Comscore Tracker

Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 6 Manfaat Facial secara Rutin

Harus dilakukan dengan tepat, ya!

Facial massage adalah perawatan yang bisa kamu lakukan dengan praktisi atau sendiri. Teknik ini melibatkan titik-titik tekanan rangsangan pada wajah, leher, dan bahu. Untuk melakukan facial, biasanya digunakan losion, minyak, atau balsem pembersih dengan bantuan alat pijat wajah, roller, atau lainnya. 

Salah satu manfaat instant yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan facial massage adalah merilekskan otot wajah. Tapi selain itu, ternyata facial juga bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit sekaligus mengobati kondisi tertentu. Apa sajakah itu? Yuk, baca sampai tuntas untuk tahu jawabannya.

1. Mengurangi stres

Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 6 Manfaat Facial secara Rutinpexels.com/Gustavo Fring
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biomedical Research, pijat wajah mengaktifkan sistem saraf simpatik. Hal ini dapat mengurangi tingkat kecemasan dan meningkatkan suasana hati.
 
Ini karena ada ratusan titik tekanan di wajah yang terhubung ke berbagai sistem di tubuh. Saat titik-titik tekanan ini dipijat, tubuh kemudian meresponsnya.
 
Pijat wajah yang baik tidak hanya membuat kulit bersinar, tetapi juga memengaruhi fungsi organ lainnya. Nah, bagi kamu yang tidak mengetahui semua titik tekanan, kamu perlu mengunjungi profesional.
 

2. Mengobati jerawat dan bekas jerawat

Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 6 Manfaat Facial secara Rutinunsplash.com/Ayo Ogunseinde
Saat kamu memencet jerawat, ini berisiko menimbulkan jaringan parut. Padahal, bekas jerawat bisa membandel dan sulit dihilangkan. Akan tetapi, facial wajah yang dilakukan oleh profesional bisa membantu mengatasi hal ini.
 
Saat melakukan facial di klinik, ahli kecantikan seringkali menggunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk mengobati jerawat. Sebuah penelitian dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menunjukkan bahwa asam salisilat membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang timbul di kulit.

3. Mengatasi tanda penuaan

Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 6 Manfaat Facial secara Rutinunsplash.com/Septian Simon

Salah satu manfaat utama facial adalah kemampuannya untuk memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan. Sebuah studi dalam PLoS One meneliti tentang keefektifan pijat wajah termasuk perangkatnya.

Dalam penelitian tersebut, peserta diharuskan menggunakan perangkat dan krim anti penuaan di wajah dan leher mereka selama 8 minggu. Hasilnya, efek krim meningkat saat digunakan dengan pijat wajah. Perbaikan terlihat pada kerutan, kulit kendur, dan tekstur.

Baca Juga: 5 Manfaat Low pH Facial Cleanser yang Perlu Kamu Ketahui

4. Kulit wajah jadi lebih bercahaya

Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 6 Manfaat Facial secara Rutinunsplash.com/Noah Buscher

Facial wajah bisa jadi kunci untuk mendapatkan kulit cerah dan bersinar. Penelitian dalam International Journal of Dermatology menemukan bahwa 59 persen perempuan yang menjalani pijat wajah melaporkan perasaan segar dan peremajaan. Sekitar 54 persen melaporkan kulit kenyal, sementara 50 persen mengalami pengencangan kulit.

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa menstimulasi otot wajah dapat membantu mengencangkan kulit, meredakan otot yang tegang, dan meningkatkan sirkulasi.

5. Meringankan sinus

Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 6 Manfaat Facial secara Rutinpexels.com/Polina Tankilevitch

Menurut laman Healthline, facial massage juga bisa membantu meringankan gejala sinus. Selama bukan kasus infeksi atau sinusitis akut, kamu dapat menggunakan pijatan untuk mengurangi tekanan, ketidaknyamanan, dan hidung tersumbat.

Pijat sinus juga dapat membantu meningkatkan drainase lendir, meredakan sakit kepala, dan meningkatkan sirkulasi.

6. Mengelola jaringan parut

Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 6 Manfaat Facial secara Rutinpexels.com/Gustavo Fring

Jika kamu memiliki bekas luka di wajah yang sedang dalam proses penyembuhan, facial massage bisa sangat bermanfaat. Memijat jaringan parut dan area sekitarnya dapat membantu meningkatkan aliran darah, mengendurkan jaringan di sekitarnya, dan meratakan benjolan.

Pijat wajah juga dapat membantu meredakan gejala seperti nyeri, gatal, dan nyeri tekan. Peneliti dalam jurnal Burns menemukan bahwa terapi pijat efektif dalam mengurangi rasa sakit dan gatal pada kulit sekaligus memperbaiki munculnya bekas luka yang timbul akibat luka bakar.

Nah, agar facial yang kamu lakukan bisa memberikan manfaat di atas, pastikan kamu mendatangi klinik terpercaya yang memiliki reputasi baik. Atau kamu juga bisa melakukan facial sendiri di rumah, tapi pastikan kamu sudah belajar cara melakukan facial dengan tepat dan selalu menjaga higienitas, ya!

Baca Juga: Dermaster Luncurkan Hydrafacial Treatment Facial Pertama di Indonesia

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya