Comscore Tracker

5 Cara Self Healing Sederhana, Tidak Selalu dengan Jalan-Jalan

Tidur juga termasuk self healing

Self healing merupakan upaya yang kita lakukan dengan cara mandiri untuk menyembuhkan luka batin emosional kita. Belakangan istilah ini sering kali digunakan di media sosial untuk menyuarakan pentingnya menjaga kesehatan mental. Orang-orang sudah mulai sadar bahwa kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Banyak cara yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk self healing ini, salah satunya adalah dengan jalan-jalan. Cara ini cukup sering dipilih oleh orang-orang karena cukup ampuh untuk meredakan luka emosional kita, misalnya stres masalah pekerjaan. Namun, cara ini tentu menyita lebih banyak waktu dan uang yang akan kita keluarkan. Inilah lima cara self healing lainnya yang lebih sederhana dan bisa kamu coba. Yuk, simak!

1. Tidur

5 Cara Self Healing Sederhana, Tidak Selalu dengan Jalan-Jalanilustrasi orang tidur (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Cara paling sederhana yang dapat kamu coba adalah dengan tidur. Ada banyak manfaat yang akan kamu peroleh dari tidur. Tidur sejenak dapat membuatmu sedikit lupa dengan masalah-masalah yang sedang kamu alami. Setidaknya, saat kamu terbangun akan merasa lebih segar untuk memulai hari-hari kembali. 

Saat lelah, yang kamu perlukan adalah istirahat. Pilihlah tempat ternyaman yang bisa kamu gunakan untuk mengistirahatkan badan dan pikiranmu, misalnya kamar tidur pribadimu. Dengan begitu, lelah fisik maupun batin yang kamu alami dapat berkurang dan membuatmu bersemangat kembali. Hal ini karena tidur berguna untuk memperbaiki suasana hati kita yang buruk menjadi lebih baik ketika terbangun.

2. Berhenti menggunakan media sosial sejenak

5 Cara Self Healing Sederhana, Tidak Selalu dengan Jalan-Jalanilustrasi orang memegang smartphone (pexels.com/Kristina Polianskaia)

Media sosial dirancang untuk memudahkan kita melihat apa saja yang sedang dilakukan orang lain melalui unggahan mereka. Mungkin bisa jadi media sosial ini menjadi sumber kecemasanmu selama ini. Jika kamu merasa demikian, cobalah untuk menonaktifkan sejenak media sosial dan berhenti melihat unggahan orang-orang.

Kamu mungkin sering membandingkan diri dengan orang lain hanya karena melihat apa yang mereka unggah di media sosial. Padahal, orang-orang memang hobi membagikan hal-hal yang menyenangkan saja di platform tersebut. Jadi, jangan merasa insecure karena unggahan orang lain, ya. Bisa jadi mereka juga memiliki kecemasan yang sama dengan dirimu.

Baca Juga: 6 OST KDrama yang Cocok Dinikmati buat Self Healing, Menenangkan!

3. Berdialog dengan diri sendiri

5 Cara Self Healing Sederhana, Tidak Selalu dengan Jalan-Jalanilustrasi orang lesu (pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

Berdialog dengan diri sendiri biasa dikenal dengan istilah self talk. Berdialog dengan diri sendiri adalah suatu hal yang wajar kita lakukan dan bahkan sangat diperlukan dalam kondisi-kondisi tertentu. Self talk dapat memotivasi diri secara mandiri dengan cara mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan pernyataan kepada diri sendiri.

Ada banyak manfaat yang akan kita peroleh dari melakukan self talk. Self talk akan membantu kita untuk menemukan jawaban-jawaban atas pertanyaan yang kita ajukan kepada diri sendiri. Dengan begitu, kita akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah dengan kepala dingin dan dapat mengurangi tingkat stres. 

 

4. Melakukan hobi

5 Cara Self Healing Sederhana, Tidak Selalu dengan Jalan-Jalanilustrasi orang melukis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Melakukan hobi ternyata juga termasuk salah satu upaya self healing, lho. Ketika melakukan hal-hal yang kita sukai, secara tidak sadar kita akan memperoleh ketenangan. Kita akan mendapatkan kembali semangat yang telah hilang. Sesekali lakukanlah hobi yang kamu suka di sela-sela kesibukan untuk mengusir kejenuhan.

Luangkanlah waktu sejenak untuk melakukan hobi tersebut. Misalnya memasak resep-resep baru, melukis, menulis, dan hobi-hobi lainnya yang kamu suka. Nikmati setiap detik waktu yang kamu gunakan untuk melakukan hobi tersebut. Tidak perlu terlalu lama, hanya lakukan sampai kamu merasa sudah siap kembali untuk melanjutkan padatnya aktivitas.

5. Mandi air hangat

5 Cara Self Healing Sederhana, Tidak Selalu dengan Jalan-Jalanilustrasi mandi air hangat (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Mandi air hangat menjadi pilihan yang tepat untuk melepas penat. Air hangat mampu merilekskan ketegangan yang dialami oleh saraf dan melancarkan peredaran darah. Dengan begitu, tubuh kita akan terasa lebih segar dan sehat. Mandi air hangat akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, mandi air hangat juga bermanfaat untuk kesehatan mental kita. Mandi air hangat cukup ampuh untuk meningkatkan mood dan meredakan stres akibat tekanan-tekanan yang kita alami setelah seharian bekerja. Cara ini dapat kita lakukan ketika sore atau malam hari sepulang kerja.

Itulah lima cara self healing sederhana yang bisa kamu coba. Belakangan ini self healing memang cukup identik dengan kegiatan jalan-jalan. Perlu kita ketahui bahwa self healing tidak hanya selalu dengan cara tersebut. Masih banyak cara lain yang bisa kita coba dan lebih sederhana. Tetap semangat dan semoga bermanfaat!

Baca Juga: Bermonolog juga Termasuk Self Healing, Tak Hanya Jalan-jalan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya