Comscore Tracker

Kamu Sudah Berusia 20-an? Yuk Segera Katakan ‘Tidak’ pada 5 Hal Ini

Jangan sia-siakan usia 20-an mu, ya!

Usia 20-an merupakan usia dimana seseorang akhirnya beralih dari remaja belasan menuju ke tahapan yang lebih dewasa. Di usia ini, pola pikir seseorang akan berkembang guna mengimbangi tanggung jawab yang semakin banyak pula.

Seringkali tanpa disadari sebenarnya pilihan-pilihan yang kamu ambil di usia 20-an ini bisa memengaruhi hidupmu di masa depan

Karena itu ada beberapa hal yang harusnya kamu tolak mentah-mentah di usia 20-an. Apa saja? Yuk simak dibawah ini.

1. Katakan tidak untuk membuang waktu

Kamu Sudah Berusia 20-an? Yuk Segera Katakan ‘Tidak’ pada 5 Hal Inicharcoalandgrace

Di usia 20-an ada banyak sekali yang bisa kamu lakukan. Daripada bermalas-malasan, sebaiknya kamu fokus untuk mengembangkan diri. Kamu bisa berusaha untuk menyelesaikan studi jika masih bersekolah atau sekadar mengembangkan hobi.

Siapa tahu hobi yang biasanya kamu lakukan hanya untuk senang-senang kelak bisa mendatangkan penghasilan, kan?

2. Katakan tidak untuk bermain-Main dalam sebuah hubungan

Kamu Sudah Berusia 20-an? Yuk Segera Katakan ‘Tidak’ pada 5 Hal Ininytimes

Memiliki hubungan dengan lawan jenis di usia 20-an tentunya akan terasa sangat berbeda dibanding ketika kalian masih sama-sama remaja. Di usia 20-an hubungan kalian akan terasa lebih realistis dan tidak melulu diwarnai dengan cinta-cintaan.

Daripada memiliki hubungan untuk sekedar ‘have fun’, ada baiknya kamu mulai berpikir serius tentang hubunganmu karena masa depan perlu disiapkan dari sekarang.

Baca Juga: 6 Alasan Mengeluh Bukan Pilihan Bijak di Usia 20an

3. Katakan tidak untuk toxic friends

Kamu Sudah Berusia 20-an? Yuk Segera Katakan ‘Tidak’ pada 5 Hal Inisomeecards

Seiring bertambahnya usia kita, semakin berkembang pula lingkar pertemanan di sekitar kita. Pada usia ini kamu harus sadar bahwa ‘quality always better than quantity’. Tidak ada gunanya kamu memiliki banyak teman yang hanya membawa pengaruh buruk untukmu.

Jika kamu memiliki toxic friends yang membuatmu merasa tidak nyaman atau membuatmu berhenti berkembang seperti itu, lebih baik kamu segera menjauh.

4. Katakan tidak untuk tetap di zona nyaman

Kamu Sudah Berusia 20-an? Yuk Segera Katakan ‘Tidak’ pada 5 Hal Inimedium.com

Godaan untuk tetap bertahan di zona nyaman memang sulit sekali untuk dilawan. Padahal untuk menggali kemampuanmu lebih dalam sekaligus untuk pengembangan diri dan pribadi, keluar dari zona nyaman adalah hal pertama yang harus kamu lakukan.

Memang tidak mudah dan penuh tantangan. Tetapi jika kamu bisa keluar dari zona nyaman dan bisa beradaptasi dengan baik, maka jalan bagi kamu untuk bisa berkembang juga semakin terbuka lebar.

5. Katakan tidak untuk menyerah

Kamu Sudah Berusia 20-an? Yuk Segera Katakan ‘Tidak’ pada 5 Hal Inithoughtcatalog

Berbagai masalah dan persoalan pasti telah banyak dihadapi oleh kamu yang berada di usia 20-an. Baik masalah keluarga, finansial, pertemanan, keluarga atau masalah pendidikan yang tak kunjung usai.

Kamu tidak boleh menyerah pada semua masalah-masalahmu. Teruslah berusaha dan berdoa dalam menyikapi masalah yang kamu hadapi, karena sesungguhnya hal yang indah menantimu di luar sana.

Berada di usia 20-an tentu tidak mudah. Semoga dengan belajar mengatakan tidak pada hal di atas, kamu bisa melewati usia 20-an mu dengan baik, ya!

Baca Juga: 10 Kutipan Kalimat Bill Gates yang Akan Menginspirasi Hidupmu

Dwi Kurniawati Lestari Photo Verified Writer Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya