Comscore Tracker

8 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Supaya Gak Lemes Saat Puasa, Catet!

Biar puasanya jadi lebih kuat dan gak lemes terus!

Siapa nih yang nunggu bulan Ramadan datang? Angkat tangan! Bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Bulan penuh berkah dan nilai-nilai berarti bagi umat Islam. Kalau bulan Ramadan tuh selalu bawa kenangan kuat dan kerinduan tersendiri. Rindu berbuka bareng, sahur bareng entah bareng temen atau keluarga sendiri. Pokoknya bulan yang dinanti-nanti deh. 

Supaya bulan Ramadanmu lebih berarti dan mudah menjalankan ibadah puasa, yuk simak delapan hal di bawah ini supaya puasamu nanti nggak lemes. Catet ya!

1. Menjaga cairan dalam tubuh supaya gak dehidrasi

8 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Supaya Gak Lemes Saat Puasa, Catet!Pexels.com/RODNAE Productions

Walau saat berpuasa kita tidak dapat makan atau minum, menjaga tubuh supaya tidak dehidrasi dapat kamu lakukan setelah berbuka hingga sahur, lho. Dengan cara minum air putih 2,5 L dalam rentang waktu berbeda dari berbuka hingga sahur. Kalau bisa, kurangin deh minum minuman yang mengandung kafein dulu, supaya besoknya gak lemes.

2. Tidur dengan cukup

8 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Supaya Gak Lemes Saat Puasa, Catet!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Waktu gak puasa aja kalau tidurnya kurang, keesokan harinya badan kerasa gak fit dan lemas. Apalagi saat puasa? Maka dari itu, ada baiknya kamu tidur cukup antara 7-9 jam per-hari. Tapi ingat, jangan kebanyakan tidur ya, karena nanti ibadah puasa kita jadi kurang maksimal.

3. Lakukan olahraga ringan

8 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Supaya Gak Lemes Saat Puasa, Catet!Pexels.com/Kate Trifo

Eits, gak perlu berat-berat olahraganya, selama kamu mampu dan bisa hendaknya lakuin olahraga tiap hari ya. Karena bagaimanapun juga, olahraga bermanfaat untuk menjaga tubuhmu supaya tetap fit dan bugar saat menjalani hari.

4. Makan dan minum yang manis saat berbuka

8 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Supaya Gak Lemes Saat Puasa, Catet!Pexels.com/cottonbro

Sering dengar kan ya, kalau berbuka hendaknya dengan yang manis-manis. Biasanya kurma menjadi salah satu andalan ketika berbuka. Boleh juga nih makan 3 butir kurma saat berbuka. Oiya kalau bisa waktu berbuka jangan makan makanan yang digoreng atau terlalu berminyak dahulu ya, nanti malah membuat tenggorokanmu kurang nyaman.

Baca Juga: 5 Kreasi Menu Sayuran Ini Cocok Sebagai Menu Sahur Anak Kos

5. Kurangi makanan dengan tinggi garam

8 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Supaya Gak Lemes Saat Puasa, Catet!Pexels.com/ROMAN ODINTSOV

Makan makanan dengan tinggi garam gak baik buat tubuhmu lho, kalau dikonsumsi terus-menerus. Sadar enggak kalau terlalu sering mengonsumsi garam bisa membuatmu hilang selera makan? Sebab kalau kita suka mengonsumsi makanan asin, lidah kita akan menjadi lebih terbiasa dan tubuh memberi sinyal supaya menambah konsumsi garam supaya rasa makanannya tambah kuat. Nah kalau sampai gini, mau seberapa banyak garam yang akan kita konsumsi?

6. Konsumsi makanan mengandung karbohidrat, protein, dan serat

8 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Supaya Gak Lemes Saat Puasa, Catet!Pexels.com/Alex Green

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi kita dalam menjalani hari, kurang asupan karbohidrat bisa membuatmu menjadi tak bertenaga. Protein dan serat juga sama, keduanya sangat dibutuhkan tubuh saat berpuasa.

7. Terapkan pola hidup sehat

8 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Supaya Gak Lemes Saat Puasa, Catet!Pexels.com/Marcus Aurelius

Ini nih yang paling utama, terapkan pola hidup sehat. Karena gimanapun juga, ibadah puasa akan lebih khusyu kalau kita sendiri juga sehat. Dalam menjalani hari pun engga kerasa berat dan beban. 

8. Lakukan kegiatan bermanfaat

8 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Supaya Gak Lemes Saat Puasa, Catet!Pexels.com/RODNAE Productions

Walau kadang saat puasa rasa males, lesu, lelah datang karena godaan. Ada baiknya kita juga memanfaatkan waktu supaya ibadah puasa kita menjadi lebih bernilai. Bisa nih kita lakuin kegiatan bermanfaat selagi berpuasa, entah dengan diskusi belajar bareng teman, bagi-bagi takjil, jualan menu buka puasa, atau dari hal kecil membantu keluarga di rumah. Aktivitas bermanfaat yang kita lakukan enggak kerasa lho kalau dikerjakan. Bisa-bisa selesai aktivitas tinggal berbuka aja.

Gimana, apakah tips di atas membantu puasamu di bulan Ramadan ini? Semoga kita selalu diberikan kemudahan dan kelancaran ya, dan semoga ibadah Ramadanmu semakin bernilai dan berarti ya.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa Dilengkapi Artinya

Dika Puspita Photo Writer Dika Puspita

Mahasiswa biasa yang suka baca-baca.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya