Comscore Tracker

Biografi dan Profil Farah Quinn, Keliling Dunia untuk Belajar Masak

Chef yang identik dengan jargon "This is it!"

Para pencinta program kuliner di televisi pasti sudah gak asing lagi dengan Chef Farah Quinn. Koki selebriti yang identik dengan jargon "This is it!" saat menyajikan makanan ini sudah melanglang buana di dunia kuliner. 

Ia pun sempat tinggal lama di Amerika Serikat untuk belajar dan berkarier di bidang kuliner. Meski Farah Quinn sudah lama tak muncul di layar kaca, ia masih terus berkarya di bidang yang disukainya sejak kecil ini.

Lalu, bagaimana kabar chef yang satu ini? Yuk, simak biografi, profil dan biodata Chef Farah Quinn berikut ini!

1. Profil dan Biodata Farah Quinn

Biografi dan Profil Farah Quinn, Keliling Dunia untuk Belajar Masakinstagram.com/farahquinnofficial

Nama: Farah Farhanah Quinn

Tanggal lahir: Bandung, 8 April 1980

Agama: Islam

Pendidikan: Indiana University of Pennsylvania dan Pittsburgh Culinary Institute, Amerika Serikat

Suami: Carson Quinn (cerai)

Anak: Armand Fauzan Quinn 

Orangtua: H. Ir. Fauzan Rahim (Ayah) dan Nyayu Rachmawaty (Ibu)

Tahun aktif: 2008-sekarang

Akun Instagram: @farahquinnofficial

2. Belasan tahun menimba ilmu dan membangun karier di Amerika Serikat

Biografi dan Profil Farah Quinn, Keliling Dunia untuk Belajar Masakinstagram.com/farahquinnofficial

Farah Quinn menghabiskan masa kecilnya di Sumatra. Ia kerap membantu ibunya saat memasak. Sejak saat itulah, ia mulai tertarik dengan dunia kuliner. 

Sebelum menggeluti dunia kuliner secara profesional, sosok Farah Quinn pernah berkuliah jurusan Keuangan di Indiana University of Pennsylvania, Amerika Serikat. Sebenarnya hal tersebut bertentangan dengan keinginannya, tetapi ia tetap menjalani program studi tersebut. 

Setelah lulus kuliah pada 2001, ia memutuskan memulai karier dengan bekerja di sebuah restoran Italia yang populer di Pennsylvania, Amerika Serikat. Bekerja di restoran membuat dirinya semakin tertarik mendalami dunia kuliner.

Akhirnya, ia mengenyam pendidikan di Pittsburgh Culinary Institute, Amerika Serikat, menekuni spesialisasi di bidang pastry. Setelah belajar di tempat tersebut, ia memulai kariernya dengan magang di Arizona Biltimore Resort, Amerika Serikat. 

Dia juga kerap mengikuti berbagai kompetisi memasak untuk menambah pengalaman dan ilmu dalam bidang kuliner. Salah satunya World Pastry Championship. 

Setelah merasa cukup dengan ilmunya, ia memutuskan membuka restoran bersama mantan suaminya, Carson Quinn, pada 2003. Berkat kegigihannya, restoran tersebut pernah mendapatkan penghargaan. 

Setelah belasan tahun membangun karier dan menimba ilmu di Negeri Paman Sam, Farah memutuskan kembali ke Indonesia pada 2008. 

3. Hobi traveling sekaligus belajar memasak

Biografi dan Profil Farah Quinn, Keliling Dunia untuk Belajar Masakinstagram.com/farahquinnofficial

Selain kecintaannya dalam memasak yang sudah mendarah daging, wanita berdarah Palembang ini juga hobi traveling. Namun, hobinya tersebut bukan sekadar bersenang-senang.

Ia selalu memanfaatkan momen traveling untuk mengenal kekayaan kuliner daerah atau negara yang ia kunjungi, sekaligus mempelajari teknik memasaknya.

Farah juga kerap menghadiri berbagai acara kuliner dunia yang membuatnya bisa mencicipi makanan, sembari melihat cara kerja para koki profesional. 

Baca Juga: Biografi dan Profil Renatta Moeloek, Tur ke Eropa Demi Indonesia

4. Menuai kesuksesan dalam beberapa program televisi

Biografi dan Profil Farah Quinn, Keliling Dunia untuk Belajar Masakyoutube.com/farahquinn

Saat kembali ke Indonesia, ia bertemu Helmy Yahya yang saat itu menjadi seorang presenter di salah satu stasiun televisi. Farah Quinn ditawarkan sebagai bintang tamu dalam acara tersebut.

Sampai pada akhirnya, ia mendapat tawaran sebagai pembawa program Ala Chef di Trans TV. Program yang mengudara sejak 2008 tersebut membuat dirinya semakin dikenal luas, baik di dalam maupun luar negeri. Penampilannya yang menarik serta pembawaannya yang khas membuat nama Farah Quinn dikenal sebagai koki selebriti. 

Pada akhir 2012, ia menjadi pembawa program The Big Break di Asian Food Channel. Tak heran jika ia pernah dianugerahi Panasonic Gobel Awards 2013 untuk kategori Presenter Hobi dan Gaya Hidup Terfavorit. Wah, keren banget, ya! 

5. Aktif di bisnis kuliner dan YouTube channel

Biografi dan Profil Farah Quinn, Keliling Dunia untuk Belajar Masakinstagram.com/farahquinnofficial

Meskipun kini sudah tak terlihat lagi di layar kaca, Farah Quinn masih aktif membagikan kegiatannya di Instagram dan channel YouTube-nya. Ia kerap berbagai tips dan resep memasak di akun media sosialnya tersebut.

Bisnis kuliner yang digelutinya pun masih berjalan hingga sekarang, seperti toko kue online bernama Cookie Love FQ dan toko kue Queen Apple di Malang.

Nah, itulah biografi profil dan biodata singkat Chef Farah Quinn yang selalu tampil menarik membawakan acara masak-memasak. Semoga info kali ini bisa menginspirasi, khususnya buat kamu yang ingin mendalami dunia kuliner. 

Baca Juga: Biografi dan Profil Sisca Soewitomo yang Pernah Hampir Jadi Dokter

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya