6 Aktivitas Ini Gak Layak Diumbar ke Publik, Lakukan Diam-diam Saja

Gak semua hal bisa dipamerkan lho!

Semenjak media sosial dan YouTube menjadi tren, masyarakat mendadak bertransformasi menjadi vlogger yang mendokumentasikan dan membagikan segala aktivitas kesehariannya.

Hal ini sah-sah saja kalau memang kamu sendiri bahagia dalam melakukannya. Apalagi jika kemudian bisa menjadi sumber penghasilan buatmu.

Kendati demikian, gak semua aktivitas bisa kamu jadikan konten untuk vlog-mu. Seperti beberapa aktivitas berikut ini. Alih-alih dipamerkan, aktivitas ini malah sebaiknya kamu lakukan secara diam-diam. Apa saja? Simak ulasannya ya.

1. Ibadah

6 Aktivitas Ini Gak Layak Diumbar ke Publik, Lakukan Diam-diam SajaShopback.co.id

Ibadah merupakan salah satu aktivitas yang menunjukkan bakti manusia pada Tuhan. Karena ibadah merupakan aktivitas serius dan khusus antara seorang hamba dan Tuhan. Sebaiknya kamu melakukan ibadah secara diam-diam dan gak perlu mengumbarnya ke publik.

2. Sedekah

6 Aktivitas Ini Gak Layak Diumbar ke Publik, Lakukan Diam-diam SajaUnsplash.com/Kat Yukawa

Sedekah adalah kegiatan yang sangat mulia. Kamu patut berbangga pada dirimu sendiri jika memang kamu senang bersedekah dan ingin mengajak orang lain bersedekah. Kendati demikian, kamu gak perlu menunjukkan ke orang lain saat kamu sedang bersedekah. Lebih baik kamu bersedekah secara diam-diam. Hal ini penting untuk menjaga keikhlasan dan meluruskan niatmu dalam bersedekah.

3. Memberi hutang

6 Aktivitas Ini Gak Layak Diumbar ke Publik, Lakukan Diam-diam SajaUnsplash.com/Artem Bali

Kamu baik sekali karena suka memberi pinjaman pada orang lain yang membutuhkan. Akan tetapi, lebih baik kamu melakukan aktivitas ini secara diam-diam dan pastikan gak ada orang lain yang tahu. Tujuannya adalah supaya orang yang kamu beri hutang gak merasa malu.

Tapi cara ini hanya berlaku ketika kamu meminjamkan uang pada orang yang kamu percaya dan dalam jumlah kecil. Kalau jumlahnya besar kamu tetap harus menggunakan materai dan menghadirkan saksi.

Baca Juga: Isi Gak Biasa, 6 Lagu KPop Ini Bercerita tentang Pengaruh Media Sosial

4. Berdoa

6 Aktivitas Ini Gak Layak Diumbar ke Publik, Lakukan Diam-diam SajaTarbiyah.net

Doa menunjukkan ketidakberdayaan seorang hamba, sehingga dirinya meminta kepada Tuhan agar mendapatkan apa yang ia inginkan. Doa haruslah dilakukan secara serius dan khusus antara kamu dan Tuhan. Maka dari itu, orang lain gak perlu tahu doa apa yang kamu panjatkan. Cukuplah kamu dan Tuhan yang mengetahuinya.

5. Menangis

6 Aktivitas Ini Gak Layak Diumbar ke Publik, Lakukan Diam-diam SajaUnsplash/Claudia

Percaya deh, semua orang pernah sedih dan menangis kok. Tapi bukan berarti kamu bisa menangis di sembarang tempat atau sengaja menunjukkan ke orang lain. Hal ini bisa bikin orang lain bingung dan panik. Bahkan bisa juga kamu malah dicap lebay dan manja.

Sebaiknya kamu langsung masuk ke dalam kamar dan mengunci pintu. Menangis di kamar malah bisa membuat kamu lebih puas karena bisa menangis selama apapun yang kamu mau.

6. Membantu orang lain

6 Aktivitas Ini Gak Layak Diumbar ke Publik, Lakukan Diam-diam SajaUnsplash.com/Rachel

Menolong orang lain adalah kegiatan yang mulia dan membuat kamu disukai orang-orang di sekitarmu. Tapi kamu gak perlu dengan sengaja memposting aktivitasmu saat sedang menolong orang lain ke media sosial, apalagi kalau tujuanmu adalah mengharap pujian. Menolong orang lain haruslah diniatkan dengan ikhlas dan semata-mata karena ingin meringankan beban mereka.

Itu tadi beberapa aktivitas yang lebih baik kamu lakukan dengan diam-diam. Semoga ke depan kamu bisa lebih bijak dan memahami mana hal yang bisa dipamerkan dan mana yang tidak.

Baca Juga: 7 Tipe Orang Berdasarkan Cara Berkomunikasi di Media Sosial

Eka Photo Community Writer Eka

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You