Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Perlu Memulai Gaya Hidup Minimalis

Apa saja manfaat dari hidup minimalis?

Apakah kamu sering merasa pusing karena banyak tumpukan barang tak penting di sudut ruangan? Apakah kamu merasa sangat konsumtif? Lalu, apakah kamu merasa sulit mengontrol keuanganmu? Jika sudah begitu, kamu perlu memulai gaya hidup minimalis.

Gaya hidup minimalis adalah pola hidup yang sederhana, hemat, dan meminimalkan perilaku konsumtif. Gaya hidup ini mengutamakan kualitas dibanding kuantitas. Tentu saja, menerapkan gaya hidup minimalis memberikan banyak manfaat bagi para pelakunya.

Penasaran? Berikut ini lima alasan mengapa kamu perlu mencoba gaya hidup minimalis. 

1. Keuangan kamu lebih hemat

5 Alasan Kamu Perlu Memulai Gaya Hidup MinimalisUnsplash.com/Annie Spratt

Kualitas adalah prioritas utama dalam penerapan gaya hidup minimalis. Kamu hanya perlu memiliki sedikit barang dengan kualitas yang bagus ketimbang memiliki beraneka macam barang yang kualitasnya minim.

Dengan begitu, barang-barang yang kamu miliki akan tahan lama dan tidak cepat rusak. Sehingga, kamu hanya akan merogoh kocek ketika barang milikmu sudah waktunya diganti. Alhasil, keuangan kamu jadi lebih hemat, bukan? Kamu jadi punya banyak uang untuk ditabung, deh.

2. Kamu lebih fokus dengan barang-barang yang kamu miliki

5 Alasan Kamu Perlu Memulai Gaya Hidup MinimalisPexels.com/Kelly Lacy

Bayangkan jika kamu memiliki bermacam barang dengan fungsi yang sama. Apalagi, barang-barang yang kamu beli tidak sesuai dengan kebutuhanmu. Pasti kamu akan kewalahan untuk mengurus setiap barangmu.

Nah, karena gaya hidup minimalis ini menekankan kamu untuk memiliki sedikit barang yang sesuai dengan kebutuhanmu, maka kamu akan punya lebih banyak waktu untuk merawat barang-barangmu. Faktanya, barang yang sesuai dengan kebutuhan akan lebih sering diperhatikan dan diurus daripada barang-barang yang asal beli.

3. Barang-barangmu jadi lebih awet

5 Alasan Kamu Perlu Memulai Gaya Hidup MinimalisPexels.com/Lum3n

Karena gaya hidup minimalis menitikberatkan pada kualitas, maka barang-barang yang kamu miliki memang barang yang betul-betul berkualitas tinggi. Kemudian, dengan sedikitnya barang yang kamu miliki, kamu juga lebih fokus untuk merawat masing-masing barangmu.

Dengan kualitas barang yang bagus serta perawatan yang intens, tentunya barang-barang yang kamu miliki akan lebih awet. Kamu jadi tidak perlu sering-sering belanja lantaran barangmu tidak cepat rusak.

Baca Juga: 5 Inspirasi Rumah Kucing Unik dan Minimalis

4. Tidak gampang tergiur promo belanja

5 Alasan Kamu Perlu Memulai Gaya Hidup MinimalisPexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika menerapkan gaya hidup minimalis, kamu akan mencatat segala barang kebutuhan ke dalam daftar belanja. Biasanya, barang-barang yang dicatat merupakan barang kebutuhan dalam jangka waktu satu bulan. Hal itu membuat kamu menahan diri agar tidak berbelanja barang di luar daftar belanja.

Akhirnya, ketika muncul berbagai macam promo menarik, kamu tidak akan mudah tergiur. Dalam mindset-mu sudah tertanam bahwa membeli hanya ketika butuh bukan karena promo semata.

5. Hidup lebih santai 

5 Alasan Kamu Perlu Memulai Gaya Hidup MinimalisPexels.com/Andrea Piacquadio

Mengapa gaya hidup minimalis membuat hidup lebih santai? Karena memiliki sedikit barang, kamu jadi tidak stres dengan sesaknya ruangan akibat barang-barang yang menumpuk. Selain itu, kamu tidak konsumtif karena berbelanja hanya sesuai dengan kebutuhan. Pengeluaran lebih terkontrol karena kamu minim belanja. 

Hidup minimalis membuatmu lebih santai karena kamu tidak perlu pusing mengikuti tren atau pun gaya hidup orang lain. Kamu bebas menentukan hidupmu sesuai dengan gaya dan kebutuhanmu sendiri.

Nah, itu lah lima alasan mengapa kamu perlu menerapkan gaya hidup minimalis. Apakah kamu tertarik untuk memulai gaya hidup ini? Yuk, mulai dari sekarang!

Baca Juga: 5 Ide Rumah Kucing Minimalis yang Unik dan Hemat Ruang, Pasti Nyaman!

Dianti A Photo Verified Writer Dianti A

Umbi bertumbuh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya