Comscore Tracker

7 Jenis Bahan Baju Lebaran Terbaik, Nyaman dan Menyerap Keringat

#RamadanMasaKini Wajib masuk daftar koleksi, nih

Sudah mulai berbelanja baju Lebaran? Ada beberapa hal yang dipertimbangkan seseorang sebelum membeli baju. Mulai dari harga, merek, kualitas jahitan, hingga jenis kain. Apalagi untuk momen sepenting Idulfitri, inginnya tampil menawan dengan baju yang nyaman dipakai.

Berikut ini ada tujuh rekomendasi jenis bahan baju Lebaran terbaik. Karakter kainnya lembut dan menyerap keringat, nyaman dipakai kumpul keluarga hingga silaturahmi seharian.

1. Kain rajut

7 Jenis Bahan Baju Lebaran Terbaik, Nyaman dan Menyerap KeringatPexels/Rawpixel

Blus hingga dress berbahan kain rajut kini makin beragam modifikasinya. Mulai dari permainan warna, model, hingga kombinasi dengan kain lainnya. Baju berbahan kain rajut sangat direkomendasikan untuk outfit Lebaranmu nanti.

Kesan elegan kain rajutan bisa dipadupadan dengan bawahan berbahan apa saja, atau digunakan sebagai outer. Daya serap keringatnya pun cukup baik, menjagamu tetap tampil percaya diri seharian.

2. Kain rayon viscose

7 Jenis Bahan Baju Lebaran Terbaik, Nyaman dan Menyerap Keringatlibas.in

Rayon viscose dikenal sebagai sutra buatan dalam industri tekstil. Karakter kainnya sangat halus dan gak mudah kusut. Kesan mengilapnya membuat kain rayon banyak dijadikan bahan gamis, gaun dan blus.

Meski ringan, daya serap kain rayon viscose terbilang baik. Nyaman digunakan untuk waktu lama dalam cuaca panas sekalipun.

3. Kain katun

7 Jenis Bahan Baju Lebaran Terbaik, Nyaman dan Menyerap Keringatrawza.in

Katun adalah jenis kain yang paling tinggi peminatnya. Dibuat dari serat kapas ringan yang kuat, daya serapnya sangat bagus dan nyaman di kulit. Kain ini cocok dijadikan atasan, dress panjang, hingga celana formal.

Untuk kamu yang aktif bergerak dan lebih suka pakaian longgar, pilih baju berbahan katun stretch. Serat kainnya dimodifikasi sehingga bersifat lentur dan bisa melar sampai panjang tertentu.

4. Kain katun Jepang

7 Jenis Bahan Baju Lebaran Terbaik, Nyaman dan Menyerap KeringatInstagram/shireensungkar

Jenis katun yang belakangan sedang naik daun dijadikan bahan gamis dan blus adalah katun Jepang. Bahan bakunya adalah seratus persen serat kapas halus, sehingga kualitasnya lebih baik dibanding katun biasa dan jenis katun lainnya.

Daya serap katun jepang lebih baik dan tekstur lembutnya sangat nyaman di kulit. Harganya memang lebih tinggi dibanding jenis katun lain, tapi sebanding dengan kenyamanan saat dipakai.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Kain Gamis dan Jilbab Terbaik, Sudah Punya yang Mana?

5. Kaus cotton combed

7 Jenis Bahan Baju Lebaran Terbaik, Nyaman dan Menyerap Keringatfreepik/jcomp

Tampil kasual saat Idulfitri gak ada salahnya, kan? Baju-baju berbahan kaus cotton combed sangat nyaman dan lembut saat dipakai. Daya serapnya sangat baik, nyaman untuk segala kondisi cuaca meski dipakai cukup lama.

Kain cotton combed pada dasarnya dibuat seperti katun biasa. Namun pada tahap akhir dilakukan penyisiran (combed) pada serat kainnya, sehingga lebih halus dan gak nampak berbulu.

Kain cotton combed punya tiga ukuran yaitu 20s, 24s dan 30s. Keterangan ukuran ini biasanya juga dicantumkan pada label deskripsi baju. Semakin besar angka, makin lentur dan lembut pula karakter kainnya.

6. Kain linen

7 Jenis Bahan Baju Lebaran Terbaik, Nyaman dan Menyerap Keringatdhgate.com

Dress atau atasan berbahan linen sangat cocok digunakan di momen Idulfitri. Teksturnya lembut dan halus, serta memberi rasa sejuk saat menyentuh kulit. Daya serapnya pun terbilang baik, gak mudah kotor kecuali terkena noda berat.

Kain linen memiliki serat halus yang nampak jelas jika dilihat dari jarak dekat. Kain ini identik dengan warna-warna pucat, tinggal dipadupadan dengan outfit lain berwarna bold.

Tapi ada satu kekurangan baju berbahan linen, yaitu mudah kusut dan meninggalkan bekas tajam jika terlipat. Selebihnya, outfit berbahan linen sangat nyaman dikenakan di momen Idulfitri.

7. Kain cashmere

7 Jenis Bahan Baju Lebaran Terbaik, Nyaman dan Menyerap Keringatchesslyre.com

Ingin tampil simpel namun tetap elegan di Hari Raya Idulfitri? Coba lirik baju-baju berbahan cashmere, atau dikenal juga sebagai kain kashmir. Kain yang berasal dari India ini terbilang mahal di pasaran karena kualitasnya pun sebanding.

Cashmere pada awalnya dibuat dari serat kulit domba asli. Warnanya pun bernuansa gelap seperti cokelat, hitam dan putih tulang. Seiring perkembangan zaman, proses pewarnaan menghasilkan beberapa modifikasi warna dari kain cashmere.

Daya serap kain cashmere sangat baik. Tekstur halus dan lembutnya pun nyaman di kulit. Cahsmere biasanya digunakan sebagai bahan rok, gamis, blus dan pasmina.

Baju berbahan ketujuh kain di atas wajib banget masuk koleksimu, nih. Kualitasnya baik dan nyaman saat dipakai. Mana yang paling membuatmu tertarik?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya