaga dan memelihara kesehatan yang diberikan Allah

Tidur Termasuk Ibadah di Bulan Ramadan? Ini Penjelasannyaunsplash/Christian Erfurt

Tidur, juga menjadi nilai ibadah apabila tujuannya adalah untuk menjaga dan memelihara kesehatan yang sudah diberikan oleh Allah swt. Misal, buat kamu yang sudah terjaga sepanjang malam untuk beritikaf di masjid, melakukan ibadah salat tahajud dan lain sebagainya. Tidur tentu sangat diperlukan untuk mengembalikan energi yang hilang. 

5. Walaupun begitu, ibadah yang sesungguhnya seperti salat dan mengaji tentu lebih baik dibanding tidur sepanjang hari

Tidur Termasuk Ibadah di Bulan Ramadan? Ini Penjelasannyaunsplash/David Monje

Bagaimanapun juga, ibadah yang sesungguhnya seperti salat dan mengaji tentu lebih utama dan lebih jelas nilai ibadahnya ketimbang hanya tidur. Apalagi jika tidur yang kita lakukan sudah berlebihan. Bukannya jadi ibadah, malah jadi nilai minus dan membuat kita lalai dalam melaksanakan perintah yang wajib. 

Jadi, masih ingin tidur sepanjang hari selama Ramadan? Yakin mau melewatkan kesempatan untuk berbuat baik dan mendapat pahala yang lebih?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You