Comscore Tracker

3 Hobi Ini Bawa Untung di Tengah Pandemik, Menambah Cuan dan Wawasan!

Apa hobimu selama pandemik ini?

Harus diakui, keberadaan teknologi dan internet sangat membantu di tengah pandemik COVID-19. Gak cuma menghibur, beberapa hobi yang bermodalkan internet dan gawai ternyata mendatangkan keuntungan di masa sulit ini. 

Berikut tiga hobi menguntungkan yang menarik dicoba. Modal koneksi internet, smartphone, dan laptop, bisa menambah cuan juga wawasan, lho! Mau tahu caranya?

1. Membaca bacaan digital

3 Hobi Ini Bawa Untung di Tengah Pandemik, Menambah Cuan dan Wawasan!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Minat baca masyarakat Indonesia meningkat di tengah pandemik COVID-19. Meski aktivitas membaca lebih banyak dilakukan melalui gawai dan internet, hal ini tetap menjadi kabar baik, lho. Bisa menambah wawasan, kan?

Kini banyak tersedia platform membaca digital, mulai dari buku-buku best seller dalam format PDF, hingga karya fiksi dari penulis lokal. Kamu paling membaca apa, nih selama pandemik?

2. Menulis di platform digital

3 Hobi Ini Bawa Untung di Tengah Pandemik, Menambah Cuan dan Wawasan!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Gak cuma membaca, kamu juga bisa menghasilkan karya tulis sendiri bermodalkan gawai dan internet. Kegiatan ini termasuk hobi yang banyak digeluti di tengah pandemik.

Ada beberapa platform menulis digital yang bisa dijajal, salah satunya Storial.co. Apalagi buat para penggemar karya fiksi, Storial.co sudah banyak menerbitkan cerpen hingga novel secara digital. Tentunya, setiap penulis berpeluang mendapat royalti. Seru, kan?

3. Bermedia sosial

3 Hobi Ini Bawa Untung di Tengah Pandemik, Menambah Cuan dan Wawasan!IDN Times/Rizka Yulita

Jangan salah, bermedia sosial gak cuma menghibur tapi juga berpeluang mendatangkan penghasilan tambahan. Bisa dipadukan dengan hobi menulis, manfaatkan media sosial untuk mempromosikan karya yang sudah kamu buat.

Semakin banyak pembaca yang mengakses karyamu, makin besar juga kan peluang mendapat penghasilannya?

Baca Juga: Pandemik COVID-19, New Normal Bukan Sekadar Buka Mal

4. Storial.co mencatat kenaikan traffic sebesar 350 persen selama pandemik

3 Hobi Ini Bawa Untung di Tengah Pandemik, Menambah Cuan dan Wawasan!storial.co

Peningkatan minat membaca dan menulis masyarakat Indonesia di tengah pandemik COVID-19 juga dirangkum oleh Storial.co. Platform lokal untuk membaca dan menulis secara digital ini mengalami peningkatan traffic mencapai 350 persen di bulan Maret-Mei 2020.

Rata-rata jumlah bab cerita yang dibaca pengguna per minggunya mencapai angka 60. Begitu juga cerita baru yang masuk, jumlah penulis pun bertambah di tengah pandemik ini. Apakah kamu salah satu pengguna setia Storial.co?

5. Meningkatnya minat baca bikin penulis kecipratan royalti besar

3 Hobi Ini Bawa Untung di Tengah Pandemik, Menambah Cuan dan Wawasan!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Peningkatan minat baca di tengah pandemik turut menaikkan jumlah royalti yang diterima penulis. Steve Wirawan, CEO Storial, menyebutkan ada beberapa penulis yang menerima royalti hingga lima kali lipat nilai UMR daerahnya. Wah, mantap betul!

Gimana, kamu tertarik gak menjadikan menulis sebagai hobi baru di tengah pandemik ini?

Baca Juga: Bagaimana Melahirkan yang Aman di Tengah Pandemik? Ini Persiapannya!

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya