Comscore Tracker

Waspada, Ini 5 Bahaya Waktu Luang yang Perlu Kamu Tahu

Bisa membuat terlena dan lupa segalanya!

Kesibukan yang berlebihan memang gak baik dan bisa membahayakan kita baik secara fisik maupun mental. Namun, ternyata waktu luang pun sama berbahayanya lho. Sayangnya, gak banyak orang yang menyadari bahwa waktu luang ini cukup berbahaya dan bahkan bisa mengancam masa depan juga.

Makanya, kali ini IDN Times akan mengingatkan kamu kembali soal bahaya waktu luang ini. Gunanya, agar kamu bisa segera bangkit dan termotivasi untuk melakukan aktivitas sekarang juga.

Ini nih 5 bahaya dari waktu luang yang bisa mengintaimu setiap saat.

1. Dikhawatirkan kamu akan mengisinya dengan hal-hal yang tidak bermanfaat

Waspada, Ini 5 Bahaya Waktu Luang yang Perlu Kamu Tahuunsplash/Thu' Anh

Salah satu bahaya waktu luang adalah jika kamu sampai menggunakannya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat hingga sampai merusak kesehatan tubuhmu. Seperti misalnya mengonsumsi makanan instan berlebih konsumsi makanan lain yang tidak baik untuk kesehatan.

2. Membuat dirimu terlena dan gak menghasilkan apa-apa

Waspada, Ini 5 Bahaya Waktu Luang yang Perlu Kamu Tahuunsplash/Siavash Ganbari

Selain melakukan kegiatan yang gak berfaedah, waktu luang juga biasanya kita isi dengan hal-hal yang gak menghasilkan apapun. Misalnya,seperti bersantai atau tidur yang terlalu lama. Bukankah ini merupakan kegiatan yang gak memberi manfaat apapun? Beristirahat tentu boleh saja, tapi secukupnya saja dan gak berlebihan ya.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Positif Ini Biar Waktu Luangmu Gak Sia-sia

3. Menjebakmu dalam zona nyaman

Waspada, Ini 5 Bahaya Waktu Luang yang Perlu Kamu Tahuunsplash/NeONBRAND

Memiliki banyak waktu luang juga bisa menjebak kamu dalam zona nyaman yang berkepanjangan. Zona nyaman ini berpotensi untuk menjerat kamu semakin dalam dan semakin tidak produktif. Sehingga, keahlian apapun yang kamu miliki bisa hilang begitu saja nantinya. Duh, gak mau kan?

4. Hilangnya keinginan untuk berkembang dan maju

Waspada, Ini 5 Bahaya Waktu Luang yang Perlu Kamu Tahuunsplash/Emma Frances Logan

Jika sudah menikmati waktu luang dalam jangka waktu yang lama, kemungkinan kamu jadi kehilangan keinginan untuk melakukan sesuatu. Terlebih lagi, kamu bisa kehilangan keinginan untuk berkembang dan maju. Kalau hal ini sampai terjadi, jangan mimpi kesuksesan akan menghampirimu dalam waktu dekat ya.

5. Terjerat dalam rasa malas berkepanjangan

Waspada, Ini 5 Bahaya Waktu Luang yang Perlu Kamu Tahuunsplash/Max Felner

Waktu luang memang berbahaya, salah satunya adalah munculnya rasa malas yang berkepanjangan. Sudah tahu kan bahaya dari rasa malas itu sendiri? Ini adalah penyakit yang hanya bisa disembuhkan oleh dirimu sendiri lho. Makanya lebih mudah untuk menghindarinya daripada menyembuhkannya. 

Buat kamu yang merasa memiliki banyak waktu luang, cobalah manfaatkan dengan hal yang berguna. Atau, jika memungkinkan carilah kesibukan agar gak banyak waktu luang yang tersisa dalam hidupmu. 

Baca Juga: 5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Waktu Luang

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You