Comscore Tracker

5 Tips Memaksimalkan Smartphone untuk Foto Konser

Bidik foto konser dengan smartphone? Why not!

Pandemik COVID-19 memang masih berlalu, pembatasan kegiatan juga masih berlaku. Namun beberapa wilayah telah membuka kelonggaran untuk melakukan aktivitas massal. Salah satunya adalah Indonesia, tepatnya di Jakarta.

Melalui Inmendagri 57/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 COVID-19 di Wilayah Jawa dan Bali, tertulis bahwa masyarakat yang berada di PPKM level 1 diperbolehkan untuk mengadakan kegiatan berkerumun dengan kapasitas 75 persen. Beberapa di antaranya adalah kegiatan olahraga, seni, budaya, dan sosial. Tak terkecuali kegiatan konser musik.

Beberapa pihak telah melakukan konser secara offline, tentu ini menjadi angin segar bagi penikmat musik yang telah rindu untuk menikmati atmosfer panggung musik. Setelah sekian lama tak menikmati konser, pasti kamu kangen, kan, sing along dan mengabadikan momen menonton konser?

Nah, sebelum nantinya kamu mengincar konser impianmu, tak ada salahnya untuk mempelajari trik fotografi menggunakan smartphone yang serba praktis untuk mengabadikan momen nonton konser.

1. Usahakan lokasi membidik foto dekat dengan panggung

5 Tips Memaksimalkan Smartphone untuk Foto Konserilustrasi foto band pada konser (pexels.com/Wendy Wei)

Jangan iri dengan fotografer profesional yang mendapatkan lokasi bagus untuk membidik foto. Kamu juga bisa mendapatkan hasil foto bagus walaupun berada di luar panggung. 

Caranya adalah berdiri di tempat ideal, contohnya tepat di barikade keamanan di depan panggung. Posisi dengan panggung gak hanya membuat kamu dekat dengan objek, namun hasil fotomu akan minim dari objek mengganggu seperti kepala, lengan atau benda-benda lainnya yang dibawa penonton di sekitarmu.

2. Matikan flash smartphonemu

5 Tips Memaksimalkan Smartphone untuk Foto Konserilustrasi menggunakan flash (unsplash.com/sam bloom)

Selain mengganggu kenyamanan band atau penyanyi yang tampil sekaligus mengusik kenyamanan penonton, flash rupanya juga merusak hasil fotomu. Contoh, ketika fog machine dinyalakan dan asap keluar memenuhi panggung, flash smartphone yang kamu gunakan malah akan mencerahkan asap tersebut dan menghasilkan gambar yang gak ciamik.

Solusinya, kamu bisa manfaatkan lampu konser agar hasil fotomu lebih maksimal. Apalagi lampu konser seringkali berganti warna, hasilnya pasti akan lebih dramatis!

Baca Juga: 5 Tips Foto dengan Kamera HP agar Instagram Feed Makin Keren

3. Tunggu lampu panggung berwarna terang

5 Tips Memaksimalkan Smartphone untuk Foto Konserilustrasi foto panggung gigs (pexels.com/Roy Reyna)

Berkesinambungan dengan poin sebelumnya, sering kali lampu panggung berganti-ganti warna. Ada yang gelap seperti biru dan ungu, kemudian ada juga terang seperti kuning dan putih.

Karena sensor kamera smartphone lebih kecil daripada kamera DSLR profesional, mengakibatkan kualitas gambarnya rendah. Terutama jika situasi cahaya di sekitar juga minim. Salah satu cara mengatasinya adalah cekatan melihat momen pergantian warna lampu.

Kamu bisa memilih momen warna terang seperti kuning atau putih untuk menghasilkan objek yang lebih jelas. Dengan trik ini, fotomu akan minim buram dan terlihat lebih fokus. 

4. Gunakan mode burst

5 Tips Memaksimalkan Smartphone untuk Foto Konserilustrasi mode burst (pexels.com/tyler hendy

Masih berkaitan dengan lighting, umumnya lampu panggung bergerak dengan cepat serta mengikuti gerak dan aksi musisi. Lalu bagaimana agar mendapatkan hasil yang ciamik? Manfaatkan mode burst di smartphone, deh.

Dengan mode burst yang menangkap banyak dalam sekali jepret—mungkin ratusan frame—kamu bisa mendapatkan momen tak terduga untuk foto konsermu. Tak hanya mendapatkan momen yang kamu inginkan, bahkan kamu bisa mendapatkan hasil foto tak terduga yang berkesan. Coba, deh!

5. Simpan foto dengan format RAW 

5 Tips Memaksimalkan Smartphone untuk Foto Konserilustrasi menyimpan foto format RAW (pexels.com/cottonbro)

Jika smartphone yang kamu miliki memungkinkan untuk mengambil dalam format RAW, do it! Ini dikarenakan jika memotret menggunakan format JPEG, smartphone cenderung menambahkan kontras, saturasi, dan ketajaman secara otomatis.

Hasilnya memang bagus ketika kamu lihat di smartphone, namun jika kamu ingin melakukan editing di perangkat seperti komputer atau laptop, hasil foto tersebut akan pecah. 

6. Bagikan momen nonton konsermu dengan kawan-kawan vivo CLUB Indonesia  

5 Tips Memaksimalkan Smartphone untuk Foto Konserfoto gathering komunitas vivo CLUB Indonesia (www.vivoclub.id)

Nah, setelah asyik sing along, dapat foto bagus, dan melakukan edit pada foto terbaikmu, jangan lupa bagikan karyamu serta momen seru ketika nonton konser pada kawan-kawan vivo CLUB Indonesia, nih. 

vivo CLUB Indonesia merupakan komunitas tempat berkumpulnya anak-anak muda untuk berjejaring. Mereka rutin sharing mengenai smartphone, sport, teknologi, hiburan, hingga tips and trick menggunakan smartphone vivo.

Tentang fotografi? Ada, dong, pastinya! Komunitas ini juga sering mengadakan acara offline dan online, lho. Kamu bahkan berkesempatan dapat ilmu baru dari teman sekitar maupun praktisi yang mengisi acara mereka. Kalau kamu tertarik untuk join, langsung aja mampir ke www.vivoclub.id atau Instagram @vivoclub.id, ya. 

Baca Juga: 5 Tips Foto ala Model yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri di Rumah

Debby Utomo Photo Writer Debby Utomo

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya