Comscore Tracker

Tepis Pesimis, Coba 6 Hal Simpel Ini untuk Tingkatkan Optimis! 

Optimis bisa!

Optimis merupakan sikap selalu berpengharapan baik dalam segala hal dan kondisi. Memiliki sikap optimis tentunya tidak mudah karena optimis bukanlah karakter statis, melainkan dapat berubah karena beberapa hal seperti kondisi lingkungan, persoalan hidup atau mood yang kurang baik.

Nah, di tengah derasnya berbagai tantangan kehidupan bagaimana caranya agar tetap optimis? Yuk, simak beberapa cara mudah di bawah ini.

1. Bersyukur

Tepis Pesimis, Coba 6 Hal Simpel Ini untuk Tingkatkan Optimis! pexels/Element5 Digital

Bersyukur merupakan sikap menerima kondisi apapun dengan rasa terima kasih kepada Sang Maha Pencipta. Coba ingat kembali sesuatu yang pernah kamu peroleh meskipun kecil atau belum sesuai harapan, kamu tetap harus bersyukur. Dengan bersyukur atas berbagai hal yang terjadi dalam hidup akan membantumu untuk lebih meningkatkan pikiran positif bahkan ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik.

2. Positif self-talk

Tepis Pesimis, Coba 6 Hal Simpel Ini untuk Tingkatkan Optimis! pexels/bruce mars

Self-talk adalah cara kita berdialog dengan diri sendiri baik bersuara atau tanpa suara. Dengan melakukan positif self-talk dapat mensugesti diri untuk bertindak sesuai dengan apa yang sedang dipikirkan, karena self-talk memiliki kekuatan yang dapat mempengaruhi pikiran dan tindakan kita.

Tanpa disadari saat menghadapi kondisi sulit, kita sering bergumam "Aku gak mungkin bisa" atau "Kenapa semua terasa sulit". Nah, guys ketahuilah bahwa kalimat terseut adalah negatif self-talk yang ampuh untuk membunuh rasa optimis. Oleh karena itu buang pikiran negatif dan mulailah berpikiran positif seperti "Aku belum berhasil tapi jika berusaha sedikit lagi pasti bisa" atau "Segala sesuatunya pasti akan baik-baik saja selama aku berusaha".

"Tuhan bersama prasangka hambanya". Jadi mulai sekarang cobalah untuk positif self-talk ya! Selain menambah rasa optimis, positif self-talk juga dapat mendamaikan jiwa dan mengurangi beban di kepala.

3. Bergaul dengan orang-orang yang positif

Tepis Pesimis, Coba 6 Hal Simpel Ini untuk Tingkatkan Optimis! pexels/Zun Zun

Bergabunglah bersama teman-teman yang memiliki pemikiran positif serta tidak mudah mengeluh. Jika memiliki teman dengan 'hobi' mengeluh, pandai-pandailah membentengi diri agar tidak tertular berkeluh kesah, karena mengeluh dapat membuat pesimis lho! Daripada berkeluh kesah, lebih baik semangat produktif. Betul kan!

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu Bisa Tetap Semangat Sepanjang Hari

4. Tergabung dalam kegiatan volunteer

Tepis Pesimis, Coba 6 Hal Simpel Ini untuk Tingkatkan Optimis! pexels/rawpixel.com

Membantu seseorang tidak hanya membuat perasaan menjadi lebih baik, tetapi juga merasa lebih positif. Menjadi seorang volunteer atau relawan dapat membuatmu merasa bersyukur atas apa yang kamu miliki, selain itu kamu dapat membangun relasi dengan banyak orang. Pastinya dengan menolong orang akan membuat hidupmu lebih bahagia dan bermakna.

5. Apapun kondisinya cobalah untuk tersenyum

Tepis Pesimis, Coba 6 Hal Simpel Ini untuk Tingkatkan Optimis! pexels/bruce mars

Tampaknya mudah tetapi tersenyum saat keadaan kacau adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Nah, cobalah berkaca di depan cermin, rileks dan kemudian tersenyumlah. Bagaimanapun kondisimu cobalah untuk tersenyum, misal dengan mengingat hal-hal yang menyenangkan dan positif. Tersenyum dapat membuat perasaan menjadi lebih baik, positif dan bersemangat.

6. Berpikir tenang dan rileks

Tepis Pesimis, Coba 6 Hal Simpel Ini untuk Tingkatkan Optimis! pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Berpikir tenang dan rileks seperti melaukan meditasi atau berdoa dapat membuat suasana hati dan pikiran menjadi tenang, hal semacam ini dapat membantu untuk berpikir positif dan menumbuhkan rasa optimis. Semakin banyak berpikiran positif maka optimis akan hadir secara alami.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk meningkatkan optimis. Perlu diketahui juga bahwa seseorang yang optimis mempunyai resiko lebih rendah terjangkit penyakit kardiovaskular lho! Dengan optimis tentunya fisik dan psikis menjadi lebih sehat karena tidak dibayang-bayangi oleh pikiran negatif.

Baca Juga: Tetap Optimis, 5 Kenyataan Hidup Ini Bukan Penentu Kesuksesanmu

Dyah M Photo Verified Writer Dyah M

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 09:30:04

Progress: 759.987 dari 813.350 TPS (93.43911%)

Just For You