Comscore Tracker

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Memendam Rasa Iri pada Orang Lain

Sebaiknya jangan dilakukan, ya

Setiap manusia punya sifat baik dan buruk sekaligus dalam dirinya. Untuk sifat buruk, sebaiknya dihilangkan atau dikendalikan agar gak merugikan diri sendiri serta orang lain. Salah satunya adalah sikap iri.

Berikut ini lima tanda kamu sebenarnya memendam rasa iri pada orang lain, namun gak menyadarinya. Apa saja, ya?

1. Sering membandingkan kondisimu dengannya

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Memendam Rasa Iri pada Orang LainIDN Times/Rizka Yulita

Tanda iri yang paling jarang disadari adalah sikap membandingkan diri dengan orang lain. Hampir semua orang pernah melakukannya. Jangan dibiasakan, ya agar gak mengganggu kondisi mentalmu.

Biasanya, orang yang iri akan membandingkan hal-hal serupa. Lalu memberi sugesti pada diri sendiri bahwa yang dia miliki gak lebih baik darimu.

2. Gak suka mendengar kabar kesuksesannya

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Memendam Rasa Iri pada Orang LainIDN Times/Rizka Yulita

Saat mendengar kabar bahagia atau keberhasilan orang lain, sebaiknya kita turut berbahagia. Minimal menunjukkan simpati dengan ikut bersuka cita.

Orang yang iri bakal kesulitan melakukannya. Ada rasa gak suka melihat orang lain berbahagia. Ironisnya, hal semacam ini biasanya terjadi di antara dua orang yang punya hubungan cukup dekat. Pastinya bukan kamu, kan?

3. Selalu ingin tahu urusannya

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Memendam Rasa Iri pada Orang LainIDN Times/Anjani Eka Lestari

Kepo berlebihan ternyata tanda iri, lho. Kamu selalu ingin tahu urusannya, sebab ada rasa gak rela jika dia lebih berhasil atau bahagia darimu.

Bedakan dengan perhatian, ya. Perhatian ditunjukkan dengan menyapa atau bertanya kabar seperlunya. Bukan diam-diam mencari tahu segala hal tentangnya.

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Diam-diam Banyak Orang yang Iri Sama Kesuksesanmu

4. Berusaha mencari kekurangan atau kesalahannya

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Memendam Rasa Iri pada Orang LainIDN Times/Anjani Eka Lestari

Tanda lain ada rasa iri dalam hati adalah keinginan mencari kelemahan orang lain. Sikap ini bertujuan untuk membuat diri sendiri merasa lebih hebat darinya.

Jika dilakukan terus-menerus, kamu jadi lebih fokus pada orang lain. Ketimbang waktumu terbuang untuk mengurus dia, lebih baik digunakan untuk memperbaiki diri sendiri.

5. Membicarakan keburukannya dengan orang lain

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Memendam Rasa Iri pada Orang LainPexels.com/Mwabonje

Membicarakan keburukan orang lain jelas gak ada gunanya bagi diri kita sendiri. Namun harus diakui, masih banyak yang melakukan hal ini bahkan menikmatinya.

Tahu gak, ini salah satu tanda iri, lho. Apalagi jika kita sengaja menyebarluaskan keburukannya ke banyak orang. Buat apa, sih?

Semoga kamu bukan orang yang melakukan hal-hal di atas, ya!

Baca Juga: Gak Melulu Iri, Ini 5 Alasan Mengapa Orang Lain Sinis Terhadapmu

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya