Comscore Tracker

Harus Dihindari! Ini 5 Pola Pikir yang Dapat Menghancurkan Kesuksesan

Jauhi pemikiran ini, ya

Setiap pola pikir yang kamu pegang menciptakan masa depanmu. Karena setiap tindakan yang kamu ambil bergantung pada cara kamu berpikir, kamu tidak dapat mengubah apa pun jika kamu tidak mengubah pemikiranmu.

Untuk itu, kamu perlu berhati-hati dengan pola pikirmu karena ini dapat memengaruhi kesuksesanmu. Berikut adalah pola pemikiran beracun yang berpotensi merusak kesuksesan sehingga perlu kamu hindari.

1. Kamu sedih memikirkan apa yang ada di masa depan dan lupa tentang seberapa jauh yang telah kamu raih

Harus Dihindari! Ini 5 Pola Pikir yang Dapat Menghancurkan Kesuksesanpexels.com/Anastasia Shuraeva

Mencemaskan apa yang belum terjadi dan melupakan apa saja yang sudah kamu raih adalah kombinasi sempurna untuk membuat kamu merasa kecil hati. Kebiasaan buruk ini secara dramatis meningkatkan peluang kamu untuk menyerah pada apa yang kamu mimpikan. 

Jika lebih fokus pada hal-hal yang telah kamu capai sejauh ini, seperti apa yang kamu pelajari dan seberapa banyak uang yang kamu hasilkan, kamu akan memiliki pandangan yang lebih holistik tentang di mana posisimu berada. Kamu juga tidak akan merasa khawatir atau tidak berdaya saat memikirkan masa depan.

2. Khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan

Harus Dihindari! Ini 5 Pola Pikir yang Dapat Menghancurkan Kesuksesanpexels.com/fauxels

Selama kamu memikirkan dan mengkhawatirkan apa yang dipikirkan orang lain, kamu akan dirasuki oleh pikiran mereka. Orang yang paling tidak bahagia adalah orang yang peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain. 

Untuk mencapai kesuksesan, kamu harus melakukan apa yang kamu inginkan. Dengan demikian, kamu sedang memberi mereka alasan untuk membicarakan kesuksesanmu.

Baca Juga: Biar Hidup Berlimpah Energi Positif, Pahami dan Lakukan 8 Hal Ini 

3. Membiarkan kenegatifan menguasaimu

Harus Dihindari! Ini 5 Pola Pikir yang Dapat Menghancurkan Kesuksesanunsplash.com/Tina Markova

Ketika pikiranmu hanya terpusat pada hal-hal negatif, kamu tidak memberi ruang bagi hal-hal positif untuk mengakar. Hal ini tentunya dapat menghambat kesuksesan.

Latih pikiranmu untuk melihat kebaikan dalam segala hal. Kepositifan selalu menjadi pilihan dan kesuksesan tergantung pada kualitas pikiranmu.

4. Kamu merasionalisasi perilaku burukmu

Harus Dihindari! Ini 5 Pola Pikir yang Dapat Menghancurkan Kesuksesanpexels.com/Ivan Oboleninov

Banyak orang yang memiliki kecenderungan untuk berbohong. Namun, meskipun berbohong itu buruk, banyak yang tidak merasa bersalah karenanya.

Ini disebut rasionalisasi atau disonansi kognitif. Semakin banyak melakukannya, kamu pun akan semakin banyak melakukan hal buruk dan tidak akan mencapai apa yang kamu kejar.

5. Tidak percaya pada diri sendiri

Harus Dihindari! Ini 5 Pola Pikir yang Dapat Menghancurkan Kesuksesanpexels.com/Andrea Piacquadio

Keraguan membunuh lebih banyak mimpi daripada kegagalan. Tidak percaya pada diri sendiri juga sering kali memperburuk keadaan. 

Memang, bagi beberapa orang, percaya pada diri sendiri membutuhkan usaha untuk mengembangkannya. Namun, dengan mengembangkan rasa percaya pada diri sendiri, ini akan mencegahmu dari menghancurkan diri sendiri.

Dengan menjauhi semua pola pikir tersebut, kamu akan bisa lebih menikmati hidup dan lebih dekat pada kesuksesan.

Baca Juga: Kedamaian Hidup akan Didapat jika Mau Membiasakan 5 Hal Positif Ini

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya