Comscore Tracker

5 Cara Menyikapi Orang yang Tidak Pernah Minta Maaf, Harus Bijak!

Sebaiknya tetap maafkan meskipun mereka tidak meminta maaf

Salah satu sifat paling menjengkelkan yang dimiliki seseorang adalah tidak mau meminta maaf. Bahkan, meskipun orang tersebut sudah jelas melakukan kesalahan.

Mendengarkan permintaan maaf dari seseorang yang telah berbuat salah sangat mampu membuat segalanya menjadi lebih baik. Bahkan, permintaan maaf seringkali dapat menyembuhkan hubungan yang rusak dan membuat semuanya kembali normal.

Namun, bagaimana dengan seseorang yang tidak mau meminta maaf? Bagaimanakah cara kita menghadapinya? Berikut beberapa tips berguna untuk menghadapi orang yang tidak mau meminta maaf.

1. Minta penjelasan 

5 Cara Menyikapi Orang yang Tidak Pernah Minta Maaf, Harus Bijak!ilustrasi mendengarkan orang berbicara (pexels.com/mentatdgt)

Ketika orang yang jelas bersalah tidak kunjung meminta maaf, hal yang perlu segera kamu lakukan adalah meminta penjelasan. Hanya karena tidak meminta maaf, bukan berarti orang tersebut lantas memiliki maksud jahat dengan tindakannya. Jadi, daripada menebak-nebak apa yang ada di pikiran mereka, lebih baik minta penjelasan.

Bisa jadi, mereka merasa malu meminta maaf. Atau, mereka sebenarnya memiliki niat baik dalam melakukan hal tersebut. Siapa tahu, setelah mendengar penjelasan mereka, kamu tidak jadi kesal dan dapat berdamai dengan keadaan.

2. Alihkan fokus dari orang lain ke diri sendiri

5 Cara Menyikapi Orang yang Tidak Pernah Minta Maaf, Harus Bijak!ilustrasi perempuan sedang bercermin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Alih-alih terus memikirkan orang yang telah berbuat salah kepadamu, jauh lebih baik jika kamu mengalihkan fokus kepada diri sendiri. Tindakan mereka tidaklah penting jika dibandingkan kesehatan mentalmu. Jadi, yuk alihkan fokus untuk lebih memahami diri sendiri.

Cobalah untuk duduk dengan emosimu tanpa menghakimi mereka. Pusatkan diri dan akui perasaanmu, seperti marah, kecewa, dan kesal. Lalu, yakinlah bahwa kamu dapat memilih untuk merasakan sesuatu yang lebih baik. Katakan pada diri sendiri bahwa kamu bisa merasakan, memikirkan, dan fokus pada hal lain.

Baca Juga: 5 Cara Bijak Menyikapi Tetangga yang Suka Membuat Kerusuhan

3. Fokus pada hubungan

5 Cara Menyikapi Orang yang Tidak Pernah Minta Maaf, Harus Bijak!ilustrasi teman (pexels.com/Elly Fairytale)

Permintaan maaf sering digunakan untuk menjaga hubungan dengan orang-orang yang penting dalam hidup. Misalnya, teman, keluarga, pasangan, dan rekan kerja. Jadi, wajar jika kita merasa ingin mendengarkan kata maaf dan memastikan hubungan dengan orang-orang terdekat tetap baik.

Namun, jika kamu melihat hubungan tetap baik-baik saja tanpa permintaan maaf. Atau, mereka yang berbuat salah ternyata memperlakukanmu dengan baik dan memperbaiki sikap. Tidak ada alasan untuk memaksa mereka menyampaikan maaf. Membangun hubungan yang baik lebih penting daripada menunggu permintaan maaf.

4. Tetap berikan maaf

5 Cara Menyikapi Orang yang Tidak Pernah Minta Maaf, Harus Bijak!ilustrasi tertawa bersama (pexels.com/nappy)

Bukan hanya permintaan maaf yang dapat memperbaiki segalanya, tapi juga ampunan yang kamu berikan pada orang tersebut. Dan, ampunan dapat diberikan pada siapa pun, bahkan pada orang yang tidak meminta maaf.

Memaafkan orang lain menunjukkan kasih sayangmu pada diri sendiri. Ya, pengampunan berperan layaknya tameng yang melindungimu dari segala jenis kemarahan yang bisa menghancurkanmu. Dengan memberikan ampunan, kamu juga tidak perlu membuang waktu untuk menunggu permintaan maaf.

5. Jangan terlalu mempermasalahkan

5 Cara Menyikapi Orang yang Tidak Pernah Minta Maaf, Harus Bijak!ilustrasi perempuan sedang marah (pexels.com/Alex Green)

Tidak semua orang bisa meminta maaf dengan mudah. Ada orang yang berpikir bahwa meminta maaf untuk hal remeh adalah sesuatu yang berlebihan.  Selain itu, bukan berarti orang yang tidak minta maaf lantas tidak menyadari kesalahannya. Bisa jadi, mereka merasa lebih penting untuk menunjukkan penyesalan lewat sikap daripada kata-kata.

Dalam hal ini, kamu sebaiknya tidak terlalu mempermasalahkan sikap orang lain selama mereka tidak merugikanmu. Cobalah pelajari dan pahami situasi orang-orang di sekitarmu. Selain itu, coba alihkan fokus pada perasaanmu sendiri daripada hanya terus memikirkan kesalahan orang lain.

Permintaan maaf memang dapat memperbaiki situasi, asalkan datang dari hati dan ketulusan. Namun, jika tidak, tidak perlu memaksa atau menunggu orang lain meminta maaf padamu. Lebih baik, alihkan fokus untuk membuat dirimu sendiri merasa lebih baik.

Baca Juga: 5 Cara Bijak Menyikapi Perlakuan Orangtua yang Tidak Adil

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya