Comscore Tracker

Gagal SNMPTN? 5 Pesan Penulis Ini Semoga Membantumu Bangkit Kembali

Tenang, kamu tidak sendirian

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan pada 8 April 2020 lalu pukul 13.00 WIB. Hari itu menjadi hari yang bersejarah dan penting bagi siswa-siswi angkatan 2020.

Pengumuman ini menimbulkan beragam respons. Bagi pendaftar yang dinyatakan lulus, kebahagiaan pasti sangat dirasakan karena sudah memiliki kepastian pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Di sisi lain, lebih dari 80 persen pendaftar yang dinyatakan tidak lulus, boleh jadi merasakan sedih, marah, takut, atau bahkan kecewa. Untuk kamu yang sedang merasakannya, tenang, kamu tidak sendirian. Lima pesan penulis ini semoga dapat membantumu bangkit kembali.

1. "Saat jatuh, kamu perlu waktu untuk berdiri lagi..." -Indra Sugiarto (Penulis Teman Berjuang)

Sedih itu manusiawi. Kamu boleh bersedih saat ini. Ambil waktumu, habiskan untuk bersedih hingga rasa sedihmu habis tak bersisa. Jangan terlalu lama, ya! Tekadmu untuk berjuang harus lebih besar dari rasa sedihmu saat ini. Setelah ini, mari kita sama-sama berjuang lagi.

2. "Kamu gak gagal sendirian, tapi kita semua pernah." -Helo Bagas (Penulis buku Kita dan Waktu)

Gagal boleh jadi membuat kamu merasa kecewa. Tenang, kamu tidak sendirian. Untuk mendapatkan sesuatu yang besar dibutuhkan usaha yang besar pula, bukan? Banyak orang-orang hebat yang mengalami kegagalan sebelum kesuksesan yang mereka dapat saat ini.

Mulai dari ilmuwan Thomas Alva Edison hingga penulis J.K. Rowling memulai kesuksesan mereka dengan kegagalan. Itu menandakan bahwa gagal justru seharusnya menjadi cambuk bagi kamu untuk bangkit kembali, bukan?

Baca Juga: 5 Cara Jitu yang Bikin Kamu Gampang Move On dari Kegagalan

3. "Semuanya harus berjuang. Dan, tak usah takut bagaimana selanjutnya. Kamu hanya perlu menjalaninya: berdoa dan berusaha. Dan, Allah yang menjamin segalanya." -Alvi Syahrin (Penulis Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa)

Tak bisa dimungkiri bahwa semua yang kita terima, ada campur tangan Tuhan di dalamnya. Jangan sampai kegagalan yang kamu alami membuatmu berprasangka buruk dengan Tuhan. Selama kamu terus berdoa dan berusaha, Tuhan pasti akan memberikanmu sesuatu yang terbaik.

4. "Pintu ditutup dengan alasan, pasti terbuka lagi disertai jawaban." -Marchella FP (Penulis NKCTHI)

Hari ini kamu memang gagal. Tetapi, itu bukan tanpa alasan. Ada banyak hal yang tidak kita ketahui di dunia ini. Mungkin, kegagalanmu hari ini akan sangat kamu syukuri di  masa depan. Mungkin, kegagalanmu hari ini justru menuntunmu kepada jalan terbaik yang sebenarnya. Tetap semangat, ya!

5. "Gapapa. Semua orang pasti akan sampai tujuan. Kendaraan dan waktunya aja yang beda." -Rintik Sedu (Penulis Buku Minta Dibanting)

Kesuksesan tidak dapat diukur dari seberapa cepat kamu mencapainya. Ada banyak orang yang sukses meraih mimpinya sekarang, namun ada pula orang yang mencapainya di waktu yang lain. Cara dan waktu kamu mencapai kesuksesan boleh jadi berbeda dengan orang lain. Stay positive, ya!

Pada dasarnya, manusia pasti akan mengalami kegagalan. Kamu harus siap menghadapinya. Ada banyak hikmah yang bisa kamu dapat dari kegagalanmu hari ini. Semoga pesan-pesan dari para penulis di atas bisa membantumu untuk selalu berpikir positif dan bangkit kembali. Semangat!

Baca Juga: Gak Lolos Jangan Sedih, 10 Meme Hasil SNMPTN Bisa Bikin Ketawa

Dian Saputra Photo Writer Dian Saputra

Simply a freshman.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya