Comscore Tracker

Bukan Egois, Ini 5 Alasan Kuat Kamu Perlu Memprioritaskan Diri Sendiri

Karena kalau bukan kamu, siapa lagi?

Selama ini kita semua dituntut untuk mendahulukan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi. Dan saat ini sudah waktunya kita semua berpaling dari kepercayaan bahwa mengutamakan diri sendiri adalah sifat yang egois.

Yap, mencintai dan memprioritaskan kebutuhan diri sendiri di atas yang lainnya sama sekali tidak akan menjadikanmu orang yang mengerikan. Sebab, kita semua memiliki kepentingan dan tujuan hidup masing-masing, dan kita sendirilah yang harus berusaha untuk mewujudkannya.

Buat kamu yang masih ragu-ragu untuk memprioritaskan dirimu sendiri di atas yang lainnya, berikut beberapa alasan kuat dan logis kenapa mulai sekarang kamu perlu memprioritaskan dirimu sendiri mulai sekarang.

1. Setiap manusia memiliki tujuan hidup yang perlu diwujudkan

Bukan Egois, Ini 5 Alasan Kuat Kamu Perlu Memprioritaskan Diri SendiriUnsplash.com/Product School

Sangat wajar dan manusiawi jika kamu mendambakan masa depan yang bahagia, serba berkecukupan, dan dimuliakan. Untuk mendapatkan itu semua, tentunya kamu perlu bekerja keras dan banyak berkorban di usia yang masih produktif. Maka dari itu, tidak salah jika kamu mengutamakan tujuanmu daripada harapan orang lain.

Menunda pernikahan untuk mendapatkan pendidikan dan karier yang lebih baik. Bekerja keras di saat kawan-kawan seusiamu memilih menghabiskan waktunya untuk bersenang-senang. Menjadikan hal-hal tersebut sebagai prioritas sepenuhnya adalah hakmu.

2. Belajar menerima orang lain apa adanya

Bukan Egois, Ini 5 Alasan Kuat Kamu Perlu Memprioritaskan Diri SendiriUnsplash/Yuvraj Singh

Dengan menghabiskan waktu untuk diri sendiri, kamu jadi bisa lebih mengenal diri sendiri. Jauh di dalam lubuk hati, semua manusia sebenarnya memiliki banyak kesamaan. Sama-sama memiliki sisi rapuh, sensitif, dan kita semua memiliki hasrat untuk dihargai dan diterima sebagai diri sendiri apa adanya.

Jika kamu sudah bisa menerima dan memaafkan kekuranganmu sendiri, kamu juga akan belajar untuk mencintai orang lain dengan kekurangan mereka.

Baca Juga: 8 Cara Konkret Mencintai Diri Sendiri, Berani Terapkan?

3. Kamu perlu memaksa diri sendiri untuk mengabaikan penghalang dalam mencapai kebahagiaan

Bukan Egois, Ini 5 Alasan Kuat Kamu Perlu Memprioritaskan Diri Sendiriunsplash.com/Eli DeFaria

Memprioritaskan diri sendiri berarti kamu harus rela lepas dari apa yang menghalangimu dari kebahagiaan. Mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang beracun yang selalu berusaha menjatuhkanmu, dan mengabaikan haters atau pembenci yang setia mengkritisi apa yang kamu lakukan.

Dengan begitu, kamu akan memaksa diri sendiri untuk mengejar hal-hal yang paling berharga dan kamu butuhkan dalam hidup serta mengacuhkan hal-hal tidak penting yang menjadi penghalang kebahagiaan.

4. Memberikan energi positif bagi orang-orang yang kamu sayangi

Bukan Egois, Ini 5 Alasan Kuat Kamu Perlu Memprioritaskan Diri SendiriUnsplash.com/Satria Perkasa

Sama seperti kamu yang ingin keluarga dan orang-orang di sekitarmu hidup sehat, bahagia, dan berkembang, mereka juga menginginkan hal yang sama padamu. Jika kamu memiliki fisik dan mental yang lemah, lekas marah, dan mudah putus asa. Hal ini tidak hanya berpengaruh terhadap kehidupanmu tapi juga orang-orang yang kamu cintai.

Dengan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengusahakan yang terbaik untukmu, hal ini tidak hanya akan membuat kehidupanmu lebih baik, tapi juga memberikan energi positif bagi orang-orang yang kamu cintai.

5. Tidak ada orang yang benar-benar akan memprioritaskanmu dalam kehidupan kecuali dirimu sendiri

Bukan Egois, Ini 5 Alasan Kuat Kamu Perlu Memprioritaskan Diri SendiriUnsplash.com/Paulette wooten

Kecuali keluarga dan pasangan yang tepat, tidak ada orang yang benar-benar akan memprioritaskanmu dalam kehidupan. Jadi, satu-satunya orang yang akan menjadikanmu prioritas adalah dirimu sendiri. Untuk itu, kamu harus menjadi penasihat bagi dirimu sendiri, berdiri sendiri, dan mengejar impianmu sendiri.

Luangkanlah waktu untuk melakukan hal-hal yang membawamu pada sukacita dan manfaat. Jika kamu memprioritaskan kebahagiaan dan impianmu di atas yang lainnya, maka kamu pasti akan bisa menjalani kehidupan dengan perasaan bahagia, syukur, dan lebih dekat dengan kesuksesan.

Menjadikan diri sendiri sebagai prioritas tidak selalu berarti dirimu egois, bahkan terkadang hal ini bisa memberikannya manfaat tidak hanya bagi diri sendiri tapi juga orang lain. Jadi, kamu tidak perlu ragu memprioritaskan diri sendiri.

Baca Juga: 5 Fakta Pentingnya Menjadi Diri Sendiri yang Apa Adanya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya