Comscore Tracker

5 Tips Jadi Orang Asyik dan Gak Membosankan Saat Diajak Ngobrol

#IDNTimesLife Berlatihlah jadi pendengar yang baik!

Dalam kehidupan bersosial, tentu kita ingin menjadi sosok yang bisa membaur dengan siapa saja tanpa kesulitan. Gak jarang, kita juga ingin menjadi orang yang menyenangkan dan asyik diajak ngobrol oleh siapa aja. Namun, jika berusaha terlalu keras dalam hal ini, ujung-ujungnya kita jadi terlalu berlebihan dan bikin lawan bicara jadi gak nyaman.

Nah, sebenarnya untuk menjadi orang yang menyenangkan sebagai teman ngobrol, ada beberapa cara elegan yang bisa dilakukan, lho. Gak cuma asyik bagi orang lain, dengan mengikuti cara berikut ini, kita pun bisa menikmati obrolan dengan lebih santai dan enjoy. Yuk ikuti tips-tipsnya pada poin-poin berikut.

1. Pandai memilih topik pembicaraan berdasarkan siapa yang diajak bicara

5 Tips Jadi Orang Asyik dan Gak Membosankan Saat Diajak NgobrolPexels.com/sk

Ketika memulai obrolan dengan siapa pun, terutama orang yang belum terlalu kita kenal jauh, wajib banget nih untuk mempertimbangkan latar belakang orang tersebut. Misal, jika dia adalah seorang petani, obrolan seputar pertanian pasti akan sangat menarik bagi orang tersebut. Jika dia adalah mahasiswa, maka kehidupan kampus dan sekitarnya pastilah akan bikin kalian lebih dekat.

Intinya, perlu banget untuk memilih topik yang sesuai dengan lawan bicara yang kita ajak bicara. Karena, ini akan mempengaruhi aliran percakapan selanjutnya. 

2. Suka menjadi pendengar

5 Tips Jadi Orang Asyik dan Gak Membosankan Saat Diajak Ngobrolpexels.com/fauxels

Tips yang kedua tentunya adalah kalian harus menyenangi kegiatan mendengar terlebih dahulu. Gak sembarang orang lho bisa menjadi pendengar yang tenang dan antusias. Terkadang, kebanyakan orang justru lebih senang membicarakan soal dirinya apalagi soal pencapaiannya. Duh, kalau begini sih fix banget kamu bukan teman ngobrol yang asyik. 

3. Berpikiran terbuka dan gak gampang menghakimi

5 Tips Jadi Orang Asyik dan Gak Membosankan Saat Diajak Ngobrolunsplash.com/Christin Hume

Berpikiran terbuka dan bersedia menerima berbagai macam ilmu baru dari lawan bicara juga merupakan kunci utama untuk bisa menjadi orang yang asik diajak ngobrol. Kamu gak akan terlihat monoton dan kaku jika bisa menerima pemikiran orang lain dengan lebih santai. Selalu berpikiran terbuka dan gak gampang menghakimi orang lain hanya karena sudut pandangnya berbeda denganmu, ya.

Baca Juga: 7 Sifat dalam Diri yang Membuat Seseorang Nyaman jadi Temanmu

4. Gak takut mengemukakan pendapat

5 Tips Jadi Orang Asyik dan Gak Membosankan Saat Diajak Ngobrolpexels.com/@asadphotography

Orang yang asik juga perlu untuk tetap bicara dan membiarkan percakapan mengalir. Salah satunya adalah dengan mengemukakan hasil pemikirannya sendiri. Tapi ingat, jangan ngotot dan merasa sebagai yang paling benar. Jika orang lain punya pendapat berbeda, maka kita gak punya hak untuk melarang dia berpendapat demikian.

5. Tetap sopan dan tau situasi

5 Tips Jadi Orang Asyik dan Gak Membosankan Saat Diajak Ngobrolpexels.com/Cliff Booth

Pastinya, untuk menjadi orang yang asyik kita harus tetap tau arti sopan santun dan tau batasan. Gak semua hal bisa dibahas begitu aja sama semua orang. Selain itu, kita juga harus bisa membaca situasi. Ketika dalam keadaan santai, gak perlu membahas hal-hal yang terlalu serius. Nanti kamu akan dicap terlalu kaku dan gak menyenangkan.

Pada dasarnya, menjadi orang yang asyik sebagai teman ngobrol tuh gak usah terlalu dipaksakan. Selain mengikuti lima tips di atas, kita juga sebenarnya perlu untuk terus banyak membaca dan membuka wawasan. Hal ini supaya saat ngobrol dengan siapa pun kita bisa tetap gak kehabisan topik pembicaraan. Setuju? 

Baca Juga: 6 Sifat yang Bisa Menjadikanmu Ayah Idola bagi Anak, Komunikatif!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya