Comscore Tracker

6 Langkah Ampuh Meningkatkan Kesehatan Mental, Bikin Hidup Bahagia

Langsung terapkan sekarang juga

Kesehatan mental merupakan kesejahteraan psikologis secara keseluruhan, atau perasaanmu tentang diri sendiri dan orang lain serta kemampuan untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari. Memiliki mental yang sehat sangatlah penting untuk menghadapi kehidupan yang penuh dengan perubahan dan tekanan.

Kesehatan mental sendiri dapat dicapai dengan langkah-langkah praktis yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Dikutip dari laman Psychology Today dan Mental Health Foundation, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental.

1. Katakan hal-hal positif tentang dirimu 

6 Langkah Ampuh Meningkatkan Kesehatan Mental, Bikin Hidup Bahagiaunsplash.com/Omid Armin

Menurut laman Psychology Today, penelitian menunjukkan bahwa cara berpikir tentang diri sendiri dapat memberikan pengaruh yang kuat pada perasaanmu. Ketika kamu mempersepsikan diri dan hidupmu secara negatif, kamu akhirnya akan mengalami sesuai apa yang kamu persepsikan tersebut. Oleh sebab itu, kamu perlu berlatih menggunakan kata-kata yang mendorong perasaan rasa percaya diri dan kekuatan pribadi.

2. Olahraga secara teratur

6 Langkah Ampuh Meningkatkan Kesehatan Mental, Bikin Hidup Bahagiaunsplash.com/Rawan Yasser

Olahraga mampu membuat otak melepaskan bahan kimia yang membuatmu merasa lebih baik. Olahraga teratur dapat meningkatkan harga diri, memperbaiki konsentrasi, dan tidur. Olahraga juga membantu menjaga kesehatan otak dan organ vital lainnya.

Berolahraga tidak berarti kamu harus pergi ke gym atau olahraga yang menguras tenaga. Berjalan-jalan di taman, berkebun, atau melakukan pekerjaan rumah juga sudah cukup untuk membuatmu tetap aktif. Justru, para ahli menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik yang kamu suka sebagai bagian dari olahraga selama sekitar 30 menit setidaknya lima kali dalam satu minggu.

3. Lebih terbuka terhadap orang lain

6 Langkah Ampuh Meningkatkan Kesehatan Mental, Bikin Hidup BahagiaUnsplas.com/Beakoof.com Official

Mengetahui bahwa kamu dihargai oleh orang lain penting untuk membantumu berpikir lebih positif. Ditambah, bisa mempercayai orang lain dapat meningkatkan kesejahteraan emosional, karena ketika kamu bisa menemukan aspek positif pada orang lain, kamu juga akan menjadi lebih baik dalam mengenali aspek diri sendiri.

Baca Juga: Bukan Sekadar Hobi, Ini Manfaat Memelihara Hewan bagi Kesehatan Mental

4. Tidur tepat waktu

6 Langkah Ampuh Meningkatkan Kesehatan Mental, Bikin Hidup Bahagiaunsplash.com/Vladislav Muslakov

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Jadi, cobalah untuk tidur pada waktu yang teratur setiap hari.

Juga, praktikkan kebiasaan baik untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, seperti mematikan barang elektronik satu jam sebelum tidur, menggunakan tempat tidur hanya untuk tidur atau aktivitas santai, dan membatasi minuman berkafein untuk pagi hari.

5. Bersikap baik pada orang lain

6 Langkah Ampuh Meningkatkan Kesehatan Mental, Bikin Hidup BahagiaUnsplash.com/Hian Oliveira

Memberikan perhatian pada orang lain menjadi bagian penting dalam menjaga hubungan dengan orang-orang yang dekat denganmu. Membantu dapat membuatmu merasa dibutuhkan dan dihargai, dan itu meningkatkan kesejahteraan diri. Banyak berinteraksi juga membantu melihat dunia dari sudut lain. Ini dapat membantu menempatkan masalah dalam perspektif yang berbeda.

6. Terima diri sendiri apa adanya 

6 Langkah Ampuh Meningkatkan Kesehatan Mental, Bikin Hidup Bahagiaunsplash.com/Septian Simon

Setiap individu berbeda satu dengan yang lain. Jauh lebih sehat untuk menerima keunikan diri sendiri daripada berharap kamu jadi seperti orang lain. Merasa nyaman dengan diri sendiri secara signifikan dapat meningkatkan kepercayaan diri yang juga membantumu menghadapi saat-saat yang sulit. Menerima diri sendiri apa adanya juga bisa membuatmu menikmati hidup dan fokus pada kelebihan-kelebihan yang kamu miliki.

Jangan tunggu sampai kamu mengalami gangguan mental untuk menjadikan kesehatan mental sebagai prioritas. Selain itu, lebih mudah membentuk kebiasaan baru saat kamu masih kuat dan sehat. Jadi, langsung terapkan langkah-langkah di atas sekarang juga!

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Memiliki Kesehatan Mental yang Baik

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya