Comscore Tracker

5 Cara Membuat Akhir Pekanmu Terasa Lebih Panjang

Biar waktu akhir pekanmu terpakai maksimal dan berkualitas

Waktu liburan di akhir pekan adalah waktu yang penting dan banyak dinantikan oleh orang-orang yang melakukan aktivitas rutin weekdays. Namun sadarkah kamu bahwa sering kali kita pernah tidak merasa puas dengan libur akhir pekan kita dan selalu merasa bahwa waktu akhir pekan berjalan lebih cepat dibanding dengan hari-hari lain.

1. Merencanakan kegiatan yang akan dilakukan 

5 Cara Membuat Akhir Pekanmu Terasa Lebih PanjangIlustrasi membuat rencana (pixabay.com/VladaKarpovich)

Kadang kita merasa bahwa waktu liburan atau akhir pekan adalah hari yang tepat untuk tidak melakukan apa-apa seharian. Kita lebih sering memanfaatkan waktu akhir pekan dengan tiduran atau scroll gadget kita seharian. Dan sadarkah kamu bahwa waktu berjalan begitu cepat tidak tahunya bahwa kita sudah hampir seharian rebahan sambil bermain gadget. Dan tidak terasa pula tiba-tiba hari libur sudah habis.

Dengan membuat perencanaan selama berakhir pekan, kita bisa memaksimalkan setiap waktu yang kita punya dengan melakukan apa yang kita suka. Lebih baik lagi, jika rencana itu sudah kita atur jauh-jauh hari dan telat tersusun dengan rapi sehingga akan membuat kita lebih bersemangat menjalani sepanjang weekdays karena ada hal yang menyenangkan yang akan dilakukan saat weekend. Sudahkah kamu membuat rencana matang untuk akhir pekanmu?

2. Mengurangi penggunaan gadget dan mencari hobi baru 

5 Cara Membuat Akhir Pekanmu Terasa Lebih Panjangilustrasi orang melakukan hobi (pexel.com/AndreaPiacquadio)

Dewasa ini semua orang hampir menghabiskan banyak waktu sehari-hari di depan layar gadget dengan berbagai hal berbau hiburan seperti scroll sosial media, menonton series, film dan sebagainya dan juga bermain games.

Memang tidak ada yang melarang tetapi ada baiknya untuk membatasi aktivitas tersebut terutama di hari liburmu. Cobalah sesekali memberi waktu pada diri sendiri untuk melakukan hobi baru yang membuatmu lebih bahagia lagi dan tidak monoton dan berbeda dibanding harimu sepanjang weekdays.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Mengganggu Weekend, Auto Kesal Gak?  

3. Sejenak lupakan pekerjaanmu 

5 Cara Membuat Akhir Pekanmu Terasa Lebih Panjangilustrasi orang bergerak bebas (pexels.com/Olly)

Memikirkan pekerjaan akan membuat kualitas akhir pekanmu menurun. Membuat pikiranmu yang seharusnya bisa rileks harus dibebankan lagi dengan urusan pekerjaan. Jauhkan pekerjaan dari pandangan matamu selama weekend. Beberapa cara di antaranya adalah tidak membalas pesan atau email yang berhubungan dengan pekerjaan atau jika perlu kamu bisa mengubah mode di handphone menjadi mode pesawat sehingga tidak ada yang mengganggu waktu berkualitasmu.

Cobalah sebisa mungkin tidak membicarakan pekerjaan di akhir pekan. Berikanlah pikiranmu dan hatimu untuk jauh dari hiruk pikuk dunia kerja sementara waktu. Pikiran dan badan yang fresh akan membuatmu memiliki semangat baru untuk mengawali hari Seninmu.

4. Menyeimbangkan antara istirahat dan aktivitas luar 

5 Cara Membuat Akhir Pekanmu Terasa Lebih Panjangilustrasi orang berakhir pekan (pexel.com/mentatdgt)

Beristirahat saat libur memang baik namun jika hal itu dilakukan berlebihan contohnya tidur terlalu banyak tentu tidak baik dan malah lebih menguras banyak energimu dan pada akhirnya tidak membuatmu lebih fit setelahnya. Selain itu jam tidur yang banyak akan membuat akhir pekanmu terasa pendek karena tidak banyak aktivitas lain yang kamu lakukan.

Sehingga pada akhirnya kamu merasa akhir pekanmu sangatlah pendek  akibat jam tidurmu dan istirahatmu yang berkurang. Sehingga perlu menyeimbangkan antara aktivitas lain dengan beristirahat. Hal ini penting untuk membuat mood-mu lebih baik menyambut hari esok.

5. Menikmati setiap waktu 

5 Cara Membuat Akhir Pekanmu Terasa Lebih PanjangIlustrasi menikmati waktu (pexel.com/AndreaPiacquadio)

Saat akhir pekan tiba, jauhkan pikiranmu dari hal-hal yang tidak diperlukan seperti khawatir berlebihan tentang sesuatu, memikirkan urusan orang lain atau merisaukan hal-hal yang bahkan belum terjadi. Nikmati hari liburmu dan hempaskan hal-hal yang negatif tersebut jauh dari pikiranmu. Nikmati setiap momen yang kamu lakukan di akhir pekan. Syukuri setiap waktu yang telah dan akan kamu lewati.

Kadang kita tidak menyadari bahwa momen libur akhir pekan terasa sangat singkat dan terlewat begitu saja karena kita tidak menikmatinya dan pikiran kita melayang tidak keruan. Oleh karena itu, mari belajar membuang hal-hal yang tidak perlu dan juga negatif jauh dari pikiran kita dan mulai menanamkan mindset dan afirmasi positif dalam diri.

Nah, sekarang sudah tahu kan, bagaimana cara untuk membuat akhir pekanmu terasa lebih panjang? Adakah di antara kalian bahkan yang sudah melakukannya sebelumnya?

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Jakarta Selatan Paling Asyik untuk Weekend List

Eka Laura Ferdianti Photo Verified Writer Eka Laura Ferdianti

Practice Makes Perfect

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya