Comscore Tracker

5 Bahaya yang Mengintai di Tengah Konser Musik, Patut Dihindari!

Selalu perhatikan keamanan dan keselamatan

Banyak orang senang menghadiri konser musik karena berbagai alasan. Meskipun menghadiri konser bisa memberikan pengalaman yang ajaib dan mendebarkan, ada berbagai risiko yang dapat membahayakan keselamatan saat berada di tempat ini.

Ada banyak faktor yang menyebabkan tempat konser bisa memicu bahaya, seperti keramaian, cuaca, suara yang keras, penggunaan alkohol, dan masih banyak lagi. Untuk membantu kamu meningkatkan kewaspadaan, di sini akan dipaparkan beberapa ancaman yang ada di tengah konser musik.

1. Perilaku tak terkendali akibat penyalahgunaan alkohol  

5 Bahaya yang Mengintai di Tengah Konser Musik, Patut Dihindari!ilustrasi konser musik (pexels.com/Wendy Wei)

Banyak orang cenderung menggunakan obat-obatan selama konser, dan dapat dengan mudah mengalami overdosis. Konsumsi minuman beralkohol dan penyalahgunaan zat adalah faktor utama yang menyebabkan cedera terkait konser. Penggunaan zat semcam ini dapat mendorong terjadinya perilaku sembrono dan karenanya terkait dengan kecelakaan.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism tahun 1997, konsumsi alkohol dapat mengganggu fungsi normal otak. Ini kemudian akan menyebabkan beberapa efek negatif, seperti penglihatan kabur, pengambilan keputusan yang buruk, reaksi tertunda, keseimbangan yang buruk, dan menjadi lebih agresif. Semua efek ini dapat memicu kecelakaan dan cedera terkait.

2. Gangguan pendengaran  

5 Bahaya yang Mengintai di Tengah Konser Musik, Patut Dihindari!ilustrasi gangguan pendengaran (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Suara pada konser musik tentu saja menggelegar. Normalnya, kamu perlu menggunakan headphone peredam suara untuk melindungi pendengaran. Sayangnya, sangat jarang penonton konser yang melakukan tindakan seperti ini.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), suara keras sangat berbahaya bagi telinga bagian dalam. Satu kali saja paparan terhadap suara keras yang ekstrem atau mendengarkannya dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran ini berlangsung selama paparan berlanjut. Efek berbahaya dapat berlanjut bahkan setelah paparan kebisingan dihentikan.

Baca Juga: Bahaya Stalking Media Sosial Mantan dan Tips buat Berhenti

3. Efek yang tidak diinginkan dari kembang api  

5 Bahaya yang Mengintai di Tengah Konser Musik, Patut Dihindari!ilustrasi kembang api (pexels.com/rovenimages.com)

Terkadang, penyelenggara konser musik melibatkan penampilan kembang api di tengah-tengah konser. Masalah muncul ketika kembang api dinyalakan di atas panggung yang dikelilingi oleh orang banyak.

Menurut keterangan dari Ministry of Labour, Training and Skills Development, sangat mungkin terjadi kesalahan saat menyalakan kembang api dan mengakibatkan sejumlah kecelakaan. Kembang api dapat menyebabkan kebakaran atau mengenai penggemar yang memicu cedera atau bahkan kematian.

4. Tergelincir dan jatuh

5 Bahaya yang Mengintai di Tengah Konser Musik, Patut Dihindari!ilustrasi konser musik (pexels.com/Thibault Trillet)

Banyak faktor dapat meningkatkan risiko tersandung dan jatuh saat konser, seperti keramaian, penggunaan obat-obatan, alkohol, lantai yang licin, hingga cuaca. Karena alasan ini, tergelincir dan jatuh menjadi risiko konser yang patut diwaspadai.

Setiap orang tentunya ingin tampil maksimal saat datang ke konser, tetapi pikirkan kembali bahaya yang mengintai. Untuk itu, hindari mengenakan sepatu yang tidak praktis yang menawarkan sedikit stabilitas saat kamu hendak mengunjungi konser untuk menghindari risiko terjatuh.

5. Dehidrasi

5 Bahaya yang Mengintai di Tengah Konser Musik, Patut Dihindari!ilustrasi konser musik (pexels.com/picjumbo.com)

Banyak orang lupa menjaga tubuh mereka tetap terhidrasi begitu berada di tengah konser. Padahal, konser sering kali berlangsung selama berjam-jam dan ini membuat kamu berisiko mengalami pingsan karena dehidrasi. Sayangnya, tidak semua penyelenggara konser mengizinkan pengunjung membawa makanan dan minuman dari luar.

Namun, tenang, ada solusi untuk masalah ini. Menurut laman Spoon University, untuk mengurangi risiko dehidrasi, minumlah minuman olahraga sebelum memasuki tempat konser. Tidak hanya akan memberi energi, tetapi minuman olahraga juga akan menyeimbangkan gula dan natrium dalam tubuh.

Di mana pun kamu berada, selalu ingat bahwa keselamatan dirimu sangat penting. Untuk itu, pahami risiko yang mungkin terjadi sebelum kamu mendatangi acara apa pun. Selain itu, ingatlah untuk mengikuti instruksi, laporkan kekhawatiran apa pun, dan sebisa mungkin hindari situasi berisiko tinggi untuk menghindari cedera.

Baca Juga: 5 Tips Memaksimalkan Smartphone untuk Foto Konser

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya