Comscore Tracker

Niat, Doa dan Tata Cara Salat Duha di Bulan Ramadan

#RamadandiRumah Doamu bakal mustajab

Selain diwajibkan berpuasa, banyak amalan sunah di bulan Ramadan yang bisa dikerjakan oleh umat muslim. Beberapa amalan sunah ini juga bisa dikerjakan pada hari biasa, namun Allah SWT janjikan pahala yang berlipat ganda jika dilakukan pada bulan Ramadan.

Salah satunya adalah salat duha, salat sunah dua rakaat yang dikerjakan pada pagi hari hingga sebelum zuhur. Pahala salat duha setara dengan bersedekah ratusan kali, maka dari itu Rasulullah dalam berbagai hadis riwayat sangat menganjurkan ibadah sunah ini.

Yuk, simak niat, doa dan tata cara salat duha lengkap juga dengan keutamaannya berikut ini.

1. Salat duha diwasiatkan Rasulullah SAW kepada para sahabat

Niat, Doa dan Tata Cara Salat Duha di Bulan Ramadantasidola.com

Menurut riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW mewasiatkan beberapa amalan sunah utama kepada para sahabat sebagai berikut:

“Kekasihku –Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam- mewasiatkan tiga hal padaku: berpuasa tiga hari setiap bulannya, melaksanakan salat duha dua rakaat dan salat witir sebelum tidur.”

Salat sunah duha disebut-sebut sebagai pintu rezeki umat muslim. Orang-orang yang rajin melaksanakan salat duha akan dipermudah jalannya dalam mencari rezeki yang halal.

2. Disebut sebagai salatnya orang-orang yang taat

Niat, Doa dan Tata Cara Salat Duha di Bulan Ramadanlaffaz.com

Salat duha masuk dalam golongan ibadah awwabin, yaitu salatnya orang-orang yang taat. Pahala melaksanakan salat duha setara dengan bersedekah ratusan kali.

Salat sunah ini juga disebut sebagai sedekah yang paling mudah. Ketika seorang muslim ingin bersedekah tapi gak memiliki harta sepeser pun yang bisa dibagikan, maka salat duha adalah sedekahnya anggota tubuh.

Baca Juga: Niat, Doa dan Tata Cara Salat Tahajud di Bulan Ramadan

3. Niat dan doa setelah salat duha

Niat, Doa dan Tata Cara Salat Duha di Bulan Ramadanmymasjid.ca

Bacaan niat salat duha adalah sebagai berikut:

أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنَ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

(Usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa)

Artinya: “Aku niat salat sunah duha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah ta’ala”

Setelah melaksanakan salat duha, dianjurkan untuk membaca doa sebagai berikut:

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ 
عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ
(Alloohumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka wal ‘ishmata ‘ishmatuka. Alloohumma inkaana rizqii fis samaa-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’assiron fayassirhu, wa inkaana harooman fathohhirhu, wa inkaana ba’iidan faqorribhu bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika aatinii maa aataita ‘ibaadakash shoolihiin)

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu duha adalah waktu duha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bNiat, Doa dan Tata Cara Salat Duha di Bulan Ramadanumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran duha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang saleh.”

4. Jumlah rakaat dan waktu pelaksanaannya

Niat, Doa dan Tata Cara Salat Duha di Bulan RamadanPexels/Rawpixel

Waktu salat duha adalah beberapa menit setelah matahari terbit hingga sebelum masuk waktu zuhur. Masih banyak perdebatan tentang waktu terbaik melaksanakan salat duha. Selama niat, bacaan dan waktunya berada dalam rentang yang tepat maka salat dianggap sah.

Jumlah rakaat salat duha minimal dua, namun boleh dikerjakan lebih banyak selama jumlahnya genap. Tata cara melakukannya adalah satu salam setiap dua rakaat.

Itulah niat, doa dan tata cara salat duha di bulan Ramadan secara lengkap dengan keutamaannya. Yuk, rutin melaksanakan salat duha di pagi hari biar menambah keberkahan di bulan Ramadan.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya