Comscore Tracker

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Luka hati bisa gak, ya? Eh~

Bekas luka membandel di bagian tubuh yang terbuka, sering bikin gak percaya diri. Kalau dibiarkan hilang dengan sendirinya, pasti butuh waktu relatif lama. Bisa, sih dihilangkan dengan krim atau salep khusus. Namun, harus sesuai anjuran dokter.

Jika ingin menjajal langkah alami, kamu gak perlu membeli krim khusus. Asalkan dilakukan rutin, pasti ampuh!

Berikut ini IDN Times bakalan kasih kamu beberapa tips atau cara menghilangkan bekas luka yang membandel secara cepat dan menggunakan bahan alami. Sehingga aman tuk kamu coba sendiri! Penasaran? Langsung ajah simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya.

1. Ampas teh kantong

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & AlamiPexels/Leah Kelley

Doyan minum teh di pagi atau sore hari? Jangan langsung buang teh kantong sisa seduhan. Simpan dalam kulkas semalaman, lalu gunakan untuk mengompres bekas luka keesokan harinya.

Ampas teh juga dikenal ampuh menyamarkan warna gelap pada kantong mata. Kandungan polifenol di dalamnya, berperan sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas.

Senyawa aktif ini juga, yang berperan menyamarkan bekas luka pada kulit. Jika rutin dilakukan, bekas luka bahkan bisa hilang seluruhnya.

2. Teh hijau

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & AlamiPexels/Rawpixel

Manfaat teh hijau juga tinggi karna ada Kandungan polifenol dan juga bagus digunakan untuk menyamarkan bekas luka. Caranya, seduh daun teh hijau dengan sedikit air panas hingga mengembang. Tunggu hingga dingin, lalu gosokkan pada area bekas luka secara lembut.

Jika ingin mendapatkan sensasi dingin, simpan dulu daun teh hijau yang sudah diseduh selama beberapa jam dalam kulkas. Sensasi dingin ini juga baik untuk merelaksasi kulit. Rutin melakukan cara ini, bisa menghilangkan bekas luka dengan cepat dan alami lho!

3. Madu

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alamifreepik/newfabrika

Selain sebagai suplemen makanan, madu memiliki khasiat untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dan antibakteri di dalamnya, membuat kulit lebih halus, sehat, dan tampak cerah.

Untuk membantu menghilangkan bekas luka, rutinlah mengoles madu di area yang diinginkan. Jadikan madu seperti masker dan biarkan selama 20-30 menit hingga membentuk lapisan yang agak mengeras. Bilas dengan air.

4. Minyak zaitun

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alamifreepik/Freepik

Sejak zaman dahulu minyak zaitun banyak digunakan oleh perempuan Timur Tengah dalam perawatan kulitnya. Minyak zaitun memang gak hanya berfungsi sebagai pelembap alami, tapi juga mampu menangkal radikal bebas.

Mengoleskan minyak zaitun secara rutin pada bekas luka, bisa membantu pemulihan lebih cepat. Kandungan senyawa aktif di dalamnya, merangsang regenerasi sel kulit dan mengembalikan warnanya seperti semula.

5. Cuka apel

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alamipexels/rawpixel

Populer sebagai obat jerawat alami, cuka apel mengandung asam asetat, sitrat, laktat, dan suksinat yang berperan sebagai anti bakteri. Cairan ini juga ampuh menghilangkan bekas luka. Cukup mengoleskannya secara rutin pada bagian yang diinginkan, bekas lukamu perlahan memudar.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Basa-basi Diperlukan di Tempat Kerja

6. Lidah buaya

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alamifreepik/Freepik

Gak salah jika lidah buaya dijuluki sebagai tumbuhan sejuta manfaat. Khasiatnya mulai dari menjaga kesehatan rambut, menyehatkan kulit, hingga membantu penyembuhan luka. Sensasi dingin dari gel lidah buaya, juga baik untuk merelaksasi kulit.

7. Kapsul vitamin E

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alaminutraingredients.com

Vitamin E berperan sebagai antioksidan dan antiradikal alami untuk tubuh manusia. Gak heran, banyak produk perawatan tubuh yang menyertakan ekstrak vitamin E di dalamnya.

Agar bekas luka cepat hilang dan warna kulit kembali normal, kamu bisa menggunakan cairan dari kapsul vitamin E sebagai obat oles. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin E tinggi, seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan.

8. Minyak kelapa

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & AlamiUnsplash/Roberta Sorge

Kulit di sekitar bekas luka, biasanya jadi lebih kering dan terasa gatal di tepiannya. Hasrat ingin menggaruk pasti sulit ditahan. Padahal jika INI dilakukan, akan berpotensi memperlebar bekas luka.

Mengoleskan minyak kelapa di area bekas luka, bagus untuk menjaga kelembapan kulit. Proses pemulihan juga bisa berlangsung lebih cepat. Selain minyak kelapa, bisa juga menggunakan virgin coconut oil (VCO).

9. Hindari mengelupas bekas luka

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alamifreepik/chatchawan39

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, yang gak kalah penting adalah menahan keinginan mengelupas bekas luka. Rasanya memang gatal dan gak nyaman, apalagi melihat tepian luka mulai sedikit mengelupas.

Bekas luka yang dikelupas paksa, bisa memicu peradangan hingga infeksi. Bukannya sembuh, malah berpotensi terciptanya luka baru. Proses pemulihan pun jadi makin lama.

10. Tutup luka seperlunya

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alamifreepik/Rawpixel

Menutup bekas luka yang masih basah, bukanlah cara terbaik untuk menyamarkannya. Justru penutupan ini membuat luka jadi lembap dan sulit kering.

Biarkan luka dalam kondisi terbuka namun tetap jaga kebersihannya. Tutup luka seperlunya dan hanya dalam kondisi mendesak. Misalnya, saat akan berolahraga, bepergian jauh, atau harus menggunakan pakaian tertentu.

Dengan menerapkan 10 metode cara menghilangkan bekas luka di atas, kamu gak perlu cemas lagi pada bekas luka yang membandel. Lakukan secara teratur biar hasilnya maksimal, yuk! Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Suka Kebebasan, Ini 7 Cara Ampuh Menaklukan Hati Zodiak Sagitarius

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Wendy Novianto

Just For You