Comscore Tracker

5 Hal yang Terjadi pada Introvert saat Berkumpul, Selalu Memperhatikan

Tidak sepenuhnya diam, lho!

“Kok diam aja, sih?” seorang introvert tentunya sangat familier dengan pertanyaan seperti itu. Saat sedang berkumpul dengan orang lain, seorang introvert juga biasanya tidak benar-benar dam, lho! Berikut 5 hal yang dirasakan seorang introvert saat berkumpul dengan orang lain.

1. Mendengarkan

5 Hal yang Terjadi pada Introvert saat Berkumpul, Selalu MemperhatikanIlustrasi mendengarkan (by George Milton on Pexels)

Meski terlihat cuek, sebenarnya seorang introvert mendengarkan dengan baik  apa yang dikatakan oleh lawan bicaranya. Bahkan tidak jarang jika ada hal yang membuatnya terkesan, kalimat itu akan terus-menerus ada dalam ingatannya.

Namun, jika ia berada dalam pembicaraan yang menurutnya kurang menarik, ia bisa menahan diri untuk tidak berpendapat sama sekali.

2. Memperhatikan orang-orang di sekelilingnya

5 Hal yang Terjadi pada Introvert saat Berkumpul, Selalu MemperhatikanIlustrasi menatap (by: cottonbro on Pexels)

Selain pandai mengenali diri sendiri, seorang introvert juga sangat memperhatikan orang-orang di sekitarnya. Ia bisa mengetahui kesukaan orang di sekelilingnya melalui gerak-gerik atau kebiasaan orang tersebut tanpa perlu diberi tahu. Tidak heran jika ia dianggap sebagai sosok yang sangat peka oleh teman-temannya.

Baca Juga: 5 Tips Mengembangkan Diri buat Introvert, Cobain!

3. Jarang bersuara tapi isi kepalanya ramai

5 Hal yang Terjadi pada Introvert saat Berkumpul, Selalu MemperhatikanIlustrasi diam (by Anastasia Shuraeva on Pexels)

Bagi seorang introvert, berbicara dengan diri sendiri bukanlah hal asing. Ia seringkali terlihat tenang, meskipun isi kepalanya sedang berisik. Jika si introvert tidak bersuara, bukan berarti dia sepenuhnya diam saja, sebab terkadang ia terlalu sibuk berdialog dalam pikirannya sendiri.

4. Peka terhadap suasana di sekitarnya

5 Hal yang Terjadi pada Introvert saat Berkumpul, Selalu MemperhatikanIlustrasi mendengarkan (by George Milton on Pexels)

Kepekaannya membuat seorang introvert mudah membaca situasi. Ia akan segera menyadari jika ada yang tidak beres dengan lawan bicaranya. Mungkin keterampilan berbicaranya kadang terlihat kurang baik, namun ia adalah sosok pendengar yang baik. Itu sebabnya, tak jarang ia dijadikan sebagai tempat curhat oleh orang-orang di sekitarnya.

5. Merasa cepat lelah

5 Hal yang Terjadi pada Introvert saat Berkumpul, Selalu MemperhatikanIlustrasi lelah (by Ron Lach on Pexels)

Berada di tengah keramaian saja sudah membuatnya cukup lelah, apalagi jika harus bersuara, berpendapat, atau bahkan melontarkan kalimat basa-basi. Ia akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyendiri setelahnya. Itulah sebabnya ia lebih sering diam saat berkumpul.

Namun, seorang introvert bisa berubah drastis jika ia bertemu dengan orang yang bisa dipercaya dan membuatnya merasa nyaman. Jangan heran jika kamu menemukan temanmu yang pada awalnya sangat pendiam, namun seiring berjalannya waktu justru ia jadi banyak bersuara, atau bahkan tingkahnya pun terlihat konyol.

Bukan kepribadiannya yang berubah, tapi itu tandanya kamu merupakan orang yang ia percaya dan berhasil membuatnya merasa nyaman. 

Baca Juga: 5 Sumber Kebahagiaan Seorang Introvert, Benar Begitu?

Dhini Chalista Photo Verified Writer Dhini Chalista

Dinilai sebagai pendiam oleh banyak orang, namun sebenarnya memiliki isi kepala yang cukup berisik.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya