Comscore Tracker

6 Tips Memilih Perabot untuk Rumah Baru Agar Tak Menyesal

Tapi sesuai budget itu harus ya

Setelah bertahun-tahun menabung, kamu akhirnya bisa menginjakkan kaki di rumah baru? Tentunya segala bayangan tentang hunian ideal langsung muncul di kepala. Namun, angan-angan sering tidak sesuai dengan realita di lapangan. Apalagi untuk urusan pilih furnitur, pasti banyak distraksi yang bikin pilihanmu jadi tak lagi logis. 

Nah, sebelum belanja furnitur dan menyesal karena kalap. Boleh tengok beberapa enam aturan penting saat mengisi rumah baru berikut. 

1. Tentukan palet warna rumah sebelum beli perabot

6 Tips Memilih Perabot untuk Rumah Baru Agar Tak Menyesalruangan dengan palet warna earthy (instagram.com/bradleyseymour)

Sebelum membeli perabot dan berbagai ornamen, kamu disarankan untuk menentukan palet warna dulu. Dengan begitu, rumah akan terkonsep dengan lebih baik, terlihat lebih rapi, dan nyaman dilihat. 

Tentukan dulu warna dinding dan lantainya, baru kemudian perkirakan palet warna untuk furnitur yang dibutuhkan. Jika ingin serba kayu pun, ada baiknya kamu memilih perabot dengan tone yang mirip. 

2. Selalu lakukan pengukuran seksama sebelum belanja perabot

6 Tips Memilih Perabot untuk Rumah Baru Agar Tak Menyesalinspirasi perabot di ruang tengah (instagram.com/idasanchi)

Sebelum beli perabot, buat draft tata letak. Ukur space yang tersedia di rumahmu. Kemudian, jadikan itu patokan untuk membeli perabot. Jika beli daring, pastikan untuk mengecek dimensi barang. Namun, kalau beli di toko offline, jangan lupa bawa meteran sendiri.  

Kalau pesan custom, kamu bisa minta pihak pengrajin untuk mengukurnya. Intinya jangan remehkan perkara ukuran karena ketidaksesuaian akan membuat ruang dan perabot tak maksimal fungsinya.

3. Cari material yang tahan lama 

6 Tips Memilih Perabot untuk Rumah Baru Agar Tak Menyesalinspirasi perabot di dapur (instagram.com/patriciarodi)

Perkara material yang dipakai juga bukan perkara remeh. Disarankan memang memilih bahan yang kuat dan tahan lama untuk pemakaian jangka panjang. Ini akan memudahkan dirimu sendiri. Kalau dipikir-pikir material yang awet tidak perlu melalui perbaikan atau pembelian barang baru secara berkala yang jelas menyita waktu, tenaga, dan biaya. 

Selain itu, pastikan pula kamu bersedia berkomitmen untuk merawatnya. Makin mudah cara perawatannya, makin ringan pula bebanmu. 

Baca Juga: 5 Tips Merawat Furnitur Kayu biar Tampak Baru Lagi, Kinclong!

4. Perabot yang mudah dibongkar pasang lebih baik dan praktis

6 Tips Memilih Perabot untuk Rumah Baru Agar Tak Menyesaldipan untuk kasur (instagram.com/fridlaa)

Biar tak perlu gonta-ganti perabot baru tiap beberapa tahun, kamu bisa coba melirik perabot bongkar pasang. Perabot macam ini lebih mudah dipindah, dibersihkan dan dimodifikasi bila terjadi kerusakan. 

Contohnya saja lebih baik pilih tempat tidur berdipan ketimbang spring bed. Atau rangka sofa dengan spons yang terpisah ketimbang sofa set. Ini karena jangka panjangnya, barang-barang yang terpisah antara rangka dan bantalannya akan lebih mudah dirawat. Misalnya kalau ada masalah dengan matras seperti bertungau, kamu tidak perlu beli dipan lagi. Matras juga lebih mudah dijemur ketimbang spring bed misalnya. 

5. Beli perabot sesuai jumlah penghuni rumah

6 Tips Memilih Perabot untuk Rumah Baru Agar Tak Menyesalruang makan (instagram.com/asa_living)

Masukkan pula jumlah penghuni dalam pertimbangan saat membeli perabot baru untuk rumah. Untuk pasangan muda, utamakan mengisi rumah untuk keperluan dua orang dengan kemungkinan menambah satu sampai dua penghuni baru. Bisa untuk buah hati nantinya atau keperluan menjamu tamu.

Biasanya pertimbangan ini bisa termanifestasi dalam bentuk ukuran sofa yang dipilih. Bisa juga untuk menentukan jumlah matras cadangan dan kursi makan yang dibeli. 

6. Cari desain yang timeless

6 Tips Memilih Perabot untuk Rumah Baru Agar Tak Menyesalperabot bergaya mid century modern (instagram.com/that_retroman)

Tips terakhir adalah memilih desain perabot yang timeless alias tak mudah tergerus tren baru. Desain-desain mid century modern misalnya dikenal sebagai salah satu yang tak gampang kelihatan jadul. Cenderung netral dan elegan, masih akan tetap relevan dipakai bertahun-tahun berikutnya. 

Bukan berarti tidak ada kebebasan untuk memilih beberapa furnitur unik yang sesuai dengan selera dan niche kamu. Silakan masukkan beberapa sebagai aksen atau focal point di ruangan. 

Semua hal di atas tetap harus disesuaikan dengan dana yang tersedia, ya. Bagaimana pun dana berada di piramida teratas saat akan memilih dan membeli perabot

Baca Juga: 5 Inspirasi Tren Furnitur Semen Tetap Terasa Hommy dan Anti Kaku

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya