Comscore Tracker

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Merasa Lelah

Hindari minum minuman berenergi!

Jika kamu melewatkan beberapa jam tidur atau bekerja terlalu keras selama beberapa hari, kamu pasti akan merasa kelelahan pada suatu titik. Dan, beberapa orang mungkin akan berpikir bagaimana agar tetap terjaga di saat tubuh sedang lelah agar bisa tetap beraktivitas. Meskipun kadang hal tersebut tampak seperti ide yang bagus atau membuat kamu tampak profesional, namun sebenarnya ada hal-hal yang harus kamu hindari saat sedang lelah. Ini penting agar kamu tidak melakukan hal yang bisa memperburuk keadaanmu atau membuat kamu menyesal nantinya.

Ini adalah hal-hal yang harus kamu hindari jika sedang lelah beserta alasannya.

1. Minum minuman berenergi

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Merasa Lelahilustrasi minuman berenergi (pexels.com/breakingpic)

Meskipun minuman berenergi dapat memberi kamu dorongan energi yang cepat, bukanlah ide yang baik untuk mengonsumsi minuman ini agar kamu tetap terjaga. Dikutip situs Bustle, minuman berenergi biasanya mengandung tinggi vitamin B, yang dapat bertindak sebagai stimulan, dan kemudian menyebabkan insomnia yang memperparah kelelahan.

Jika kamu merasa perlu meningkat energi, minumlah satu minuman berkafein di pagi hari. Dengan demikian, kamu tetap memiliki banyak waktu agar efek kafein ini hilang sebelum jam tidur dan di malam hari kamu tetap bisa beristirahat.

2. Mengerjakan tugas penting

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Merasa Lelahilustrasi bekerja dengan laptop (pexels.com/Oleg Magni)

Jika memungkinkan, tunda obrolan penting dengan bos sampai kamu merasa lebih baik dan jauh lebih waspada. Begitu pula dalam hal mengambil keputusan dalam tugas-tugas yang penting.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Journal of Neuroscience menemukan bahwa orang dewasa yang kurang tidur lebih mungkin untuk melihat sesuatu sebagai sesuatu yang positif dan kecil kemungkinannya untuk mengenali hasil negatif. Artinya, kamu mungkin tidak menyadari bahwa kamu sudah mengambil keputusan negatif saat lelah dan kemungkinan akan menyesalinya begitu kamu sudah merasa segar.

3. Berdebat

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Merasa Lelahilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Keira Burton)

Saat kamu lelah, perselisihan ringan dapat dengan cepat terasa berat. Menurut penelitian dalam jurnal Current Biology, kurang tidur membuat individu lebih sulit untuk mengendalikan emosi. Dalam keadaan lelah, otak hampir tidak dapat menempatkan pengalaman emosional dalam konteks dan menghasilkan respons yang terkontrol dan sesuai.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience juga memberikan hasil yang serupa dengan penelitian sebelumnya. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa lebih sulit untuk membaca ekspresi wajah secara akurat ketika kamu sedang lelah, yang berarti kamu cenderung salah mengartikan maksud orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Gak Merasa Lemah Saat Kamu Lelah Berjuang

4. Berolahraga terlalu keras

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Merasa Lelahilustrasi olahraga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebenarnya, tidak masalah melakukan olahraga saat sedang merasa lelah. Namun, pastikan kamu melakukannya dengan santai. Fokuslah pada kardio ringan, seperti jalan kaki atau bersepeda. Jauhi olahraga yang terlalu berat untuk menghindari cedera.

Dikutip dari laman The Healthy, kamu lebih mungkin untuk mengalami kram otot atau cedera saat lelah, terutama punggung. Ini karena saat lelah, kamu lebih sulit untuk fokus pada latihan dan menjaga kestabilan. Selain itu, jika kamu ingin tetap berolahraga saat tubuh tidak benar-benar bugar, makanlah sepotong buah untuk mendapatkan energi sebelum latihan yang sehat.

5. Membuka media sosial

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Merasa Lelahilustrasi media sosial (pexels.com/Tracy Le Blanc)

Kamu mungkin berpikir bahwa scrolling media sosial adalah aktivitas yang menyenangkan dan santai, sehingga sangat cocok dilakukan ketika kamu sedang merasa lelah dan malas. Tapi, anggapan ini tidak selalu benar.

Menurut laman The Healthy, saat kamu lelah, penilaian dan pengendalian dirimu mungkin tidak dalam kapasitas penuh, dan kamu lebih cenderung membuat unggahan atau komentar yang kemudian akan kamu sesali. Selain itu, menatap smartphone sebenarnya bisa membuat kamu terjaga lebih lama, sehingga sangat tidak tepat dilakukan saat sedang merasa lelah.

Meskipun sering tampak seperti ide yang bagus, melakukan hal-hal di atas saat kamu sedang lelah justru bisa menambah masalah. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa lelah adalah dengan bersantai dan dapatkan tidur malam yang nyenyak. Dengan demikian, kamu akan jadi lebih segar dan bisa kembali beraktivitas dengan baik.

Baca Juga: 5 Alasan Logis 'Lelah Bekerja' Lebih Baik daripada 'Lelah Cari Kerja'

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya