Comscore Tracker

Bolehkah Puasa Asyura Tanpa Diawali Puasa Tasua? Begini Penjelasannya

Jaminannya dihapuskan dosa setahun sebelumnya, lho

Bolehkah Puasa Asyura tanpa diawali Puasa Tasua? Banyak umat Muslim yang masih bingung bagaimana cara pengamalan Puasa Asyura dan Puasa Tasua. Pasalnya, masih banyak yang menganggap bahwa Puasa Asyura dan Puasa Tasua adalah puasa yang harus dikerjakan secara bersamaan.

Sebenarnya apa sih Puasa Asyura ini? Puasa Asyura merupakan salah satu puasa sunah yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim. Pasalnya dengan mengamalkan puasa tersebut, dosa-dosa setahun sebelumnya akan dihapuskan, sebagaimana dengan hadis Imam At-Tirmidzi yang berbunyi,

"Dari sahabat Abu Qatadah, ia berkata bahwa Nabi Muhammad bersabda: puasa hari Asyura, aku berharap kepada Allah agar Ia mengampuni dosa setahun yang lalu.” (HR. At Tirmidzi)

Nah, sayang banget kan jika kita tidak mengamalkannya. Maka dari itu, langsung simak aja penjelasan di bawah ini

Bolehkah puasa Asyura tanpa diawali puasa Tasua?

Bolehkah Puasa Asyura Tanpa Diawali Puasa Tasua? Begini Penjelasannyailustrasi orang beribadah (pexels.com/Thirdman)

Ustaz Alhafiz Kurniawan menerangkan dalam Kitab Al-UMM bahwa pada mazhab Syafi’i diperbolehkan untuk mengerjakan Puasa Asyura saja tanpa dibarengi dengan Puasa Tasua yang dikerjakan sebelum atau sesudah Puasa Asyura, sebagaimana yang tercantum dalam kitab Imam Syafi’i yang berbunyi,

“Di dalam kitab Al-Umm, tak masalah hanya mengamalkan puasa Asyura saja maksudnya, agama tidak mempermasalahkan orang yang hanya berpuasa 10 Muharram saja (tanpa diiringi dengan puasa sehari sebelum dan sesudahnya”. (Lihat Sayyid Bakri bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi, I‘anatut Thalibin, Kota Baharu-Penang-Singapura, Sulaiman Mar‘i, tanpa catatan tahun, juz II, halaman 266)

Beliau juga melanjutkan di laman resmi "Islam NU" bahwa puasa Tasua sifatnya hanya untuk menyempurnakan Puasa Asyura. Ustaz Alhafiz juga menambahkan, seorang Muslim yang mau mengamalkan sunah Rasulullah SAW dengan mengerjakan puasa Asyura saja itu sudah bagus.

Itulah jawaban bolehkah Puasa Asyura tanpa diawali Puasa Tasua. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera amalkan!

Baca Juga: Bolehkah Puasa Syawal Meski Belum Membayar Utang Puasa Ramadan?

Topic:

  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya