Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Terjadi jika Kamu Masih Sering Pura-Pura Bahagia

Mulailah jujur dengan diri sendiri

Kebahagiaan merupakan salah satu hal yang selalu diinginkan oleh semua orang. Berbagai cara mereka lakukan untuk mencapai kebahagiaan tersebut. Namun terkadang karena telah lelah mencari kebahagiaan, seseorang pun mulai pura-pura bahagia untuk menutupi kesedihan yang sedang dideritanya.

Pura-pura bahagia sama saja dengan berbohong tentang perasaan kepada diri sendiri. Tentunya berbohong merupakan perilaku yang tidak baik, apalagi terhadap diri sendiri. Akan ada dampak buruk yang akan kamu rasakan. Inilah lima hal yang akan terjadi jika kamu masih sering pura-pura bahagia. Yuk, simak uraian berikut ini!

1. Sulit merasakan kebahagiaan yang sebenarnya

5 Hal yang Akan Terjadi jika Kamu Masih Sering Pura-Pura Bahagiailustrasi orang lesu (pexels.com/Rafael Barros)

Sering pura-pura bahagia bukanlah hal yang bagus untuk mental kita. Terlalu sering pura-pura bahagia akan membuat kita terbiasa dengan kepura-puraan, hingga tanpa sadar telah lupa untuk merasakan kebahagiaan yang sebenarnya. Definisi bahagia bagi kita akan menjadi semakin rumit dan seolah menjadi semakin sulit untuk kita rasakan kembali.

Padahal jika kita mau lebih bersyukur dengan hal-hal yang kita punya sekecil apa pun hal itu, maka kita akan merasakan bahagia. Bahagia tidak selalu selalu kita dapatkan melalui hal-hal yang sulit dan rumit. Kita juga bisa menjadi bahagia dengan hal-hal sederhana yang ada di sekeliling kita.

2. Mengasihani diri sendiri

5 Hal yang Akan Terjadi jika Kamu Masih Sering Pura-Pura Bahagiailustrasi orang cemas (pexels.com/Engin Akyurt)

Orang yang pura-pura bahagia memang selalu terlihat bahagia dari luarnya dan seolah terlihat sangat senang menikmati hidupnya. Namun, saat mereka sedang sendiri tak jarang mereka mengasihani dirinya sendiri karena merasa telah berbohong kepada dirinya sendiri. Tentunya, hal ini malah akan menambah kesedihan yang sedang mereka rasakan.

Jika hal tersebut sudah terjadi, maka akan sangat berpengaruh terhadap mental kita. Kita akan merasa bahwa seolah ada beban yang sangat berat di hati kita. Beban tuntutan yang mengharuskan kita untuk selalu terlihat bahagia di depan orang lain. Padahal, beban tersebut sebenarnya tidak ada. Kitalah yang tanpa sengaja telah menciptakannya karena terlalu sering pura-pura bahagia.

3. Terbiasa dengan kepalsuan

5 Hal yang Akan Terjadi jika Kamu Masih Sering Pura-Pura Bahagiailustrasi orang menyendiri (pexels.com/Keenan Constance)

Terlalu sering berpura-pura akan membuat kita menjadi terbiasa dengan kepalsuan, termasuk berpura-pura bahagia. Ketika kita pura-pura bahagia, kita akan dihadapkan pada perasaan bingung untuk membedakan mana kah bahagia yang sebenarnya dan mana kah yang palsu.

Kamu bisa saja akan menjadi salah sangka dan yakin bahwa telah merasakan bahagia yang sebenarnya, padahal sebenarnya bukan. Kamu hanya sedang berpura-pura seperti sebelum-sebelumnya. Tentu, hal ini akan membuat kamu semakin lama akan terus menerus melakukan kepura-puraan tanpa sadar.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Paling Jujur Terhadap Perasaannya, Gak Jago Pura-pura!

4. Lupa cara jujur kepada diri sendiri

5 Hal yang Akan Terjadi jika Kamu Masih Sering Pura-Pura Bahagiailustrasi orang sedih (pexels.com/Pixabay)

Ketika kamu sering membohongi diri sendiri, maka kamu akan lupa caranya untuk jujur kepada diri sendiri. Pura-pura bahagia berarti bahwa kamu telah membohongi tentang perasaan yang sebenarnya kamu rasakan. Padahal, mengekspresikan perasaan yang sesungguhnya kepada diri sendiri bukanlah hal yang salah.

Kamu tidak perlu malu untuk jujur kepada diri sendiri jika sedang merasa tidak baik-baik saja. Jujurlah pada dirimu sendiri dan ekspresikan saja tanpa harus ditutup-tutupi. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih lega karena telah mengurangi beban yang ada di hatimu. Selain itu, jujur dan apa adanya terhadap perasaanmu juga akan membuat kesehatan batin kamu tetap terjaga.

5. Semakin tersiksa karena beban hidup

5 Hal yang Akan Terjadi jika Kamu Masih Sering Pura-Pura Bahagiailustrasi melihat langit (pexels.com/Pixabay)

Semakin sering kamu berbohong kepada diri sendiri dan berpura-pura bahagia, maka kamu akan semakin tersiksa karena beban hidup yang ada pada pundakmu. Beban hidup tersebut seolah menjadi semakin berat berkali-kali lipat dari yang seharusnya. Tentu, hal ini akan malah membuat kamu semakin berat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Ingatlah bahwa semua hal yang bersifat pura-pura itu tidak bisa bertahan lama untuk kamu rasakan, termasuk usahamu dalam pura-pura bahagia. Bahagia yang pura-pura hanya bertahan dalam waktu sebentar dan membuatmu menjadi terpukul ketika sudah dihadapkan pada keadaan nyata yang sebenarnya. 

Itulah lima hal yang akan terjadi jika kamu masih sering pura-pura bahagia. Pura-pura bahagia sama saja berbohong kepada diri sendiri dan menutupi perasaan kita yang sebenarnya. Alangkah lebih baik untuk menghindari kebiasaan ini karena tidak baik untuk kesehatan batin kita. Tetap semangat dan semoga bermanfaat!

Baca Juga: Kamu Hanya Pura-pura Bahagia Jika Tak Rasakan 5 Hal Ini Pada Hubungan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya