Comscore Tracker

Tidur dengan Kipas Angin Punya 5 Manfaat Dahsyat Ini!

Asal digunakan dengan cara yang tepat

Saat cuaca sedang panas, tidur dengan menyalakan kipas angin jadi solusi yang dipilih banyak orang untuk menghindari kegerahan agar dapat tidur dengan nyenyak. Sayangnya, tak sedikit kabar yang menyatakan bahwa menyalakan kipas angin saat tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Hal ini kemudian membuat sejumlah orang rela tidur kegerahan daripada harus menghadapi risiko kesehatan tidur dengan kipas angin.

Padahal asal tidak berlebihan, tidur dengan kipas angin dapat memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh. Melansir dari Bustle, berikut manfaat tidur dengan kipas angin.

1. Mengontrol suhu ruangan dan tubuh

Tidur dengan Kipas Angin Punya 5 Manfaat Dahsyat Ini!thesun.co.uk

Kipas angin dapat mengontrol suhu di dalam ruangan dan membuat kamu tetap merasa sejuk. Kipas mengalirkan udara ke seluruh tubuh dan menurunkan suhu tubuh. Kondisi ini juga akan menciptakan suasana yang semilir yang membuat kamu tetap nyaman dan tidak kepanasan.

2. Suara kipas angin dapat menciptakan efek white noise yang menenangkan

Tidur dengan Kipas Angin Punya 5 Manfaat Dahsyat Ini!realhomes.com

Selain menyejukkan, white noise yang dihasilkan oleh putaran baling-baling kipas dapat memberikan efek menenangkan bagi banyak orang. Menurut Bustle, terdapat banyak bukti anekdotal yang menyatakan bahwa white noise dapat menenangkan karena menghalangi variasi suara bising. Alhasil, tidur dengan kipas membuat kamu dapat tidur dengan lebih nyaman.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur dengan Kipas Angin Punya 5 Manfaat Dahsyat Ini!runtastic.com

Lingkungan tidur sangat menentukan apakah kamu bisa mendapatkan tidur yang nyenyak atau tidak. Jika suasana kamar terlalu panas, bukan tidak mungkin kamu akan kesulitan tidur atau tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Mengutip dari Sleep, para ahli berpendapat bahwa suhu ruangan yang tepat untuk membuat kamu dapat tidur dengan nyenyak adalah 20 derajat Celcius. Untuk itu, kipas angin mungkin bisa jadi solusi untuk kamu yang memiliki masalah dengan tidur, seperti kesulitan tidur atau sering terbangun karena kepanasan atau udara yang kurang nyaman.

Baca Juga: Anak Kost, Inilah 10 Cara Tidur Pakai Kipas Angin yang Benar dan Sehat

4. Menjaga aliran udara tetap lancar dan mengurangi risiko kematian mendadak

Tidur dengan Kipas Angin Punya 5 Manfaat Dahsyat Ini!people.howstuffworks.com

Kipas memiliki manfaat luar biasa dalam menjaga ventilasi ruangan tetap baik. Kipas dapat melancarkan aliran udara di dalam ruangan yang memungkinkan kamu dapat bernapas dengan lebih lega. Selain itu, mengutip dari Parenting Science, sebuah studi yang dilakukan pada 2008 membuktikan bahwa menggunakan kipas angin dapat mengurangi risiko Sudden Infant Death Syndrom atau kematian mendadak pada bayi
hingga 70 persen.

5. Menghilangkan aroma tidak sedap

Tidur dengan Kipas Angin Punya 5 Manfaat Dahsyat Ini!thesun.co.uk

Dengan melancarkan sirkulasi udara, selain membuat suhu ruangan tetap dingin, aliran udara ini juga mampu menghilangkan aroma tidak sedap yang ada di kamar tidurmu. Bahkan bisa dibilang menggunakan kipas angin jadi solusi paling baik untuk menghilangkan sejumlah bau-bauan tertentu daripada pengharum ruangan, seperti bau keringat dan kentut. Dengan demikian, kamu bisa tidur dengan lebih nyaman tanpa terganggu bau-bauan yang aneh.

Demikian tadi beberapa manfaat tidur menggunakan kipas angin. Agar kamu bisa tidur dengan nyaman menggunakan kipas angin tanpa membahayakan kesehatan, pastikan kamu menggunakan kipas angin dengan cara yang tepat. Misalnya, tidak menggunakan kipas angin saat suhu udara di bawah 20 derajat Celcius atau menggunakan kipas angin dalam jarak terlalu dekat dengan tubuh, serta cukup gunakan satu kipas angin saja untuk menghindari risiko hipotermia dan masuk angin.

Referensi:
https://www.sleep.org/articles/temperature-for-sleep/

https://www.bustle.com/p/6-benefits-of-sleeping-with-a-fan-on-other-than-not-sweating-10128486

https://m.huffpost.com/us/entry/us_3804979

https://www.parentingscience.com/SIDS-prevention.html

Baca Juga: 5 Bahaya Kesehatan Saat Tidur dengan Kipas Angin Mengarah ke Kepala!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya