Comscore Tracker

7 Hal yang Orang Lupakan Saat Ada di Masa-masa Sulit Dalam Kehidupan

Pikirkan hal-hal ini dan lihatlah keajaibannya!

Pasti kamu tidak asing mendengar pepatah "hidup itu ibarat roda yang berputar". Adakalanya berada di atas dalam artian hidupmu berjalan sangat baik sesuai dugaanmu dan adakalanya pula berada di bawah yang membuatmu merasakan pahitnya kehidupan. Ketika rasanya hidupmu sedang menurun yang membuatmu merasa sedih, jangan biarkan pikiranmu terpenuhi oleh pemikiran pesimis dan suram.

1. Semua hal buruk akan berakhir

7 Hal yang Orang Lupakan Saat Ada di Masa-masa Sulit Dalam KehidupanMedium.com

Semuanya akan berakhir, entah itu hal baik atau buruk tidak akan bertahan selamanya. Ketika kamu berada pada situasi yang sulit, kamu mungkin berfikir seolah-olah situasi itu tidak akan pernah berakhir. Tetapi itu hanya persepsi subjektif yang membuat pikiranmu cenderung memperluas peristiwa negatif saat terjadi dan tampak kamu mengalami lebih banyak situasi sulit seolah-olah hal tersebut akan terus berjalan untuk waktu yang lama.

Namun demikian, bahkan situasi terburuk pun akan berakhir pada titik tertentu. Terkadang kamu perlu melakukan sesuatu untuk membuat situasi buruk berakhir dengan cepat. Di lain waktu, situasi buruk hanya akan layu dan mati dengan sendirinya, dan yang bisa kamu lakukan hanyalah memiliki kesabaran dan menunggu.

2. Kamu telah mengatasi tantangan sebelumnya

7 Hal yang Orang Lupakan Saat Ada di Masa-masa Sulit Dalam KehidupanLifeoptimizer.com

Cara lain untuk mengatasi perasaan bahwa situasi buruk tidak akan pernah berakhir adalah dengan memikirkan situasi serupa yang pernah kamu alami di masa lalu dan kamu berhasil mengatasinya. Ketika kamu melakukan ini, itu berfungsi sebagai pengingat kemampuanmu untuk menangani tantangan dan meloloskannya. Pemikiran ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan menghilangkan rasa tidak berdaya. Pergeseran sikap ini kemungkinan besar akan memotivasi kamu untuk bertindak dan membuat kamu berhasil mengatasi situasi buruk yang kamu alami.

3. Kamu adalah pribadi yang kuat

7 Hal yang Orang Lupakan Saat Ada di Masa-masa Sulit Dalam KehidupanOnlyonemike.com

Ketika keadaan menjadi sulit, kadang kamu lupa untuk melihat kekuatanmu dan hanya menyadari kekurangan diri. Kamu melihat dirimu sebagai pecundang, tidak mampu mengatasi situasi sulit. Tetapi ini tidak pernah benar. Sama seperti orang lain di luar sana, kamu memiliki kombinasi kekuatan dan kelemahan.

Kuncinya adalah untuk mengingatkan diri bahwa kamu memiliki banyak kekuatan dengan cara mulai memikirkan beberapa hal kekuatan dirimu secara khusus dan melakukan pemeriksaan mental terhadap beberapa kekuatan dirimu. Dengan melakukan ini, persepsi negatif kamu tentang dirimu akan bergeser dan menjadi lebih seimbang.

4. Terjadi pada semua orang

7 Hal yang Orang Lupakan Saat Ada di Masa-masa Sulit Dalam Kehidupandigest.bps.org.uk

Sering kali ketika menghadapi kesulitan, pemikiranmu akan menipu agar percaya bahwa ini hanya terjadi pada dirimu. Orang lain tidak melewati kesulitan yang kamu lalui. Sepertinya alam semesta berkomplot melawanmu dan ingin menyakiti dirimu.

Namun, dengan sedikit refleksi jernih, kamu akan segera menyadari bahwa ini tidak benar. Mungkin kamu hampir tidak menyadari masalah orang lain yang membuatnya tampak seperti mereka memilikinya jauh lebih baik daripada masalahmu. Ini sangat tidak mungkin. Jadi ingat, bahwa apa pun yang terjadi padamu dalam bentuk yang sama atau yang terkait, dapat terjadi pada hampir semua orang.

5. Masa sulit adalah pembelajaran pengalaman

7 Hal yang Orang Lupakan Saat Ada di Masa-masa Sulit Dalam Kehidupantentree.com

Baca Juga: 10 Cara Berteman Biar Langgeng yang Terinspirasi dari Filsafat Kuno

Kebanyakan pembelajaran dalam hidup berasal dari trial and error. Ketika segala sesuatu tidak berjalan seperti yang kamu inginkan, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah mencoba memahami mengapa hal ini terjadi dan belajar dari pengalaman. Dengan belajar dan menerapkan pembelajaran itu, pada akhirnya kamu akan membalikkan keadaan menjadi lebih baik.

6. Kamu Selalu Dapat Meminta Bantuan

7 Hal yang Orang Lupakan Saat Ada di Masa-masa Sulit Dalam Kehidupantentree.com

Ketika menghadapi saat-saat sulit, ada baiknya untuk mengingat bahwa ada orang dalam hidupmu yang dapat kamu andalkan untuk meminta bantuan. Bahkan jika kamu bukan orang paling sosial di dunia dan kamu tidak memiliki banyak teman atau keluarga besar, masih ada orang dalam hidupmu yang dapat kamu andalkan.

Orang-orang ini membentuk sistem dukungan sosialmu. Sering kali, hanya memikirkan mereka dan menyadari bahwa mereka ada untukmu jika kamu membutuhkan mereka dapat memberimu banyak kenyamanan emosional dan itu memberimu lebih banyak keberanian untuk terdorong maju. Kamu bahkan mungkin tidak perlu meminta bantuan mereka. Hanya mengetahui itu tersedia akan memberanikanmu dan itu sudah cukup.

7. Ada banyak hal yang harus disyukuri

7 Hal yang Orang Lupakan Saat Ada di Masa-masa Sulit Dalam KehidupanKingsolomonsmine.com.ng

Beberapa hal mungkin tidak berjalan baik dalam hidupmu. Tetapi jika kamu memikirkannya, masih ada banyak hal yang berjalan baik dalam hidupmu dan masih banyak yang harus disyukuri. Mungkin hubungan percintaanmu sedang bermasalah, tetapi kamu memiliki karier yang hebat. Mungkin karirmu dalam masalah, tetapi kamu masih memiliki kesehatan dan keluarga. Dan ada begitu banyak hal kecil tetapi penting untuk disyukuri: berjalan-jalan di taman, secangkir kopi, matahari terbenam yang indah, dan percakapan santai.

Ketika melewati masa-masa sulit dalam hidup, pikirkan hal ini sejenak dan mulai perhatikan hal-hal yang harus disyukuri. Hal ini benar-benar akan mengubah perspektifmu. Kamu akan menyadari bahwa masa sulitmu tidak seburuk itu, dan kehidupanmu layak untuk diapresiasi.

Masa-masa sulitmu akan berakhir dimulai dengan langkah awal dirimu berada dalam pola pikir yang benar dan keadaan emosional yang tepat. Jadi, hal mana yang kamu lupakan saat dirimu berada pada masa-masa sulit? Sudah tahu 'kan hal apa yang harus kamu benahi? Semoga berhasil!

Baca Juga: 7 Quotes Walt Disney yang Menginspirasimu Mengejar Mimpi

Mademoiselle Dii Photo Verified Writer Mademoiselle Dii

On a journey of life: dealing with myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya